KOMPOSISI EFEK SPONTAN CAT AIR DENGAN SULUR TRADISIONAL YOGYAKARTA PADA PENCIPTAAN LUKISAN

Deni Junaedi, Adnan Aditya K

Abstract


Penelitian “Komposisi Efek Spontan Cat Air dengan Sulur Tradisional Yogyakarta pada Penciptaan Lukisan” ini paling tidak memiliki tiga urgensi untuk pendidikan seni lukis maupun dunia seni lukis pada umumnya. Pertama, perpaduan efek spontan cat air yang terjadi dengan sendirinya dengan sulur tradisional Yogyakarta yang memiliki pakem akan menghasilkan dinamika bentuk yang diperlukan untuk penciptaan seni lukis. Kedua, sulur biasanya menjadi penghias barang fungsional, dan dalam penelitian ini ia diangkat sebagai pembangkit pengalaman estetis itu sendiri; dengan kata lain ‘sulur dihadirkan sebagai sulur itu sendiri’, bukan sekedar penghias yang menempatkannya sebagai aspek kedua setelah barang yang dihiasi. Ketiga, penelitian ini menerapkan kaidah langgam seni postmodern shock of the old, bukan shock of the new. Rumusan penciptaan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengomposisi efek spontan cat air di kertas dengan bentuk sulur tradisional Yogyakarta untuk penciptaan lukisan. Data sulur diperoleh dengan kajian pustaka maupun observasi, yaitu di Keraton Kasultanan Yogyakarta, Makam Raja-Raja Mataram Kotagede, Makam Raja-Raja Imogiri, Museum Sonobudoyo, Taman Sari, Museum Kereta Keraton, dan Benteng Vredeburg. Hasil penciptaan lukisan kombinasi efek spontan cat air dengan sulur tradisional ini dikerjakan dengan dua cara yang berbeda. Cara pertama adalah menentukan bentuk sulur lalu diberi efek spontan cat air. Sebaliknya, cara kedua adalah membuat efek spontan cat air terlebih dahulu kemudian direspon dengan sulur.

 

Kata Kunci: lukisan, sulur, efek spontan cat air, Yogyakarta

 

This research, “Compositions between Watercolor Effects and Yogyakarta Traditional Sulurs for Painting Creations”, has at least three urgencies for painting educations and art worlds generally. First, on the one hand, watercolor effects give spontaneous forms; on the other hand, Yogyakarta traditional Sulurs (spiral forms of floral ornamens) have certain patterns. Combinations of both of them produce dynamic compositions needed for creating paintings. Second, the function of sulurs usually are for decorating things, such as ornamens on buidings, furniture, or book illuminations; in this case, sulur is as the second thing. Meanwhile, in this research, sulurs are used for arousing aesthetic experiences; it is as itself. Third, this study applies the postmodern art value ‘shock of the old’, not ‘shock of the new’. The research question is how to compose the spontaneous watercolor effects with Yogyakarta traditional sulurs for painting creations. Sulur data is obtained by literature review and observations at Yogyakarta Sultanate Palace, Tomb of the Kings of Mataram Kotagede, Tomb of the Kings of Imogiri, Sonobudoyo Museum, Taman Sari, Keraton Carriage Museum, and Vredeburg Fort. The result of this research is, the combinations of watercolor effects and sulur can be created in two different ways. The first way is determining the shape of the sulurs then given with watercolor effects. Instead, the second way is creating watercolor effects first then responded with sulurs.

 

Keywords: painting, sulur, spontaneous watercolor effect, Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


Aruman, Deni Junaedi, dan Isbandono Hariyanto. 2015. "Batik Postmodern (Pengadaptasian Elemen Artistik Lukisan Modern Indonesia dalam Teknik dan Motif Batik Tradisional Yogyakarta." Yogyakarta.

Dorno, Jeksi. 2014. "Bentuk dan Makna Simbolik Ornamen Ukir pada Interior Masjid Gedhe Yogyakarta." Yogyakarta.

Garcia, Joe. 2002. Mastering the Watercolor Wash. Cincinnati: North Light Books.

Mittler, Gene and Rosalind Ragans. 2005. Understanding Art. Woodland Hills: Glencoe/McGraw-Hill.

Rath, Amanda Katherine. 2010. “The Vibrating Harrow: Love and Loathing in Entang Wiharso’s Recent Work.” in Love Me or Die: Entang Wiharso, edited by J. Supangkat, S. Wisetrotomo, A. K. Rath, and S. Barry. Jakarta Utara: Galeri Canna.

Sahman, Humar. 1993. Mengenal Dunia Seni Rupa: tentang Seni, Karya Seni, Aktivitas Kreatif, Apresiasi, Kritik dan Estetika. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sunaryo. 2009. Ornamen Nusantara Kajian Khusus tentang Ornamen Indonesia. Semarang: Dahaga Prize.

Urdea, Olimpia. 2015. “Klimt, from Painting to Fashion.” in Annals of the University of Oradea Fascicle of Textiles-Leatherwork.

Wisetrotomo, Suwarno. 2016. “Run Suluk Pikir Jiwa dan Raga.” in Run: the Journey of Mind, Soul and Body, edited by S. Wisetrotomo, I. Kuss, and M. Sarah. Yogyakarta: NS dan Agung Tobing.

---------------. 2012. Mengenal Wayang. Yogyakarta: Laksana.

Suseno, Frans Magnes, 1995. Wayang dan Panggilan Manusia Jawa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sutrisno, Slamet dkk. 2009. Filsafat Wayang. Jakarta: Sena Wangi.

Zarkasi, Effendi. 1996. Unsur-Unsur Islam dalam Pewayangan Telaah terhadap Penghargaan Walisanga terhadap Wayang untuk Media Dakwah Islam. Solo: Yayasan Mardikintoko.




DOI: https://doi.org/10.24821/corak.v7i1.2640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Deni Junaedi, Adnan Aditya K

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

slot gacor

ISSN: 2301-6027 (print)| ISSN: 2685-4708 (online).

 View My Stats
 

titi4d

titi4d

titi4d

8kuda4d

8kuda4d

kientoto

kientoto

kembang128

kembang128

https://silon-stage.kpu-ri.org/

slot88

slot88

slot88

slot777

slot gacor

slot dana

slot gacor 777

slot qris

slot qris

slot thailand

slot gacor

slot88

kembang128

situs toto

ungutoto

link ungutoto

slot gacor

ungutoto

game online

togel online 4d

tototogel

bandar togel

slot777

monas128

birutoto

slot777

slot gacor maxwin

slot777

slot gacor

slot gacor

slot777

merahtoto

merahtoto

slot777

hijautoto

kuningtoto

game slot

kuningtoto slot

kuningtoto

link kuningtoto

birutoto

birutoto

slot gacor

ungutoto

link ungutoto

slot gacor

ungutoto

togel online 4d

tototogel

bandar togel

game online

slot gacor

situs gacor