WAYANG KLITHIK ROBOT

Gandar Setiawan

Abstract


Wayang is a autentic culture from Indonesia. Wayang has many figure and character.
It is main idea of this make the artwork. Inspiration of the artwork also from observation robot
forms. Robot has the furious and futuristic form. Like the progression of technologi, form of
robot also more experiencing form progression. Until now, form of robot still identic dan can
not losed from imajinative forms.
This prossesing to make the artwork use created methode from Gustami, it is a three
stages six steps creating craft artwork. First stage is eksploration consist of observation and
finding refference steps. Second stage is desaigning consist of making the sketch and making
the gambar teknik or modeling steps. Third stage is forming consist of create artwork and
finished with value and evaluation steps.
Result of visual form is a three dimension artwork with futuristic robot form. Visual
form the artwork is a transformastion of futuristic wayang klithik with robot form. The puppet
figures are Wrekudara and Gatotkaca Combination form is a method for impression and
aesthete value of the artwork.

 

Keywords: puppet, wayang klithik, robot, Wrekudara, Gatotkaca

 

 


Wayang merupakan budaya asli dari Indonesia. Wayang memiliki berbagai macam
tokoh dan karakter. Wayang menjadi ide utama penciptaan dalam penciptaan karya ini.
Inspirasi karya juga muncul dari pengamatan bentuk-bentuk robot. Robot memiliki bentuk
yang variatif dan futuristik. Sesuai dengan perkembangan teknologi, bentuk robot juga
mengalami perkembangan yang lebih bermacam-macam. Sampai saat ini, bentuk robot masih
identik dan tidak bisa lepas dari bentuk-bentuk imajinatif.
Proses pembuatan karya seni ini menggunakan metode penciptaan dari Gustami, yaitu
metode tiga tahap enam langkah dalam menciptakan karya seni kriya. Tahap pertama yaitu
eksplorasi yang meliputi langkah pengamatan dan pencarian sumber pustaka. Tahap kedua
merupakan tahap perancangan yang terdiri dari langkah pembuatan beberapa sketsa dan
pembuatan gambar teknik ataupun model. Tahap yang ketiga yaitu tahap perwujudan yang
terdiri langkah pengerjaan karya, dan diakhiri dengan penilaian juga evaluasi karya yang telah
jadi.
Bentuk visual yang dihasilkan yaitu karya seni tiga dimensi dengan bentuk futuristik
menyerupai robot. Bentuk visual karya merupakan penggabungan antara bentuk wayangklithik dengan bentuk robot. Tokoh wayang yang dibuat yaitu Wrekudara dan Gatotkaca.
Perpaduan bentuk dilakukan sebagai cara untuk memberikan kesan dan nilai estetik pada
karya.


Kata kunci: wayang, wayang klithik, robot, Wrekudara, Gatotkaca


Full Text:

PDF

References


Budiman, Kris (2011), Semiotika Visual: Konsep, Isu,dan Problem Ikonisitas, Penerbit Jalasutra, Yogyakarta.

Gustami, SP. (2004), Proses Penciptaan Seni Kriya: Untaian Metodologis, Program Pascasarjana S2 Penciptaan Dan Pengkajian Seni ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

Liang Gie, The (1997), Filsafat Keindahan, Yogyakarta: Adipura.

Lubis, Izwar (2013), “Bahan Ajar Pendidikan Teknik Mesin dan Robotika”, Sumber dari UPT Universitas Negeri Medan Sumatra Utara, Medan.

Sony Kartika, Dharsono (2004), Seni Rupa Modern, Bandung: Rekayasa Sains

Tim Penulis Sena Wangi (1999), “Ensiklopedi Wayang Indonesia”, jilid II, Sena Wangi, Jakarta.

Webtografi

http://crowsinside.blogspot.com/p/lamanunduh. html, 29 November 2014, jam 19.00 WIB http://ecx.imagesamazon. com/images/I/81AUEQixLmL._SL1 500_.jpg, 23 Oktober 2014, jam 20.00 WIB

http://gadgets.boingboing.net/2007/08/31 /ashley-woods-bertie.html, 23 Oktober 2014, jam 20.00 WIB

http://lostbrosclubhouse.com/wp-content /uploads/2014/07/ transformers autobots by_megavalve.jpg, 23 Oktober 2014, jam 20.00 WIB

http://media-cacheak0. pinimg.com/236x/e4/c5/ba/e4c5ba436869041d732f34dc386 1bca8.jpg, 23 Oktober 2014, jam 20.00 WIB

http://static.comicvine.com/uploads/origin al/7/74798/1429066-so.jpg, 23 Oktober 2014, jam 20.00 WIB

http://www.smosh.com/smoshpit/ photos/25-amazing-wood-sculptures, 23 Oktober 2014, jam 20.00 WIB

http://1.bp.blogspot.com/_8hg7KdpvuOY/ TQnRilf7qiI/AAAAAAAAAOA/UoWi763Wes/ s1600/bima9.jpg, 29 November 2014, jam 20.00 WIB




DOI: https://doi.org/10.24821/corak.v3i2.2351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Gandar Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

slot gacor

ISSN: 2301-6027 (print)| ISSN: 2685-4708 (online).

 View My Stats
 

titi4d

titi4d

titi4d

8kuda4d

8kuda4d

kientoto

kientoto

kembang128

kembang128

https://silon-stage.kpu-ri.org/

slot88

slot88

slot88

slot777

slot gacor

slot dana

slot gacor 777

slot qris

slot qris

slot thailand

slot gacor

slot88

kembang128

situs toto

ungutoto

link ungutoto

slot gacor

ungutoto

game online

togel online 4d

tototogel

bandar togel

slot777

monas128

birutoto

slot777

slot gacor maxwin

slot777

slot gacor

slot gacor

slot777

merahtoto

merahtoto

slot777

hijautoto

kuningtoto

game slot

kuningtoto slot

kuningtoto

link kuningtoto

birutoto

birutoto

slot gacor

ungutoto

link ungutoto

slot gacor

ungutoto

togel online 4d

tototogel

bandar togel

game online

slot gacor

situs gacor

ungutoto

slot gacor

hijautoto

hijautoto

hijautoto

hijautoto

hijautoto

hijautoto

birutoto

slot88