Perancangan Ambient Media ILM Bahaya Virus Covid-19 di Ekowisata Mangrove Wonorejo Kota Surabaya
Abstract
Iklan layanan masyarakat tentang bahaya virus Covid-19 merupakan perancangan desain berdasarkan permasalahan pandemi Covid-19 di Kota Surabaya yang merupakan salah satu kota yang memiliki kasus Covid-19 tertinggi di Jawa Timur. Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan-kebijakan sebagai upaya menghentikan laju kenaikan kasus Covid-19. Salah satu kebijakan Pemerintah Indonesia yaitu membuat protokol kesehatan gerakan 5M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas), namun masih banyak masyarakat yang tidak mentaati protokol kesehatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendukung kebijakan Pemerintah Indonesia dengan target sasaran masyarakat Kota Surabaya. Metode yang dilakukan yaitu metode penelitian kualitatif. Proses penelitian meliputi pengumpulan data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari observasi, dokumentasi dan wawancara semi-struktur kepada masyarakat Kota Surabaya sedangkan data sekunder menggunakan referensi dan literatur. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah iklan layanan masyarakat yang dapat menarik perhatian masyarakat, sehingga edukasi tentang bahaya virus Covid-19 dapat dilakukan secara efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, D. S. (2021). Penyebab Badai Sitokin, Gejala dan Penanganannya - Alodokter. Retrieved from https://www.alodokter.com/mengenal-badai-sitokin-pada-penderita-Covid-19
Bramasta, D. B. (2021, August 18). UPDATE Corona 18 Agustus: Kematian Harian Indonesia Masih Tertinggi di Dunia | Temukan Satu Kasus Covid-19, Selandia Baru Lockdown Halaman all - Kompas.com. Kompas.Com. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/18/080000265/update-corona-18-agustus--kematian-harian-indonesia-masih-tertinggi-di?page=all#page1
Kurnianto, A., Tugasworo, D., Retnaningsih, Andhitara, Y., Ardhini, R., Tamad, F. S. U., Agung, L., & Budiman, J. (2020). Penyakit Stroke dan Infeksi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19): Sebuah Tinjauan Literatur. Medica Hospitalia, 7(1A), 241–248. DOI: https://doi.org/10.36408/mhjcm.v7i1A.458
Muktaf, Z. M. (2015). Periklanan: Sebuah Pendekatan Praktis (1st ed.). Buku Litera.
Nareza, D. M. (2021, January 9). Mengetahui Manfaat Vaksin COVID-19 dan Kelompok Penerima Prioritasnya - Alodokter. Alodokter.Com. Retrieved from https://www.alodokter.com/mengetahui-manfaat-vaksin-Covid-19-dan-kelompok-penerima-prioritasnya
Nisa, N. K. (2015). Strategi kreatif iklan layanan masyarakat (ILM) dalam pemasaran sosial. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 158-164. DOI: https://doi.org/10.14710/interaksi.4.2.158-164
Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (2021, August 18). Jatim Tanggap COVID-19. Infocovid19.Jatimprov.Go.Id. Retrieved from https://infocovid19.jatimprov.go.id/
Sarwono, J. (2006). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif (1st ed.). Graha Ilmu.
Tinarbuko, S. (2017). Semiotika Tanda Verbal dan Tanda Visual Iklan Layanan Masyarakat. Panggung, 26(2). 181-194 DOI: https://doi.org/10.26742/panggung.v26i2.175
Ulfa, A. M. (2021, January 24). Gerakan 5M Menyempurnakan Protokol Kesehatan 3M dan 3T - Nasional Katadata.co.id. Katadata.Co.Id. Retrieved from https://katadata.co.id/ariemega/berita/600cde56c297a/gerakan-5m-menyempurnakan-protokol-kesehatan-3m-dan-3t
Ulum, S., Supriyati, E., & Listyorini, T. (2021). Iklan Layanan Masyarakat Bertahan Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Dialektika Informatika (Detika), 1(2). 32-37 DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v1i2.5845
DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v26i1.6134
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
visitor visitor