Makna Motif Nago Besaung pada Kain Songket Pengantin di Rumah Songket Adis Palembang

Ayu Lestari, Dessy Wardiah Hera

Abstract


Kain songket adalah jenis produk kain tradisional bermotif  unik dan beragam, yang banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang menghasilkan produk kain songket adalah daerah Palembang. Penelitian ini dilakukan untuk menelaah baju adat pernikahan masyarakat Palembang yang sering disebut dengan Aesan Gede dan Aesan Pak Sangko. Jenis kain songket ini penuh dengan unsur serta simbol keagungan atau kebesaran bagi pasangan pengantin yang mengenakannya. Aesan Gede dan Aesan Pak Sangko memiliki berbagai motif yang mana setiap motif memiliki makna tersendiri. Salah satunya adalah motif Nago Besaung yang merupakan simbol dari hewan mitologi “Naga” atau "Nago" merupakan hewan yang dipercaya oleh rakyat Tiongkok memiliki nilai spritual yang melambangkan kekuatan, keberuntungan, kebaikan dan kemakmuran. Penelitian ini mencoba menjelaskan makna yang terkandung di dalam motif Nago Besaung pada kain songket pengantin Palembang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana data diperoleh dari hasil wawancara dengan informan penelitian (narasumber). Hasil analisis dengan metode analisis deskriptif, menghasilkan kesimpulan bahwa makna motif Nago Besaung dianggap masyarakat Palembang dapat melambangkan cinta dan perdamaian.


Keywords


songket, baju pengantin, Palembang

Full Text:

PDF

References


Dalyono. (1996). Psikologi Pendidikan. Semarang: Rineka Cipta.

Djelantik, A. (1999). Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia. Bandung: Estetika.

Kartiwa, S. (1989). Ragam Kain Tradisional Indonesi Tenun Ikat. Jakarta: Djambatan.

Kunian, D. (2016). Makna Ragam Hias Motif Nago Besaung Pada Kain Songket Palembang. Sitakara Universitas Pgri Palembang, 85.

Kunian, D. (2016). Makna Ragam Hias Motif Nago Besaung Pada Kain Songket Palembang. Jurnal Universitas Pgri Palembang, 1..

Suhersono, H. (2007). Desain Border Motif Batik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Uno, H. (2008). Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Walker, J. B. (2010). Marketing Management. Mc Graw Hill.




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v24i2.4253

Article Metrics

Abstract view : 718 times
PDF - 1113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor