Perancangan Virtual Lab Simulasi Pembelajaran Anatomi Telinga Manusia untuk Mahasiswa Kedokteran

Fahma Waluya Rosmansyah, Intan Rizky Mutiaz

Abstract


Teknologi memiliki peran penting dalam dunia pembelajaran. Teknologi dapat membantu proses belajar mengajar secara signifikan khususnya pada masa pandemi. Teknologi yang beragam kini menjadi media berkarya dan bersifat multidisiplin. Media pembelajaran laboratorium digital dihadirkan untuk menjawab permasalahan kurangnya media untuk pembelajaran. Hadirnya laboratorium secara virtual sebagai media pembelajaran visual yang lengkap dan terstandardisasi dinilai dapat mewakili pengalaman bagi pelajar maupun pengajar bidang kedokteran. Metode yang digunakan untuk mewujudkan solusi tersebut adalah dengan desain thinking. Kehadiran media laboratorium ini menciptakan sebuah karya visual, audial, yang imersif untuk mewakili pembelajaran secara virtual yang dapat digunakan pada saat ataupun setelah pandemi. Temuan penting dari penelitian ini adalah keefektifan pembelajaran anatomi telinga bagi mahasiswa calon dokter.


Keywords


laboratorium virtual, e-learning, aplikasi anatomi telinga

Full Text:

PDF

References


Balaya, V., Guimiot, F., Bruzzi, M., El Batti, S., Guedon, A., Lhuaire, M., Chevallier, J. M., Douard, R., & Uhl, J. F. (2020). Feasibility of a fetal anatomy 3D atlas by computer-assisted anatomic dissection. Journal of Gynecology Obstetrics and Human Reproduction, 49(9). DOI: https://doi.org/10.1016/j.jogoh.2020.101880

Brown, T. (2008). Design Thinking By Tim Brown. Harvard Business Review, 86(6).

Dustman, W. A., King-Keller, S., & Marquez, R.J. (2021). Development of Gamified, Interactive, Low-Cost, Flexible Virtual Microbiology Labs That Promote Higher- Order Thinking during Pandemic Instruction. Journal of Microbiology & Biology Education, 22(1). DOI: https://doi.org/10.1128/jmbe.v22i1.2439

Gardner, A., Duprez, W., Stauffer, S., Ayu Kencana Ungu, D., & Clauson-Kaas, F. (2019). Labster Virtual Lab Experiments: Basic Biochemistry. In Labster Virtual Lab Experiments: Basic Biochemistry. DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-662-58499-6

Heradio, R., De La Torre, L., Galan, D., Cabrerizo, F. J., Herrera-Viedma, E., & Dormido, S. (2016). Virtual and remote labs in education: A bibliometric analysis. Computers and Education, 98. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.03.0 10

Hernández-de-Menéndez, M., Vallejo Guevara, A., & Morales-Menendez, R. (2019). Virtual reality laboratories: a review of experiences. International Journal on Interactive Design and Manufacturing, 13(3). DOI: https://doi.org/10.1007/s12008-019-00558-7

Mayer, R. E. (2014). Incorporating motivation into multimedia learning. Learning and Instruction, 29. DOI: https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2013.0 4.003

Social, S. (2010). Design Thinking for Social Innovation by Tim Brown & Jocelyn Wyatt Stanford Social Innovation Review. Stanford. Social Innovation Review, 8(1). DOI: https://doi.org/10.1108/10878571011042050

Tim, B. (2008). Design Thinking by Tim Brown. Harvard Business Review, 86(6).




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v27i2.8050

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor