Studi Komparasi Elemen Formal dalam Psikoedukasi Seksual Anak Usia Dini Berbasis Game Digital

Roswita Nerrisa Arviana, Intan Prameswari

Abstract


Seiring meningkatnya kasus kekerasan seksual pada anak, berbagai upaya pencegahan melalui pendidikan seksual dilakukan. Salah satu bentuk media edukasi yang sesuai untuk diberikan kepada anak-anak adalah permainan. Meski game edukasi digital telah banyak dikembangkan, pengembangan game pada topik pendidikan seksual untuk anak usai dini masih sangat terbatas. Pembelajaran seks untuk anak usia dini melalui game memerlukan strategi khusus agar materi dapat tersampaikan dengan baik melalui aktivitas bermain yang dilakukan dalam game. Maka, struktur penyusun game menjadi elemen penting dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan struktur formal game dengan topik pembelajaran seksual untuk anak usia dini dengan genre permainan role play dan quiz-simulasi. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan analisis deskriptif pada konten game berdasarkan teori formal elements of game. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa kedua genre game memiliki perbedaan cara penyampaian materi melalui penyusunan elemen formal, namun keduanya dapat memberikan pemahaman praktis dalam lingkungan pembelajaran yang menyenangkan, nyaman, dan aman untuk membahas topik pembelajaran seksual yang sesuai untuk anak usai dini.

 

 


Keywords


psikoedukasi seks; serious game; teori elemen formal game

Full Text:

PDF

References


Fullerton, T. (2018). Game Design Workshop A Playcentric Approach to Creating Innovative Games Fourth Edition (Vol. 4). DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.1201/b22309

Garcia, J. L. (1995). Freud’s Psychosexual Stage Conception: A Developmental Metaphor for Counselors. Journal of Counseling & Development, 73(5), 498–502. DOI: https://doi.org/10.1002/j.1556-6676.1995.tb01785.x

Lena, A., & Sembiring. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif. Academia.

McLeod, S. (2018). The Preoperational Stage of Cognitive Development. Simply Psychology. Retrieved from https://www.simplypsychology.org/preoperational.html

Oktarina, N., & Liyanovitasari. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar terhadap Pengetahuan tentang Seks Dini pada Anak. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 06, 110–115. DOI: https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296

Pradita, A., Kusumaningrum, A., & Natosba, J. (2019). Improving Self-Protection Knowledge Against Sexual Abuse by Using Dreall Healthy and Animation Video. Jurnal Ners, 13(2), 178. DOI: https://doi.org/10.20473/jn.v13i2.7824

Puspa, A. (2021, December). Indonesia Darurat Kekerasan Seksual. Retrieved from https://mediaindonesia.com/humaniora/451871/indonesia-darurat-kekerasan-seksual

Saputro, G. (2012). Game Simulasi Aman berkendara roda dua di jalan umum. Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 01(15), 27–32. DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v1i15

Suhasmi, N., & Ismet, S. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(1), 164–174. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3486

Sulistiyowati, A., Matulessy, A., & Pratikto, H. (2018). Psikoedukasi Seks: Meningkatkan pengetahuan untuk Mencegah Pelecehan Seksual pada Anak Prasekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 17-27. DOI: https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5171

Sutoyo, S. (2017). Early Childhood Cognitive Development Through Games Educational Tool. Journal of Games, Game Art and Gamification (JGGAG), 02(01), 16–19. DOI: https://doi.org/10.21512/jggag.v2i1.7216

Tan, P.-H., Ling, S.-W., & Ting, C.-Y. (2007). Adaptive Digital Game-Based Learning Framework. DIMEA ’07: Proceedings of the 2nd International Conference on Digital Interactive Media in Entertainment and Arts, 198.

Wahyuni, D. (2014). Kajian Singkat terhadap Isu-Isu Terkini. Info Singkat, 6(12). Retrieved from www.dpr.go.id




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v26i1.8018

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor