Perancangan Alat Pengumpul Jelaga di Kendaraan Beroda Empat
Abstract
Jelaga atau PM 2.5 merupakan salah satu partikel polusi yang dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna dari mesin pembakaran yang biasa digunakan pada kendaraan bermotor. Pada masa ini di kota metropolitan seperti Jakarta, konsentrasi jelaga di udara terus meningkat sehingga mengancam kesehatan manusia dan keseimbangan lingkungan. Faktor-faktor utama yang menyebabkan peningkatan konsentrasi jelaga di Jakarta adalah peningkatan jumlah kendaraan bermotor sebagai alat transportasi sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah alat pengumpul jelaga yang mudah digunakan dan dipasang ke kendaraan bermotor serta efisien dalam ekstraksi jelaga. Penulis merancang produk ini juga bertujuan untuk mengurangi jelaga di udara dan membantu mengajak masyarakat terlibat dalam proses tersebut. Dalam proses perancangan, penulis melakukan studi literatur, observasi pada knalpot kendaraan bermotor, mencari data statistik, menyusun analisa permasalahan, dan eksperimen. Data-data yang terkumpul kemudian diuji berdasarkan beberapa prinsip desain sehingga menghasilkan solusi yang ideal. Studi ini merupakan pengembangan prototype pertama yang masih dalam tahap pengembangan dan produk yang dirancang oleh penulis berhasil menarik perhatian calon pengguna dari segi konsep dan eksekusi desain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arnal, C., Bravo, Y., Larrosa, C., Gargiulo, V., Alfè, M., Ciajolo, A., Alzueta, M. U., Millera, Á., & Bilbao, R. (2015). Characterization of Different Types of Diesel (EGR Cooler) Soot Samples. SAE International Journal of Engines, 8(4), 1804–1814. DOI: https://doi.org/10.4271/2015-01-1690
Badan Pusat Statistik. (n.d.). Jumlah Unit Kendaraan Bermotor. Retrieved from https://www.bps.go.id/linkTableDinami s/view/id/1133.
Cassee, F. R., Héroux, M.-E., Gerlofs-Nijland, M. E., & Kelly, F. J. (2013). Particulate matter beyond mass: recent health evidence on the role of fractions, chemical constituents and sources of emission. Inhalation Toxicology, 25(14), 802–812. DOI: https://doi.org/10.3109/08958378.201 3.850127
Fujiwara, Y., & Fukazawa, S. (1980). Growth and Combustion of Soot Particulates in the Exhaust of Diesel Engines. SAE Technical Paper Series. DOI: https://doi.org/10.4271/800984
GAIKINDO. (n.d.). Indonesian Automobile Industry Data. Retrieved from https://www.gaikindo.or.id/indonesian- automobile-industry-data/.
Guardian News and Media. (2008, March 24). Scientists warn of soot effect on climate. The Guardian. Retrieved from http://www.theguardian.com/environment/2008/mar/24/climatechange.fossilfue ls.
Ink made of air pollution. (n.d.). TED. Retrieved from http://www.ted.com/talks/anirudh_sharma_ink_made_of_air_pollution/transcrip t?languag+e=en#t-167747.
National Geographic Society. (2012, October 9). Air Pollution. National Geographic Society. Retrieved from http://www.nationalgeographic.org/ency clopedia/air-pollution/.
Niranjan, R., & Thakur, A. K. (2017). The Toxicological Mechanisms of Environmental Soot (Black Carbon) and Carbon Black: Focus on Oxidative Stress and Inflammatory Pathways. Frontiers in Immunology, 8. DOI: https://doi.org/10.3389/fimmu.2017.00 763
DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v26i1.6959
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
visitor visitor