Komparasi Elemen Pembentuk Logo pada Logo KFC dan Logo JFC
Abstract
Penelitian ini membahas tentang studi komparasi beberapa logo makanan cepat saji, yang menekankan pada elemen visual dari logo. Logo merupakan identitas dari suatu kelompok atau instansi. Setiap logo memiliki elemen yang terkandung di dalamnya. Elemen yang terdapat dalam logo yakni bentuk, tipografi dan warna. Elemen tersebut menimbulkan sebuah estetika dalam logo tersebut. Objek yang digunakan berdasarkan random sampling yakni Logo KFC dengan Logo JFC dan Logo Burger King dengan Logo Burger Friend. Logo tersebut adalah logo makanan cepat saji yang memiliki beberapa kemiripan kalau dilihat secara sekilas. Logo tersebut akan dilihat dari segi persamaan atau perbedaan. Dengan menggunakan studi komparasi yakni membandingkan persamaan dan perbedaan logo tersebut dengan menggunakan parameter dari elemen pembentuk logo yakni warna, ilustrasi dan tipografinya. Membandingkan kedua hal yaitu persamaan dan perbedaan bertujuan untuk melihat dari kedua logo apakah salah satu dari logo tersebut ada yang memiliki kesamaan atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif, yaitu dengan menggunakan metode kuesioner dan studi literasi untuk mengolah data yang diperoleh di lapangan. Kedua metode tersebut digunakan agar mendapatkan hasil yang akurat yaitu perbandingan dengan menggunakan hasil kuesioner dan dipertajam dengan studi literasi tentang elemen pembentuk logo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Latifah, A. (2020). Kajian Visual Kemasan Teh Tubruk Lokal. Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 23(2), 62–83. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/ars.v23i2.3704
Murphy, J., & Rowe, M. (1998). How to Design Trademarks and Logos. Ohio: North Light Book.
Rakhmat, S. (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CV Andy Offset.
Setiasih, N. W. (2018). Konsep Slamming pada Anatomi Huruf dan Tipografi Band REZUME. 5(2), 94–101. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/jousa.v5i2.2156
Valentino, D. E. (2019). Pengantar Tipografi. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 6(2), 152–173. https://doi.org/https://doi.org/10.38204/tematik.v6i2.254
Witabora, J. (2012). Peran dan perkembangan ilustrasi. Humaniora, 3(2), 659–667. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i2.3410
DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v25i1.6114
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
visitor visitor