Penggunaan Found Objects sebagai Media Pembelajaran Musik Kelas XII di SMAN 1 Unggulan Muara Enim

Lasti Yuliana Tamba

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti proses dan juga hasil dari penggunaan found objects sebagai media pembelajaran musik. Keterbatasan fasilitas instrumen musik dan kurangnya SDM yang berlatar belakang musik, membuat pembelajaran musik di SMAN 1 Unggulan Muara Enim sedikit terhambat. Pemilihan media pembelajaran yang tepat, akan membantu proses belajar mengajar meskipun fasilitas instrumen musik yang dimiliki terbatas. Found objects atau benda-benda di sekitar yang mudah dijangkau, dapat dijadikan sebagai media pembelajaran musik. Pedagogi dijadikan sebagai pendekatan dalam metode pembelajaran untuk mengenal hal-hal baru. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan bersemangat selama proses pembelajaran, sangat tertarik pada saat belajar, mampu bekerjasama dan berinteraksi dengan teman sekelompok, serta mengikuti proses belajar mengajar dengan baik. Penggunaan found objects sebagai media pembelajaran, dapat mengasah kreativitas siswa. Siswa kelas XII di SMAN 1 Unggulan Muara Enim sudah mampu mengaplikasikan benda-benda sekitar (found objects) pada pembelajaran.

 

Kata kunci: Media pembelajaran; pedagogi; found objects

 

 

Abstract

Purpose of this research is to study the process and result of using found objects as a media for music learning. The limitedness of music instrument facility and lack of human resource with music background, make music lessons in SMAN 1 Unggulan Muara Enim little overdue. The right choses of learning media, will help learning and teaching process even though the music instrument facility owned is limitedness. Found object or goods in surround that can easy to reach, can be a music learning media. Pedagogy uses as approach in learning method to recognizing new things. This research uses qualitative method with case studies approach. The result of this research show that student are enthusiastic and excited during learning process, very interesting at the time of learning, could afford to work together and interact with friends in team, and also follow the learning and teaching process well. Found object uses as a learning media, can sharpening students creativity. 3th grade students in SMAN 1 Unggulan Muara Enim already capable to apply goods in surround (found object) for learning. 

 

Keywords: Learning method, pedagogy, found objects


Full Text:

PDF

References


Andrew Fernando Pakpahan, dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran.

Boettcher, J. V. C. (2016). The Online Teaching Survival Guide.

Firdhani, A. M. (2021). Peningkatan Kemampuan Musikal Peserta Didik Melalui Aktivitas Musik Kreatif. Indonesian Journal of Performing Arts Education, 1(1), 11–17. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/ijopaed.v1i1.4915

Found Objects: Definition, Characteristics, History: (n.d.). Retrieved June 23, 2022, from http://www.visual-arts-cork.com/definitions/found-objects.htm

Gunawan et. al. (2023). Antologi Artikel Mahasiswa MBKM Program Studi Musik 2022-2023. Buku Litera.

Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi serta Implikasinya dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 12(1), 1–19.

Kusmarni, Y. (2012). Studi Kasus (John W. Creswell).

Nurdyansyah, O., Pd, S., & Pd, M. (2019). Media Pembelajaran Inovatif.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19–35.

Objet trouvé Definition & Meaning - Merriam-Webster. (n.d.). Retrieved June 23, 2022, from https://www.merriam-webster.com/dictionary/objet%20trouv%C3%A9#h1

Oleh, :, Rohani, :, S Ag, & Pd, M. (n.d.). Diktat Media Pembelajaran.

Prasetya. (2016). Pembelajaran Ansambel Musik Kelompok Misdinar Gereja Pugeran. 5.

Purwatiningsih. (2017). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017.

Studi, P., Sejarah, P., Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, dan Perancangannya).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

SUMBER BELAJAR PENUNJANG PLPG 2017. (n.d.). Retrieved March 26, 2022, from https://node2.123dok.com/dt03pdf/123dok/001/396/1396503.pdf.pdf?X-Amz-Content-Sha256=UNSIGNED-PAYLOAD&X-Amz-Algorithm=AWS4-HMAC-SHA256&X-Amz-Credential=aa5vJ7sqx6H8Hq4u%2F20220326%2F%2Fs3%2Faws4_request&X-Amz-Date=20220326T143257Z&X-Amz-SignedHeaders=host&X-Amz-Expires=600&X-Amz-Signature=04e51309de8a938104312784fc4e370176b155d507e4785ec02b25df8f9bb0dc

Yuniastuti, M. M. K. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial (M. M. K. Yuniastuti, Ed.; 1st ed.). Scopindo Media Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24821/ekp.v13i1.13447

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.