Metode Perancangan Logo Brand Kota dengan Partisipasi Warga Lokal

Danang Adi Wiratama, Agung Eko Budiwaspada, Deddy Deddy Wahjudi

Abstract


Krusialnya logo bagi kepentingan city branding sebanding dengan perlunya keseriusan dalam proses perancangannya. Sejumlah penelitian menyebutkan persoalan utama metode perancangan logo brand kota adalah: tidak dilibatkannya masyarakat lokal secara efektif, serta rendahnya pemahaman bahwa branding kota lebih dari sekadar merancang logo saja. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan metode perancangan logo brand kota yang (1) melibatkan masyarakat lokal dan (2) yang terhubung dengan proses branding kota secara keseluruhan. Untuk itu, dilakukan pengkajian terhadap teori branding kota, personalitas brand, identitas visual brand kota, termasuk studi kasus perancangan logo brand kota-kota di Indonesia. Metode perancangan logo brand kota yang dirumuskan di sini dibedakan dalam tahap pencarian ide (riset, penggalian personalitas brand, konsep branding kota) dan tahap visualisasi (uji preferensi jenis logo dan elemen visualnya). Di setiap tahapnya, dilakukan pelibatan masyarakat melalui kuesioner sementara tim desainer berperan untuk mendesain alternatif bagi masyarakat. Metode usulan ini mampu memfasilitasi kolaborasi desainer dan masyarakat dalam perancangan identitas visual kotanya, serta memberikan output branding yang (tidak hanya logo dan slogan saja, namun) terintegrasi dengan personalitas brand-nya, ide intinya, serta segala strategi yang berperan besar dalam penerapan branding kota secara keseluruhan.

Keywords


logo, city branding, partisipasi masyarakat, metode desain

Full Text:

PDF

References


Aaker, J. L. (1997). Dimensions of brand personality, Journal of Marketing Research, 34 (3), 347-356.

Adams, S. dan Morioka, N. (2004). Logo design workbook: a hands-on guide to creating logos, Massachusetts: Rockport Publishers.

Braun, E., Kavaratzis, M., dan Zenker, S. (2013): My city – my brand: the role of residents in place branding, Journal of Place Management and Development, 6 (1), 18-28.

Budelmann, K., Kim, Y., dan Wozniak, C. (2010). Brand identity essentials: 100 principles for designing logos and building brands. Massachusetts: Rockport Publishers.

Dinnie, K. (2011): City branding: theory and cases, New York: Palgrave Macmillan.

Ekinci, Y. dan Hosany, S. (2006). Destination personality: an application of brand personality to tourism destination, Journal of Travel Research, 45(2), 127-139

Eshuis, J., Braun, E., dan Klijn, E. H. (2014). Place marketing and citizen participation: branding as strategy to address the emotional dimension of policy making? International Journal of Administrative Science, 80(1), 151-171.

Gobe, M. (2009). Emotional branding: the new paradigm for connecting brands to people. New York: Allworth Press.

Kavaratzis, M., Warnaby G., dan Ashworth. G. J. (2015). Rethinking place branding: comprehensive brand development for cities and regions. New York: Springer.

Kavaratzis, M., dan Ashworth, G. J. (2005). City branding: an effective assertion of identity or a transitory marketing trick. Tijdschrift voor Economische en Sociale Geografie, 96(5), 506-514

Lee, H. J. dan Suh, Y. G. (2011). Understanding and measuring city brand personality (CPS): in the context of South Korean market, International Journal of Tourism Sciences, 11(3), 1-20.

Melkumyan, M. (2011). Development of a logo assessment matrix in response to challenges in designing graphic identity for country tourism branding campaigns. Master of Fine Arts. Iowa State University.

Moilanen, T., dan Rainisto, S. (2009). How to brand nations, cities, and destinations: a planning book for place branding. New York: Palgrave Macmillan,

Murphy, J. dan Rowe, M. (1988). How to design trademarks and logos. Cincinnati: North Light Books,

Rodriguez, L., Asoro, R. L., Lee, S., Sar, S. (2013). Gestalt principles in destination logos and their influence on people's recognition and intention to visit a country, Online Journal of Communication and Media Technologies, 3, 91-107

Wahyurini, O. D. (2012). The significance of city logo in city branding strategy, Recent Researches in Engineering Mechanics, Urban and Naval Transportation and Tourism, Curtin University, 79-84.

Wheeler, A. (2013). Designing brand identity: an essential guide for the whole branding team. Hoboken: John Willey & Sons.

Wiratama, D. A., Budiwaspada, A. E., Wahyudi, D. (2020). Visual Communication Design Role in City Branding: Evaluation of City Brand Logo Designing Method in Indonesia. International Conference of Aesthetics and the Sciences of Art, 224-231

Yananda, M.R., Salamah, U. (2014). Branding Tempat: Membangun Kota, Kabupaten, dan Provinsi Berbasis Identitas. Jakarta: Makna Informasi.




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v25i1.5129

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor