Representasi Visual dan Memori Kolektif dalam Foto Karya Hasan Sakri Ghozali
Abstract
Materi visual dalam fotografi tidak hanya berperan dalam menyampaikan pesan, namun materi visual dalam foto mampu membangun daya sosial. Selain itu, kuasa visual dalam fotografi tidak sekadar membekukan realitas, namun juga mampu menghidupkan realitas, baik secara sinkronik maupun diakronik. Visualitas dalam fotografi menjadi sangat kompleks, terutama jika dikaitkan dengan fakta peristiwa dan aspek sosial. Karya Foto Jogja Dulu dan Sekarang dalam Satu Frame karya Hasan Sakri Ghozali, yang dipublikasikan melalui tribunjogja.com memuat materi visual ruang kota, Ia menyandingkan foto pada masa lampau dan dikomparasikan dengan kondisi saat ini. Foto-foto tersebut dikomposisikan dalam satu frame. Hal demikian dapat dikatakan sebagai bentuk “kolase komunikasi visual”. Tiga aspek yang ditawarkan oleh Gillian Rose pada Site of Image itself memberikan gambaran bagaimana modal teknologi membangun efek visual yang mampu membangun daya pukau dan merepresentasikan suasana ruang dalam fotografi, sedang dalam tataran komposisi dua buah foto dari masa yang jauh berbeda dihadirkan dalam satu frame membangun interpretasi terkait waktu fotografis. Pada sisi makna, secara sosial kota bukan sekadar ruang interaksi, namun kota menjadi ruang memori sekaligus ruang dimana sisi historis menjadi salah satu faktor bagi keberdayaan sebuah foto.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajidarma, Seno Gumira. (2016). Kisah Mata: Fotografi Antara Dua Subyek: Perbincangan Tentang Ada. Yogyakarta: Galangpress
Barker, Chris. (2009). Cultural Studies Teori dan Praktik. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Barthes, Roland. (2010). Imaji, Musik, Teks; Analisis Semiologi Fotografi, Iklan, Film, Musik, Alkitab, Penulisan dan Pembacaan Serta Kritik Sastra. Yogyakarta: Jalasutra
Deni. (2017). Gedung BNI 1946 Saksi Sejarah di Pusat Kota. https://www.starjogja.com/2017/03/21/gedung-bni-1946-saksi-sejarah-di-pusat-kota/. Diakses pada 3 November 2020
Ghozali, Hasan Sakri. (2016). BERITA FOTO : Nostalgia Jogja Dulu dan Sekarang Dalam Satu Frame Foto. https://jogja.tribunnews.com/2016/10/16/berita-foto-nostalgia-jogja-dulu-dan-sekarang-dalam-satu-frame-foto Diakses pada 27 Agustus 2020
Halbwachs, Maurice. (1992). On Collective Memory. Ed., Lewis A. Coser (terj.). Chicago: University of Chicago Publishing.
Ida, Rachmah. (2014). Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya. Jakarta: Kencana
Intan, Denik. (2014). Fotografi di Hindia Belanda. Jurnal Lembaran Sejarah, Vol. 11 No. 2, Oktober. 2014. Departemen Sejarah, FIB, UGM. DOI https://doi.org/10.22146/lembaran-sejarah.23806
Kratonjogja.id. (2018). Tugu Golong Gilig, Simbol Persatuan Raja dan Rakyat.https://www.kratonjogja.id/tata-rakiting-wewangunan/11/tugu-golong-gilig-simbol-persatuan-raja-dan-rakyat. Diakses pada 10 November 2020
McLuhan. Marshall. (1962). The Gutenberg Galaxy the Making of Typographic Man. University of Toronto Press Incorporated
Rose, Gillian. (2001). Visual Methodologies - An Introduction to the Interpretation of Visual Materials. London: Sage Publication.
DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v25i1.5628
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
visitor visitor