Pemanfaatan Buku Ilustrasi Berbasis Kearifan Lokal Kota Kudus sebagai Penanaman Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Sakila Nurkhofifah, Aisya Puspa Anggita, Deni Setiawan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak berusia 8-17 tahun di Kabupaten Kudus banyak mengalami degradasi moral yang dapat membuat lupa akan jati dirinya yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan kearifan lokal yang dimiliki Kabupaten Kudus kepada anak-anak sekaligus juga sebagai media penanaman pendidikan karakter pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menghasilkan rancangan pengembangan buku ilustrasi berbasis kearifan lokal Kudus dan menghasilkan buku ilustrasi yang berjudul “Asal-Usul Desa Bulusan”. Berdasarkan studi pustaka yang dilakukan penulis menunjukan buku ilustrasi tersebut dapat digunakan sebagai sumber bacaan untuk anak-anak khususnya siswa Sekolah Dasar.

Keywords


buku ilustrasi; kearifan lokal; pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


A, Doni Koesoema. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Aqib, Zainal. (2010). Pendidikan Karakter Di Sekolah Membangun Karakter dan Kepribadian Anak. Bandung: Yrama Widya.

Laksana, Sigit Dwi. (2015). Urgensi Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah.

Savitri, Farikha Ana. (2018). Pengembangan Buku Menggambar Ilustrasi. Jurnal Kreatif

Priyatna, Muhammad. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis kearifan Lokal.. Jurnal Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam Vol. 05.




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v24i2.4525

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor