Perancangan E-Booklet Tentang Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Berbahaya Untuk Siswa SD

Sri Wulandari, Restu Ismoyo Aji, Navisatul Izzah, Dian Eka Permanasari

Abstract


Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) merupakan makanan atau jajanan yang sering dijumpai di lingkungan sekolah dan sebagian besar anak sekolah mengonsumsinya secara rutin. Jajanan adalah pangan tertentu yang beresiko tinggi terhadap kualitas sumber daya manusia dalam jangka panjang karena selain berhubungan dengan zat gizinya juga rawan terhadap kontaminasi bibit penyakit, akibat rendahnya kualitas makanan dan minuman serta tingkat kebersihan jajanan. Anak-anak yang berada di kelompok usia Sekolah Dasar, memiliki sifat unkonsistensi terhadap makanan, makanan yang mereka pilih umumnya berdasarkan apa yang mereka sukai atau tidak tanpa mempertimbangkan factor lain, misalnya factor keamanan makanan, kebersihan dan gizi dari makanan yang mereka konsumsi. Perlu adanya sosialisasi kepada anak sekolah khusunya sekolah dasar mengenai bahaya dari jajan sembarangan. Maka dari itu penelitian ini memfokuskan diri pada perancangan iklan layanan masyarakat berupa E-booklet mengenai PJAS berbahaya untuk SISWA Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan model perancangan procedural.  Hasil akhir dari penelitian ini berupa Ebooklet dengan desain yang disesuaikan dengan target audiens yaitu siswa Sekolah Dasar.

 


Keywords


E-booklet, PJAS, jajanan berbahaya, siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Amira, K. A., & Setyaningtyas, S. W. (n.d.). Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak Sekolah Dasar dalam Pemilihan Jajanan Sehat: Literature Review. Media Gizi Indonesia (National Nutrition Journal). 2021, 16(2), 130–138. https://doi.org/10.204736/mgi.v16i2.130-138

Idris, M. (n.d.). Iklan Adalah: Definisi, Jenis, dan Fungsinya. Kompas.Com. Retrieved January 5, 2022, from https://money.kompas.com/read/2021/09/16/160118326/iklan-adalah-definisi-jenis-dan-fungsinya?page=all

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Perpusnas. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=69364&pRegionCode=ITSSBY&pClientId=703

Neonisa, D. (2011). Peran Iklan Layanan Masyarakat dalam Sosialisasi Program Busway oleh Pemprov DKI: Proses Sosialisasi Program Busway. Humaniora Binus, 2(2), 1446–1466.

Setiawan, A., & Akrom, A. (2020). Pencapaian Media Digital dalam Penanaman Karakter Progam Studi Unggulan (Studi Kasus Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro). ARS: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 23(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24821/ars.v23i2.4093

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Vol. 2). Alfabeta.

Taju, F. S. (2020). Iklan Layanan Masyarakarat Menyikapi Fenomena Pengabaian Pada Anak. ARS: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 23(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24821/ars.v23i3.4496

Triwijayati, A., Widjojo, D. H., Armanu, & Solimun. (2012). Kompetensi Anak Dalam Mengambil Keputusan Konsumsi serta Regulasi dan Pemberdayaan Konsumen Anak dalam Mengkonsumsi Makanan Jajanan. JAM: Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(2), 318. https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/423




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v25i1.6423

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor