Representasi Nilai-Nilai Bela Negara dalam Iklan Tri Versi “Jaringan Baru Tri untuk Indonesia Maju”

Muhammad Rizky Aryanto, Aileena Solicitor C.R.E.C, Diana Aqidatun Nisa

Abstract


Di era saat ini semua sudah mengarah pada sebuah teknologi yang semakin berkembang dan semakin canggih. Perubahan era saat ini memberikan dampak yang cukup besar bagi masyarakat khususnya di Indonesia. Hal ini juga berpengaruh pada kebutuhan jaringan internet sebagai kebutuhan dasar untuk pemenuhan gaya hidup saat ini. Salah satunya adalah jaringan internet terbesar di Indonesia yaitu Tri. Dalam menjangkau pasar yang lebih besar, Tri mengeluarkan iklan dalam menyampaikan produknya. Dalam penelitian ini, iklan “Jaringan Baru Tri Untuk Indonesia Maju” merupakan salah satu iklan yang dipakai peneliti sebagai objek penelitian. Tampilan visual dalam iklan tersebut harus memiliki arti dan makna yang akan disampaikan ke masyarakat. Pesan dalam iklan disampaikan untuk merepresentasikan tujuan dari iklan tersebut dan disajikan semenarik mungkin untuk menarik konsumen. Namun, pada era saat ini banyak visual iklan yang mengarah kebarat-baratan dan mulai melupakan adanya unsur identitas negeri kita sendiri. Tanda visual dalam iklan tentu sangat menarik untuk di bedah dan di analisis dengan metode semiotika. penulis akan menganalisis iklan Tri versi “Jaringan Baru Tri Untuk Indonesia Maju”, untuk membedah dan mencari tahu apakah iklan ini mengandung nilai-nilai adanya Bela Negara melalui metode semiotika C.S Peirce.


Keywords


semiotika, jaringan internet, nilai, bela negara, iklan

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Yoni. (2019). Behind every quantity there must a lie a quality Gertrude Jaeger Selznick, Ph.D. pada Sofaer (1999). Artikel Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Basri, H. (2014). Using qualitative research in accounting and management studies: not a new agenda. Journal od US-China Public Administration, October 2014, Vol. 11, No. 10, 831-838. DOI: https://doi.org/10.17265/1548-6591/2014.10.003

Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI. (2014). Tataran Dasar Bela Negara. Jakarta: Ditjen Pothan Kementerian Pertahanan RI.

Ferrijana, S., Basseng, & Sejati, T. (2015). Modul Wawasan Kebangsaan dan Nilai-nilai Dasar Bela Negara. 77.

Gunalan, S., & Hasbullah, H. (2020). ANALISIS PEMAKNAAN SEMIOTIKA PADA KARYA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT. Jurnal Nawala Visual, 2(2). DOI: https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v2i2.117

Puspitasari Dyah. (2021). Teknologi Digital Sebagai Kunci Utama Pada Era Industri 4.0. Marketing Binus Graduate Program. Retrieved from https://graduate.binus.ac.id/2021/03/01/teknologi-digital-sebagai-kunci-utama-pada-era-industri-4-0/

Setiyono, J., & Sutrimah, S. (2016). Analisis Teks dan Konteks Pada Iklan Operator Seluler (XL dengan Kartu AS). PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2). DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.263

Thoriq Maulana, M., Hilmi Habibullah, M., Sunandar, Sholihah, N., Ainul Rifqi L. P., M., & Fahrudin, F. (2015). Laporan Akhir Laporan Akhir. In Laporan Akhir (Vol. 1, Issue 201310200311137).

Tono, S. (2016). Penggambaran Brand Identity Tri Indonesia dalam Isi Pesan Iklan TVC Tri Indonesia. Jurnal E-Komunikasi, 4(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/4871

Usman, N. H. (2017). Representasi Nilai Toleransi Antarumat Beragama Dalam Film Aisyah Biarkan Kami Bersaudara. Skripsi, 78. Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8433/1/Nur Hikma Usman.pdf




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v27i2.8026

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor