Sinergi Kolaborasi Antar Perguruan Tinggi Internasional dalam Festival Seni Virtual JICAF
Abstract
Di masa pandemi, kolaborasi sebuah festival seni selain memudahkan juga menjadi sebuah tantangan tersendiri. JICAF (Jogja International Creative Art Festival) merupakan festival seni virtual yang diselenggarakan oleh ISI Yogyakarta bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi seni internasional. Secara keseluruhan acara, JICAF telah dianggap berhasil terlaksana dengan melibatkan beberapa mitranya. Secara pengelolaan, JICAF terkendala komunikasi jarak jauh yang membuat pesan yang disampaikan tidak efektif. Kondisi pandemi di dunia membuat pengumpulan karya dari luar negeri pun terhalang. Beberapa upaya dan strategi dilakukan oleh JICAF, tidak hanya demi terselenggaranya acara semata namun juga menciptakan nilai baru dan arti penting sebuah kolaborasi. Walaupun pengelolaan dinilai sporadis, namun festival ini mampu meneruskan hubungan antar mitra perguruan tinggi yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi mengenai pengelolaan festival seni JICAF yang diselenggarakan secara virtual, khususnya strategi kolaborasi yang terjalin di dalamnya sehingga menciptakan sinergitas antar perguruan tinggi di masa pandemi. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data primer dengan melakukan observasi secara langsung, wawancara mendalam pada informan, dalam hal ini adalah ketua panitia dan kurator. Sedangkan data sekunder didapatkan dari pengumpulan dokumen, foto, arsip, literatur, dan berita ataupun tulisan yang dimuat pada media online.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andersson, T. D., & Getz, D. (2008). Stakeholder management strategies of festivals. Journal of Convention and Event Tourism, 9(3), 199–220. https://doi.org/10.1080/15470140802323801
Castells, M. (2011). A network theory of power. International Journal of Communication, 5(1), 773–787.
Covey, S. R. (2011). The seven habits of highly effective people. (Vol. 2, Issue 2, p. 8). https://doi.org/10.1177/019263659207654222
Freeman, R. E. (1984). Strategic management: A stakeholder approach. Boston: Pitman Publishing.
Getz, D., Andersson, T., & Larson, M. (2007). Festival stakeholder roles: Concepts and case studies. Event Management, 10(2–3), 103–122. https://doi.org/10.3727/152599507780676689
Larson, M. (2002). A political approach to relationship marketing: Case study of the Storsjöyran Festival. International Journal of Tourism Research, 4(2), 119–143. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/jtr.366
Maharsi, Indiria Interview (2021). Penyelenggaraan Pameran JICAF 2021. Yogyakarta
Richards, G. (2007). Cultural Tourism Global and Local Perspectives Cultural Tourism Global and Local Perspectives Library of Congress Cataloging-in-Publication Data (G. Richards (ed.)). The Haworth Press, Inc.
Susanto, Mikke Interview (2021). Kuratorial Pameran JICAF 2021. Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v25i1.6043
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
visitor visitor