Desain Produk dari Limbah Industri Pakaian sebagai Sebuah Nilai Siklus Hidup

Tosan Tri Putro

Abstract


Industri pakaian di perusahaan skala pabrik (manufaktur) memiliki limbah yang cukup banyak dan sangat beragam jenisnya. Limbah konveksi di Kabupaten Semarang dan sekitarnya cukup memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai pemberdayaan masyarakat untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat di lingkungan sekitar wilayah industri. Masyarakat di sekitar industri ini secara ekonomi diuntungkan karena dapat bekerja sebagai pekerja di dalam pabrik maupun usaha informal di sekitar lokasi pabrik. Selain itu kreativitas warga sekitarnya dalam memanfaatkan limbah produksi juga menjadi salah satu keuntungan. Melihat potensi tersebut penulis melihat para perajin yang memanfaatkan limbah di sekitar lingkungan pabrik memiliki kreatifitas yang perlu diidentifikasi dan ditemukan potensinya dalam konsep rantai nilai produk dari bahan mentah sampai barang jadi dan dikonsumsi. Penulis melakukan kajian dengan menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data dengan observasi, studi literatur dan visual, wawancara, serta eksperimen produk. Hasil penelitian ini mendapatkan beberapa alternative desain produk dari potensi limbah industri pakaian menjadi beberapa produk yang memiliki nilai komersial untuk bisa dikembangkan lebih lanjut oleh perajin di sekitar industri. Salah satu desain baru yang dikembangkan adalah keset dengan bentuk karakter binatang serta mengembangkan kombinasi warna dari bahan perca yang tersedia dari limbah pabrik.

Keywords


limbah, nilai siklus hidup produk, industri, perajin

Full Text:

PDF

References


Choi, T. M. (2015). Sustainable Fashion Supply, From Sourcing to Retailing. London: Springer.

KEMENDIKBUD, B. P. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: KEMENDIKBUD, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Mitsutaka Matsumoto, K. M. (2017). Sustainability Through Innovation in Product life Cycle Design. Tsukuba: Springer.

Muthu, S. S. (2017). Textiles and Clothing Sustainability, Recycled and Upcycled Textiles and Fashion. Singapore: Springer.

Prasetya, R. D. (2015). Potensi limbah kayu industri mebel untuk produk home accessories. Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan Dan Perancangan Produk), 1(1), 39-51.




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v25i2.6846

Article Metrics

Abstract view : 446 times
PDF - 882 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor