Tari Pendet Bali Sebagai Ide Inspirasi Penciptaan Busana “Cening Putri Ayu”
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anak Agung Ngurah, A. M. K. T., & Dewa Ayu Putu, L. S. (2021). Penciptaan Busana Haute Couture dengan Konsep Burung Jalak Bali. MODA, 3(02).
Angelina, M. S., & Triputra, P. (2015). Analisis semiotik fashion Ines Ariani sebagai bentuk presentasi diri. Jurnal Komunikasi, 7(2), 165–179.
Aribaten, N. N. Z., Suardana, I. W., & Pebryani, N. D. (2023). Ilusi Warna Gerhana Dalam Penciptaan Busana Kontemporer. Melayu Arts and Performance Journal, 6(2), 118-133.
Astini, S. M., & Utina, U. T. (2007). TARI PENDET SEBAGAI TARI BALIH-BALIHAN (Kajian Koreografi)(Pendet Dance as Welcome Dance Coreography Research). Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 8(2).
Bestari, A. G., & Ishartiwi, I. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Mood Board Terhadap Pengetahuan Desain Busana pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Busana. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 121–137.
Budhyani, I. D. A. (2014). PEMANFAATAN PERCA KAIN ENDEK SEBAGAI INDUSTRI KREATIF UNTUK MENUNJANG PARIWISATA DI BALI. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 9(1).
Deliana, D., Purbosaputro, E., Sunyoto, S., Sujatmiko, S., & Suyamto, S. (2024). Memperkuat Identitas Lokal dalam Globalisasi Melalui Pariwisata dan Pelestarian Budaya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 1561-1573.
Dwiarianto, D. (2022). Visualisasi Menara Mahkota Tribhuwana Tunggadewi dalam Busana Batik Ready to Wear-Party Wear (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia).
Hayat, V. Z. (2018). Persepsi Glamor dan Elegan Bagi Para Pencinta Fashion (Analisis persepsi anggota komunitas Hijabie Community terhadap foto fashion dalam majalah Dewi dan majalah Harper’s Bazaar).
Irwan, I., Samritin, S., Riniati, W. O., Acoci, A., Agus, J., Mansur, M., Swanika, I. B., & Sabiran, A. (2022). Penguatan Nilai Karakter Siswa Melalui Tari Pendet Di Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 3(1), 103–109.
Jayanti, I. G. N., Rupa, I. W., Satyananda, I. M., Putra, I. K. S., Rema, I. N., Sumarja, I. M., & Sumerta, I. M. (2022). Nilai kearifan lokal dalam upaya pelestarian kebudayaan di Bali. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 22(2), 127-135.
Leonaldy, L., Ismunandar, I., & Fretisari, I. (2015). Motif Dayak (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Lintang, F. L. F., & Najicha, F. U. (2022). Nilai-nilai sila persatuan Indonesia dalam keberagaman kebudayaan Indonesia. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 79–85.
Paramita, N. P. D. P. (2022). Inovasi Busana Pesta Berbahan Tekstil Tradisional Bali. Style: Journal of Fashion Design, 1(2), 36–44.
Putrayasa, I. K., Arimbawa, I. M. G., & Suardina, I. N. (2018). Metafora Wanita Bali Pada Era Modern Dalam Seni Patung. Prabangkara: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 22(2), 70-80.
Rachmayanti, S., & Roesli, C. (2014). Green design dalam desain interior dan arsitektur. Humaniora, 5(2), 930-939.
Ruastiti, N. M. (2019). Pendet Memendak Dance in Kerambitan Village, Tabanan, Bali. Journal of Arts and Humanities, 8(6), 65-76.
Setiawan, E. G., & Gumulya, D. (2023, August). Inovasi Produk Berbasis Karya Desain Bersejarah Menggunakan Metode Scamper. In SERENADE: Seminar on Research and Innovation of Art and Design (Vol. 2, No. 1, pp. 94-105).
Sihombing, Y. Y. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI THAHARAH DI KELAS VII-1 SMP NEGERI 1 BATANGTORU. Dirasatuna: Kajian Ilmu Dan Pemikiran Tentang Pendidikan, 1(1), 45–54.
Syamsul, R. L., & Ernawati, E. (2024). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Moodboard pada Pelatihan Desainer Pakaian Kreasi di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(1), 200-208.
Trixie, A. A. (2020). Filosofi Motif Batik Sebagai Identitas Bangsa Indonesia. Folio, 1(1), 1-9.
DOI: https://doi.org/10.24821/corak.v14i1.13520
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Hana Tasya Salsabila, Hapsari Kusumawardani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2301-6027 (print)| ISSN: 2685-4708 (online).
View My Stats