Kursus Musik sebagai Sarana untuk Menemukan Potensi Anak Sejak Dini (Studi Kasus: Majesty Music Course)

Weslay Pradana Leonard Padang

Abstract


Potensi pada anak sebaiknya digali dan ditemukan sejak usia dini sehingga potensi tersebut dapat dikembangkan dengan lebih terarah. Ada begitu banyak cara untuk menemukan serta mengembangkan potensi anak, salah satunya kursus musik. Kursus musik merupakan pembelajaran tentang musik yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan musikal anak. Namun selain mengembangkan kemampuan musikal, kursus musik juga dapat mengembangkan kemampuan lain di luar kemampuan musikal, contohnya kemampuan kognitif, kemampuan bersosialisasi dan berkomunikasi, kreativitas, problem solving, serta yang paling banyak disebutkan adalah kemampuan matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi yang diperoleh melalui kursus musik dan faktor-faktor yang mendukung potensi tersebut.  Penelitian ini dilakukan terhadap murid kursus di Majesty Music Course. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dengan penyajian berupa studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara langsung terhadap para pengajar serta para orang tua anak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak dapat mengembangkan potensi untuk berkomunikasi dan berinteraksi kepada orang baru, khususnya kepada orang yang lebih tua dari anak tersebut, dan juga dalam mengomunikasikan kesulitan yang dihadapi. Selain itu anak dapat mengembangkan potensi dalam pemecahan masalah. Kursus musik dapat berperan sebagai sarana untuk menemukan potensi anak sejak dini melalui metode dan proses pembelajaran yang diterapkan, yakni memberikan kesempatan kepada anak untuk berkembang dan menjelajahi apa yang menjadi potensinya.  

Kata Kunci: Kursus Musik, Anak Usia Dini, Majesty Music Course, Komunikasi, Pemecahan Masalah.

 Abstract

Children's potential should be explored and discovered from an early age so that the potential can be more focused. There are many ways to find and develop children's potential, including music courses. Music courses are learning about music that aims to develop children's musical abilities. However, in addition to musical skills, music courses can also develop other abilities outside of musical abilities, such as cognitive abilities, social and communication skills, creativity, problem-solving, and, most frequently, mathematical ability. This study aims to determine the potential obtained through music courses and the factors that support this potential. This study was conducted on students at the Majesty Music Course. The study was conducted using a qualitative descriptive method with a presentation as a case study. Data collection was carried out through direct observation and interviews with teachers and parents of children. The results of this study indicate that children can develop the potential to communicate and interact with new people, especially with people who are older than the child, and also in communicating the difficulties they face. In addition, children can develop potential in problem-solving. Music courses can act as a means to discover children's potential from an early age through the learning methods and processes applied, namely by allowing children to develop and explore their potential.

 Keywords: Music Course, Early Childhood, Majesty Music Course, Communication, Problem-Solving.


Full Text:

PDF

References


Azizah, A., & Mayar, F. (2019). Peran Pendidik Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Seni Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1440–1444. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i6.380

Biesta, G. (2014). The Beautiful Risk of Education. Paradigm Publishers.

Budy, G. S. (2021). Akademi Lalare Orchestra Sebagai Pengembang Kreativitas Musik Pada Anak Di Kabupaten Banyuwangi. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 4(1), 11–19. https://doi.org/10.26740/vt.v4n1.p11-19

Citrowati, E., & Mayar, F. (2019). Strategi Pengembangan Bakat Seni Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1207–1211. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.343

Creswell, J. W. (2016). Research Design. SAGE Publications Sage CA: Los Angeles, CA.

Halimah, L. (2016). Musik Dalam Pembelajaran. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(2). https://doi.org/10.17509/eh.v2i2.2763

Herlina, I., Syukri, M., & Yuniarni, D. (2014). Peningkatan Kecerdasan Musikal Melalui Bermain Alat Musik Perkusi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(11).

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (Edition 3). Sage Publications.

Nasution, R. A. (2016). Pembelajaran Seni Musik Bagi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v4i1.60

Panggabean, A. J. (2013). Suatu Kajian Tentang Pengetahuan Dasar dan Kegiatan Keterampilan Seni Musik Untuk Mengembangkan Potensi Musik Anak Usia Dini. Jurnal Bimbingan Dan Konseling.

Permana, I. (2019). Sosialisasi Dan Internalisasi Dalam Pembelajaran Drum Anak-Anak (Studi Kasus Pengajaran Drum di Lembaga Kursus Musik West Brothers). Sorai: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 11(2). https://doi.org/10.33153/sorai.v11i2.2310

Prasetya, Y. O., Chulwah, D., Mubarokah, N. L., & Iswantiningtyas, V. (2017). Pengaruh Bermain Sianida (Suara, Irama, Dan Nada) Terhadap Kecerdasan Musik Anak Usia Dini. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(2), 56–67. https://doi.org/10.24269/jin.v2n2.2017.pp56-67

Saldana, J. (2015). The Coding Manual for Qualitative Researchers. Sage Publications Ltd.

Santosa, D. (2019). Urgensi Pembelajaran Musik Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Ikip Veteran, 26(1), 78.

Sari, A. P., & Grashinta, A. (2015). Pengaruh Jenis Musik Terhadap Performa Kognitif yang Menuntut Ingatan Jangka Pendek Pada Anak-anak Usia 7-11 Tahun. Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology, 2(2), 450–460. https://doi.org/10.24854/jpu22015-39

Sinaga, S. I. (2019). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Melalui Bermain Musik (Penelitian Tindakan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Tanjung Raja Tahun 2017). PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 75–90. https://doi.org/10.31851/pernik.v1i01.2626

Strauss, A. (1987). Qualitative Analysis for Social Scientists. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511557842

Yosep, W. (2004). Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Usia Dini (The Learning Of Creative Music In Early-Childhood Children). Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/harmonia.v5i1.829

Yumnah, S. (2016). Kecerdasan Anak Dalam Pengenalan Potensi Diri. Jurnal Studi Islam, 11(2), 22–34.




DOI: https://doi.org/10.24821/ekp.v13i1.13771

Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.