Perancangan Robot Edukasi sebagai Implementasi Interdisipliner Keilmuan Rekayasa Mekatronika dengan Desain Produk
Abstract
Aplikasi desain industri membutuhkan proses panjang dari sejak memunculkan gagasan, pembuatan konsep rancangan sampai proses produksi. Pengetahuan keilmuan satu bidang saja tidak lagi mampu mengatasi kompleksitas proses tersebut. Desainer tidak lagi berlaku sebagai orang yang memiliki gagasan dan gambar desain pelingkup saja yang harus diwujudkan sementara pihak teknis harus memikirkan bagaimana desain itu diwujudkan secara sepihak. Kolaborasi akan memiliki keuntungan karena pekerjaan perancangan dapat diperkirakan sejak awal konsep rancangan sampai pewujudan pemodelan 3D printing atau prototyping. Projek perancangan robot edukasi dengan sistem pembacaan RFID ini adalah sebuah studi kasus mengkolaborasikan disiplin ilmu robotika dan desain dalam rancangan robot mainan anak. Pembahasan meliputi langkah- langkah kerja proses perancangan, aspek – aspek yang terlibat, dan evaluasi kerja kolaboratif pada perancangan robot edukasi ini. Metode pembahasan dengan dokumentasi proses langkah kerja dan identifikasi prosedur kerja kolaboratif. Diharapkan dengan pengidentifikasian prosedur kerja kolaboratif ini sinergi interdisipliner keilmuan akan lebih dapat dikelola dan dijadwalkan sehingga proses perancangan dapat dilakukan secara efektif dan efisien.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darnis, S. (2018). Jurnal Caksana - Pendidikan Anak Usia Dini Volume 1 No 1 Juni 2018. 1(1).
Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254
Herlinda, N., & Mardiana, C. (n.d.). Redesain Mainan Edukatif Balok Kayu Untuk Anak TK | Herlinda | Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan. 91–94. https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/656
Othman, M., Zain, M. & Nurzaid. (2015). Online collaboration for programming: Assessing students’ cognitive abilities. Journal of Distance Education, 16, 84-97.
Poppyariyana, A. A., & Munajat, A. (2020). Pengaruh Permainan Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i1.5779
Pranata, I Made Agung;Pramaita, Nyoman;Sastra, P. N. (2017). Sistem Smart Traffic Light Berbasis RFID untuk Layanan Darurat. Teknologi Elektro, 03.
Setiawan, D., Yos Sudarso Km, J., Kunci, K., & Uno, A. (2017). Sistem Kontrol Motor Dc Menggunakan Pwm Arduino Berbasis Android System. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 15(1), 7–14. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/4131
Wahyujati, B. (2022). Aplikasi metode Morphological Chart pada perancangan Robot Belajar Baca (ROBOCA) untuk anak usia dini. Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan dan Perancangan Produk), 5(2), 67-74. doi:https://doi.org/10.24821/productum.v5i2.6917
Windayana, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif, Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492
DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v25i2.6837
Article Metrics
Abstract view : 563 timesPDF - 566 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
visitor visitor