Danse Macabre Karya Camille Saint-Saens sebagai Puisi Simfonik

Rizky Arya Putra, Ridho Syawal Syahfitra

Abstract


Danse Macabre Op. 40 adalah karya puisi simfonik untuk solo biola dan orkestra yang disusun oleh Camille Saint-Saens pada paruh kedua abad ke-19. Karya ini bersumber dari sebuah puisi yang ditulis Henry Cazalis sebagai penggambaran dari wabah kematian yang terjadi di Eropa pada akhir Abad Pertengahan. Saint-Saens menggubah dalam komposisi untuk vokal dan piano pada tahun 1872, lalu mengembangkannya lagi pada tahun 1874. Danse Macabre termasuk dalam kategori musik program karena konsep karya ini berdasarkan narasi. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan struktur dan bentuk Danse Macabre untuk solo biola dan orkestra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Hasil dari analisis bentuk karya  ini terdiri dari introduksi, A, B, B1, B2, B3, B4, A2, C, A3, A+B, dan Coda. Hasil kajian menunjukkan bahwa Danse Macabre memiliki bentuk bebas atau free form karena tidak teridentifikasi sebagai bentuk yang baku pada periodisasi musik klasik. 

Kata kunci: biola, puisi simfonik, Danse Macabre


Abstract

Danse Macabre Op. 40 is a symphonic poetry for solo violin and orchestra composed by Camille Saint-Saens in the second half of the 19th century. This work originates from a poem by Henry Cazalis, describing the plague of death that occurred in Europe at the end of the Middle Ages. Saint-Saens composed it for vocal and piano in 1872, then developed it again in 1874. Danse Macabre is included in the program music category because the concept of this work is based on narrative. This research aims to explain the structure and form of Danse Macabre for solo violin and orchestra. Qualitative methods with a descriptive-analytical approach were used in this research. The form analysis results of this work consist of introduction, A, B, B1, B2, B3, B4, A2, C, A3, A+B, and Coda. The study results show that Danse Macabre has a free form because it is not identified as a standard form in the periodization of classical music.

Keywords:violin, symphonic poetry , Danse Macabre


Full Text:

PDF

References


Banoe, P. (2003). Kamus musik. Kanisius.

Beggerow, A. (2012). Musical Musings: Saint-Saëns - Danse Macabre. Muswrite.Blogspot.Com. https://muswrite.blogspot.com/2012/05/saint-saens-danse-macabre.html

de Fretes, D., Pramuditya, P., Lundito, F. J., & Kusumaningrum, M. R. M. (2021). Pemetaan Teknik Double-Stops Pada Violin Concerto No. 2 Anatoly Komarowsky. Grenek: Jurnal Seni Musik, 10(2), 81–91.

Ganap, V. (2012). Konsep Multikultural dan Etnisitas Pribumi dalam Penelitian Seni. Humaniora, 24(2), 156–167.

McNeill, R. J. (2000). Sejarah musik 2 (Vol. 2). BPK Gunung Mulia.

Miller, H. M. (2017). Apresiasi Musik (Sunarto (ed.)). Panta Rhei Books.

Nelson, S. M. (2003). The violin and viola: history, structure, techniques. Courier Corporation.

Pramuditya, P., & De Fretes, D. (2021). KHALIBANA: Karya Musik Absolut Sebagai Wujud Pesan Musik. SELONDING, 17(2), 51–64.

Stein, L. (1962). Structure and style: the study and analysis of musical forms. Summy-Birchard Company.

Stokes, R. (1997). Danse Macabre: Song Texts, Lyrics & Translations. Oxfordsong.Org. https://www.oxfordlieder.co.uk/song/4373

Stowell, R. (1992). The Cambridge companion to the violin. Cambridge University Press.

Swara, L. P. (2023). Interpretasi Konserto Cello No. 4 Karya Georg Goltermann pada Praktik Pembelajaran Cello. EKSPRESI: Indonesian Art Journal, 12(1).

Syaodih Sukmadinata, N. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. In Bandung: Remaja Rosda Karya. PT Remaja Rosdakarya.

Watanabe, R. T. (1967). Introduction To Music Research. Prentice-Hall, Inc.




DOI: https://doi.org/10.24821/ekp.v12i2.11534

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.