Implementasi Bahasa Rupa dan Archetype pada Kerangka Desain Karakter dengan Gestur Budaya Jawa: Studi Kasus Serial Adit Sopo Jarwo

Nita Virena Nathania, Ristia Kadiasti, Toto Haryadi

Abstract


Dalam merancang sebuah desain karakter, dibutuhkan adanya sebuah kerangka yang dijadikan acuan dalam pembentukan watak dan karakteristik sebagai pembeda masing-masing karakter. Pembentukan karakter tersebut juga tidak lepas dari pengaruh unsur budaya dari latar cerita yang disajikan. Pada penelitian ini, mengambil studi kasus serial Adit Sopo Jarwo yang mengambil latar budaya Jawa yang sarat akan pesan moral. Namun, hal tersebut harus dibuktikan seberapa besar andil budaya Jawa tersebut dalam visualisasi karakter Adit Sopo Jarwo dengan menggunakan Analisis Archetype yang membedah masing-masing fungsi dan peran karakter dengan struktur berdasarkan Hero’s Journey Model oleh Joseph Campbell yang kemudian direstruktur berdasarkan gestur dan watak menggunakan Analisia Bahasa Rupa NPM yang meramu hasil dari Analisis Archetype dan gestur budaya Jawa ke dalam sebuah framework desain karakter yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan perancangan sebuah desain karakter yang memiliki identitas budaya Jawa


Keywords


archetype, bahasa rupa, desain karakter

Full Text:

PDF

References


Campbell, J. (2008). The Hero of a Thousand Faces 3rd edition. Pantheon Books.

Haryadi, T., & Khamadi. (2014). Perancangan Model Wujud Visual Tokoh Pewayangan Dalam Pembentukan Identitas Dan Watak Tokoh Sebagai Acuan Desain Karakter Dalam Karya DKV. DeKaVe, 7(2), 58-79.

Hedgpeth, K., & Missal, S. (2006). Exploring Character Design. Thomson Delmar Learning.

Hoyer, L. (2014, November 25). Game industry coming around on story - Hoyer. (B. Sinclair, Interviewer)

Mansyer, & Martin, M. H. (2008). Oxford Learner's Pocket Dictionary. Oxford University Press.

McCloud, S. (1994). Understanding Comics: The Invisible Art. New York: Kitchen Sink Press.

McFarland, N. (2021, February 20). 27 top character design tips. Retrieved from Creative Bloq: https://www.creativebloq.com/character-design/tips-5132643/2

Nieminen, M. (2017). Psychology In Character Design: Creation of a Character Design Tool. Thesis. South-Eastern Finland University of Applied Sciences.

Suwasono, A. A. (2017). Konsep art dalam desain animasi. DeKaVe, 10(1), 1-19

Tabrani, Primadi. 2012. Bahasa Rupa. Bandung: Kelir.

Taswadi. 2000. Menafsirkan Makna Bentuk Gambar Anak-anak. Bandung ITB.

Wang, A. (2018). An Approach to Design Visuals for Archetypes Based On. Semantic Scholar, ii.




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v25i1.6136

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor