Analisis Bentuk Musik pada Prelude dalam Partita No.3 untuk Violin Solo

Ega Putra Tweedapinta

Abstract


Abstrak

Sonata dan Partita tanpa iringan karya Johann Sebastian Bach merupakan repertoar utama yang selalu digunakan dalam proses pembelajaran biola. Karya ini memiliki nilai artistik, keindahan karya, serta aspek teknis dengan tingkat keterampilan yang tinggi. Terdapat lebih dari satu suara pada bagian Prelude di partita untuk biola ini, yaitu melodi kontrapung atau polifoni dalam satu baris instrumen.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk musik Partita E mayor gubahan J.S Bach pada bagian Prelude. Menurut kritikus musik bernama Wilhelm Tappert, keaslian Partita dalam E mayor diciptakan untuk instrumen lute, selain itu terdapat transkripsi komposisi Prelude untuk solo organ obbligato dan iringan orkestra. Prelude untuk instrumen biola berisi melodi dengan nilai nada seperenambelas dalam keseluruhan bagian dan disusun dalam melodi tunggal tanpa iringan suara bas yang cenderung monoton. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menganalisis skor. Teori yang digunakan adalah teori melodi oleh Dieter Mack, teori bentuk musik oleh Leon Stein, dan teori harmoni oleh Karl-Edmund Prier. Analisis skor dilakukan dengan pendekatan musikologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prelude dalam Partita No.3 karya Bach mempunyai bentuk musik biner, yang dibentuk dengan stuktur musik menggunakan motif-motif sebagai materi musiknya. Selain itu karya ini mengandung harmoni yang tersembunyi yang menciptakan keindahan karya. Sebagai karya dengan melodi tunggal, Prelude menunjukkan kesatuan struktural di dalam susunannya.

 Kata kunci: Bentuk musik, Melodi tunggal, Violin, Partita, Prelude.

 

Abstract

Sonata and Partita without accompaniment by Johann Sebastian Bach are the main repertoire used in violin learning. This work has artistic value, beauty, and technical aspects with a high skill level. There is more than one voice in the Prelude section in this partita for violin: counterpoint melody or polyphony in one row of instruments. This study aims to analyze the musical form of the Partita E major composed by J.S Bach in the Prelude section. According to music critic Wilhelm Tappert, the originality of the Partita in E major was created for the lute instrument; in addition, there is a transcription of the Prelude composition for solo organ obbligato and orchestral accompaniment. The Prelude for violin contains a melody with a sixteenth note value in the entire section. It is arranged in a single melody without bass accompaniment, which tends to be monotonous. This study uses a qualitative research method by analyzing scores. The theories used are the melody theory by Dieter Mack, the theory of musical form by Leon Stein, and the theory of harmony by Karl-Edmund Prier. The score analysis is carried out based on a musicology approach. The study results show that the Prelude in Bach's Partita No. 3 has a binary musical form, which is formed with a musical structure using motifs as its musical material. In addition, this work contains hidden harmonies that create the beauty of the work. As a work with a single melody, the Prelude shows structural unity in its composition.

 Keywords: Music form, Single melody, Violin, Partita, Prelude.


Full Text:

PDF

References


Beard, D., & Gloag, K. (2016). Musicology The Key Concepts (2nd ed. (ed.)). Routledge.

Botero, M. R. (2024). Criteria for the Classification of Musical Structures and Forms.

Chaplin. (2000). Kamus Psikologi. Rajawali.

Clough, J., & Myerson, G. (1986). Musical scales and the generalized circle of fifths. The American Mathematical Monthly, 93(9), 695–701.

Davis, S. (2006). Implied Polyphony in the Solo String Works of J. S. Bach: A Case for the Perceptual Relevance of Structural Expression. Music Perception, 23(5), 423–446. https://doi.org/10.1525/mp.2006.23.5.423

Fakhr, I. (2019). Rhetorical Persuasion in the Music of JS Bach: A Case Study of the Prelude from Cello Suite No. 3 in C-major BWV 1009. Journal of Fine Arts: Performing Arts & Music, 24(4), 5–16.

Ganap, V., & Prier, K.-E. (2022). Ilmu Kontrapung. Pusat Musik Liturgi.

Ham, J. (2003). A Comparative Analysis of J. S. Bach’s Three Partitas for Solo Violin [University of Cincinnati]. https://www.proquest.com/docview/3103316

Hidayatullah, M. R. (2024). Partita No. 3 3rd Movement Karya J.S BACH (Tinjauan Bentuk Musik dan Teknik Permainan Violin). Repertoar, 4(2).

Indrawan, A. (2018). Berbagi Musik Persembahan untuk Sang Maha Guru. BP ISI Yogyakarta.

Johnston, G. S. (1998). Polyphonic Keyboard Accompaniment in the Early Baroque: An Alternative to Basso Continuo. Early Music, 26(1), 51–64.

Kyburz, R. (2023). Sei Solo” — Partita No.3 in E major for Violin Solo, BWV 1006.

Kyung, S. E. J. (1999). Chaconne from Johann Sebastian Bach’s Partita No. 2 Linear analysis [California State University]. https://www.proquest.com/docview/1396307

Larsen, J. (2020). Motivic Continuity In The Instrumental Suites, Sonatas, and Partitas of J. S. Bach. College Music Symposium, 60(1), 1. https://doi.org/10.18177/SYM.2020.60.SR.11479

Mack, D. (1996). Ilmu Melodi: Ditinjau Dari Segi Budaya Musik Barat. PusatMusikLiturgi.

Niles, L. (2021). All Motions Great & Small: How to Practice String-Crossing Technique for Bariolage. String Magazine. https://stringsmagazine.com/all-motions-great-small-how-to-practice-string-crossing-technique-for-bariolage/

Prier, K.-E. (2015). Ilmu Bentuk Musik (5th ed. (ed.)). PusatMusikLiturgi.

Putra, I. P. L. W. N., & Dinata, K. W. (2023). Analisis Bentuk Lagu “Bhuana Santhi” Karya I Komang Darmayuda. Journal of Music Science, 6(1). https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/jomsti/

Putra, R. A., & Syahfitra, R. S. (2023). Danse Macabre Karya Camille Saint-Saens Sebagai Puisi Simfonik. Ekspresi, 2(12), 110–117. https://doi.org/10.24821/ekp.v12i2.11534

Ratnaningtyas, E. M., Ramli, Syafruddin, Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Karimuddin, Aminy, M. H., Saputra, N., Khaidir, & Jahja, A. S. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif (N. Saputra (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. http://penerbitzaini.com

Ritchie, S. (2016). The Accompaniment in “Unaccompanied” Bach: Interpreting the Sonatas and Partitas for Violin. Indiana University Press.

Stein, L. (1979). Structure & Style: The Study and Analysis of Musical Forms. Summy-Birchard Music.

Stowell, R. (1987). Bach’s Violin Sonatas and Partitas: Building a Music Library: 5. The Musical Times, 128(1731), 250–256.

Sulistyawati. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. K-Media.

Swara, L. P. (2023). Interpretasi Konserto Cello No. 4 Karya Georg Goltermann pada Praktik Pembelajaran Cello. EKSPRESI: Indonesian Art Journal, 12(1).

Wang, X. (2015). An Analysis Of Bach’s Partita No.2, Haydn’s Fantasia In C Major, And Schumann’s Carnaval. The University Of Alabama.




DOI: https://doi.org/10.24821/ekp.v13i1.13627

Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.