Eksplorasi Kain Poleng dan Pengaplikasian Teknik Hias Prada pada Busana Pesta Malam

Putu Diah Ari Kusumadewi, Widihastuti Widihastuti, Mohammad Adam Jerusalem

Abstract


Kain poleng oleh masyarakat Bali digunakan sebagai penutup patung. Namun, hal ini menjadikan kain poleng tidak memiliki nilai guna yang lebih dari sekedar benda dekoratif. Tujuan penelitian ini yaitu: menciptakan produk busana pesta malam dari kain poleng dan teknik menghias prada, memproduksi busana pesta malam dari kain poleng dan teknik menghias prada, menganalisis daya jual terhadap produk, dan menganalisis keunggulan dan kelemahan produk. Proses penciptaan karya ini meliputi: merancang desain, merancang prosedur dan teknik pembuatan, serta merancang bisnis plan. Hasil akhirnya berupa terciptanya produk inovasi dari kain poleng dan teknik menghias prada; proses produksi produk inovasi meliputi penentuan bahan, pengambilan ukuran, pembuatan pola, penjahitan, hingga menghias prada. Teknik jahit yang digunakan adalah teknik demi couture; daya jual produk ini didukung oleh penggunaan bahan yang berkualitas dan hasilnya yang berkualitas. Pembuatan busana pesta yang disesuaikan dengan tren saat ini menjadikan peluang penerimaan pasar menjadi lebih besar; dan keunggulan produk busana pesta ini dapat dilihat dari penggunaan bahan kain poleng yang belum pernah digunakan sebagai bahan untuk pembuatan busana pesta. Produk ini memiliki kekurangan dari segi harga. Harganya yang mahal dapat menjadi pertimbangan berat bagi konsumen untuk membeli.


Keywords


poleng, prada, busana pesta

Full Text:

PDF

References


Andayani, V., & Karmila, M. (2021). Eksplorasi Digital Printing Motif Wayang sebagai Hiasan pada Busana Pesta. Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 24(3), 167–172. DOI: https://doi.org/10.24821/ARS.V24I3.5334

Bustomi, F. K & Katiah. (2022). Dongeng Roro Jonggrang Sebagai Sumber Ide Motif Pada Busana Pesta Dengan teknik Hand Printing. 2022. Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 25(3). 165-170. DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v25i3.5421

Dewanti, P. P. W. A., & Kameswari, I. G. A. A. W. (2019). Konsep Rwa Bhineda Pada Kain Poleng Busana Pemangku Pengluransaat Upacara Pengerebongan di Pura Agung Petilan, Kesiman. Jurnal Da Moda, 1(1), 16–20. DOI: https://doi.org/10.35886/DAMODA.V1I1.52

Dewi, L. K., Oktaviani, N. P. S., & Arsadi, P. E. (2020). Filsafat Ketuhanan dalam Yoga Darsana. Vidya Darsan: Jurnal Mahasiswa Filsafat Hindu, 1(2). 1-12. DOI: https://doi.org/10.55115/VIDYADARSAN.V1I2.587

Dewi, V. K., Nursari, F., Des, B., Ds, M., Cory, M., Siagian, A., Ds, S., & Sn, M. (2022). Penerapan Zero Waste Fashion Pada Busana Demi Couture dengan Teknik Sashiko. MODA, 4(1), 22-38. DOI: https://doi.org/10.37715/moda.v4i1.2199.g1780

Diyanti, K. (2017). Biota Laut Sebagai Sumber Ide Pembuatan Cenderamata Logam Wisata Pantai Pasir Putih Kabupaten Situbondo. Jurnal Seni Rupa, 5(3). 526-536. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/21565

Ferindra, Y. (2020). Redesign Pakaian Secondhand Berwarna Putih Yang Terinspirasi Dari Kain Poleng. Retrieved from https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/163807/slug/redesign-pakaian-secondhand-berwarna-putih-yang-terinspirasi-dari-kain-poleng.html

Ginting, G. A., & Nursari, F. (2019). Perancangan Busana Demi Couture Menggunakan Teknik Zero Waste Pattern dengan Kombinasi Tenun Suku Baduy. Skripsi Jurusan Kriya Universitas Telkom, Bandung. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/299934288.pdf

Gunawijaya, I., Ketut Tri Srilaksmi, N., & Negeri Mpu Kuturan Singaraja, S. (2020). Hambatan Pembelajaran Agama Hindu Terhadap Siswa Tuna Netra di Panti Mahatmia. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 510–520. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/551

Harosah, H. A. (2014). Pengembangan Bentuk Motif Bordir Kerancang Sisik Dengan Sumber Ide Geometris. Jurnal Online Tata Busana, 3(3), 40–45. DOI: https://doi.org/10.26740/JOTB.V3N3.P

Hasmia, H. (2021). Analisis Hasil Bordir Mesin Komputer Pada Kain Katun, Taffetta, dan Sutra. S1 Thesis, Universitas Negeri Makassar. Retrived from http://eprints.unm.ac.id/19676/

Hidayah, T. N., & Puspitasari, F. (2021). Modifikasi Busana Tradisional Bali dengan Korsase Bunga sebagai Decorative Trims. Corak, 10(2), 209-212. DOI: https://doi.org/10.24821/corak.v10i2.5538

Ilavarasu, J. V., Mohan, S., & Hankey, A. (2013). Triguna as personality concept: Guidelines for empirical research. International Journal of Yoga-Philosophy, Psychology and Parapsychology, 1(1), 15-20. Retrieved from https://www.ijoyppp.org/text.asp?2013/1/1/15/123287

Kosasih, S. R., & Maeliah, M. (2014). Flounce Organza Decoration with Pearl in Evening Gown. Fesyen Perspektif, 4(1). 18-32. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/fesyen/article/view/12918

Nadir, N., Nursari, F., & Siagian, M. C. A. (2022). Penerapan Metode Zero Waste Fashion Design Pada Tenun Sengkang Untuk Busana Demi-Couture. Serat Rupa Journal of Design, 6(1), 24–39. DOI: https://doi.org/10.28932/SRJD.V6I1.3894

Nurlina, & Ira. (2016). Representasi Warisan Budaya Indonesia dalam Film “Eat Pray Love.” Retrieved from http://repository.unisba.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/2933

Putri, D. R., & Nursari, F. (2019). Penerapan Kain Tenun Baduy Dengan Teknik Zero Waste Substraction Cutting ke dalam Busana Demi-Couture. EProceedings of Art & Design, 6(2). Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/10288

Sari, N. L. D. I. D. (2011). Desain Kemasan Sebagai Strategi Branding Produk Cokelat Bali. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 2(2). 20-29. DOI: https://doi.org/10.33153/CAPTURE.V2I2.601

Usadhi, N. T. (2019). Fungsi Tari Baris Poleng Ketekok Jago Di Desa Darmasaba Kabupaten Badung. Joged, 13(2), 172–186. DOI: https://doi.org/10.24821/JOGED.V13I2.3600




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v26i1.9354

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor