Badak Jawa sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Seni Lukis Dekoratif dengan Teknik Digital

Bryan Pramana Putra, Anak Agung Gde Rai Arimbawa, Abdul Rahman Prasetyo

Abstract


Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat beragam, terutama pada hewan endemiknya. Badak Jawa merupakan salah satu hewan endemik Indonesia yang terancam punah. Badak Jawa hanya dapat ditemukan di Pulau Jawa tepatnya pada Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. Terancam punahnya badak Jawa membuat pencipta prihatin dan terdorong untuk menjadikannya sumber inspirasi dalam memvisualisasikan objek badak Jawa ke dalam karya seni lukis digital bergaya dekoratif. Tujuan penciptaan karya ini adalah untuk mendeskripsikan konsep penciptaan karya seni lukis gaya dekoratif dengan teknik digital dari inspirasi badak Jawa sebagai ide kreasi seni, mendeskripsikan proses penciptaan karya seni lukis gaya dekoratif dengan teknik digital dari inspirasi badak Jawa sebagai ide kreasi seni, dan mendeskripsikan visualisasi hasil karya seni lukis gaya dekoratif dengan teknik digital dari inspirasi badak Jawa sebagai ide kreasi seni. Dalam menciptakan karya seni ini menggunakan metode penciptaan L. H. Chapman yang terdiri dari tiga tahapan, di antaranya adalah tahap permulaan, tahap penyempurnaan, dan tahap visualisasi. Karya yang dihasilkan yaitu karya seni lukis gaya dekoratif bertema badak Jawa sebanyak enam karya dengan judul sebagai berikut: 1. “Barang yang Berharga”, 2. “Diburu”, 3. “Menunggu”, 4. “Tersembunyi”, 5. “Ku Ingin Bebas”, dan 6. “Lestarikan”. Keenam karya dijadikan pencipta sebagai pembelajaran kepada masyarakat untuk lebih menjaga tempat konservasi badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon.

  

Javan Rhino as a Source of Inspiration for Decorative Painting with Digital Technique

ABSTRACT

Indonesia has a very diverse biodiversity, especially in its endemic animals. The Javan rhino is one of Indonesia's endemic animals that is threatened with extinction. Javanese rhinos can only be found on the island of Java, precisely in Ujung Kulon National Park, Banten. The endangerment of the Javan rhino made the creator concerned and encouraged to be a source of inspiration in visualizing the Javan rhino object into a decorative digital painting. The purpose of the creation of this work is to describe the concept of creating decorative style paintings with digital techniques from the inspiration of Javan rhino as an idea of art creation, describe the process of creating decorative style paintings with digital techniques from the inspiration of Javan rhino as an idea of art creation, and describe the visualization of the results of decorative style paintings with digital techniques from the inspiration of Javan rhino as an idea of art creation. In creating this artwork, I used L. H. Chapman's creation method, which consists of three stages, including the initiation stage, the refinement stage, and the visualization stage.  The resulting artworks are six decorative style paintings with the theme of Javan rhino,s with the following titles: 1. “Precious Goods”, 2. “Hunted”, 3. “Waiting”, 4. “Hidden”, 5. “I Want to Be Free”, and 6) “Preserve”. The six works are used by the creator as a lesson to the public to better protect the Javan rhino conservation area in Ujung Kulon National Park.

 

 


Keywords


badak Jawa, dekoratif, lukisan digital badak | Javan rhino, decorative, rhino digital painting

Full Text:

PDF

References


(YABI), Y. B. I. (2022). Javan rhino. Badak.or.Id. https://badak.or.id/research-and-education/javan-rhino/

Al-Bahrani, M. W. K., Ratnawati, I., & Prasetyo, A. R. (2022). Nilai pendidikan kesenian wayang Beber Pacitan sebagai ide penciptaan ilustrasi dekoratif digital. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(11), 1505–1524. https://doi.org/10.17977/um064v2i112022p1505-1524

Amaniswati, S. (2021). Emosi seorang perempuan saat premenstrual syndrome dalam seni lukis digital. Texture:Art and Culture Journal, 3(2), 100–106. https://doi.org/10.33153/texture.v3i2.3349

Asmawan, F. A. (2019). Perancangan buku ilustrasi digital painting “Culinary Experience of Malang” sebagai upaya mendukung potensi kuliner legendaris di kota Malang. MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(1), 8–16. https://doi.org/10.32664/mavis.v1i1.271

Chairunnisa, E. (2018). Peranan World Wide Fund for Nature (WWF) dalam upaya konservasi populasi badak Jawa di Indonesia. Global Political Studies Journal, 2(1), 72–87. https://doi.org/10.34010/gpsjournal.v2i1.2012

Dozan, M. A., & Cholis, H. (2020). Hubungan sungai dengan aktivitas manusia sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis. Jurnal Brikolase, 12(1), 1–20.

Handa Yani, T., & Maryono, H. (2013). Visualisasi cinta dalam lukisan bunga anggrek. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 2(2), 1–13.

https://doi.org/https://doi.org/10.24114/gr.v1i3.1078

Harmadji, Y., & Sugiarto. (2022). Tengkorak hewan dilindungi sebagai inspirasi karya seni vinette dengan teknik digital. Eduarts: Jurnal Pendidikan, 11(2), 58–72.

IR. (2023). Arti bunga mawar merah, tidak selalu dimaknai dengan cinta. Kumparan.Com. https://kumparan.com/pengertian-dan-istilah/arti-bunga-mawar-merah-tidak-selalu-dimaknai-dengan-cinta-21eqbe6kB3t/full

Irmawati, O., Hariyanto, H., & Prasetyo, A. (2022). Penciptaan seni lukis naturalistik wayang topeng Jatiduwur. Invensi, 7(2), 115–129. https://doi.org/10.24821/invensi.v7i2.6330

Khamdani, M. I. (2015). Badak Jawa sebagai sumber inspirasi dalam penciptaan seni kriya logam. Corak, 4(2), 129–135.

https://doi.org/10.24821/corak.v4i2.2368

Liman, H. L., Pragantha, J., & Haris, D. A. (2022). Pembuatan game hack-and-slash dengan deck building 2D “Need More Gold.” Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.24912/jiksi.v10i1.17833

Mistaram, Arimbawa, A. A. G. R., & Suru, I. M. (1991). Ragam hias Indonesia (buku penunjang perkuliahan). IKIP Malang.

MSD. (2023). 5 bunga lambang kesedihan menurut teori floriografi dan maknanya. Kumparan.Com. https://kumparan.com/berita-hari-ini/5-bunga-lambang-kesedihan-menurut-teori-floriografi-dan-maknanya-1zcCMIWPD0K/full

Nelson, N. (2016). Kreativitas dan motivasi dalam pembelajaran seni lukis. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 1(1), 42–58.

Noresy, M. A., Murtiyoso, O., & Mujiyono. (2016). Ilustrasi cerita rakyat Ande-Ande Lumut dalam karya lukis dekoratif pada media kulit kayu. Arty: Jurnal Seni Rupa, 5(1), 23–40.

https://doi.org/https://doi.org/10.15294/arty.v5i1.35106

Paramita, R., & Martadi, M. (2023). Pembelajaranseni lukis dengan media pillow cover kelas ix Mts Salafiyah. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 12(1), 211. https://doi.org/10.24114/gr.v12i1.45156

Ponimin, & Guntur. (2021). The COVID-19 war in ceramic arts: Navigating aesthetic and symbolic expressions. Aisthesis (Italy), 14(1), 81–99. https://doi.org/10.36253/AISTHESIS-12056

Ponimin, P., Triyono Widodo, & Nusantari, O. A. (2019). Pengembangan desain gerabah tradisional sentra pagelaran Malang dengan teknik aplikasi serat alam melalui program kemitraan masyarakat. Imajinasi Jurnal Seni, 13(2), 65–74. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/imajinasi.v13i2.21944

Pradana, G. W., & Mujiyono. (2023). Bangkai hewan sebagai inspirasi berkarya seni gambar teknik digital. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 12(2), 71–78.

Pratomo, T. J., & Gozali, A. (2021). Potret murung anjing kampung sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis. Sanggitarupa, 1(1), 81–91. https://doi.org/10.33153/sanggitarupa.v1i1.3841

Rahmat, U. M., Santosa, Y., & Kartono, A. P. (2008). Analisis preferensi habitat badak Jawa (Rhinoceros sondaicus, Desmarest 1822) di Taman Nasional Ujung Kulon. Jurnal Manajemen Hutan Tropika, 14(3), 115–124.

Sahman, H. (1993). Mengenali dunia seni rupa: Tentang seni, karya seni, aktivitas kreatif, apresiasi, kritik dan estetika. IKIP Semarang Press.

Sakti, F. A., Widodo, T., & Prasetyo, A. R. (2022). Penciptaan seni lukis semi-realis digital sebagai apresiasi terhadap pemuda penggiat kebudayaaan tradisional masa kini. Invensi, 7(2), 87–103.

https://doi.org/10.24821/invensi.v7i2.6344

Setiawan, H., & Tridjata, C. (2022). Badak Jawa Dalam Karya Patung Deformasi. Qualia, 2(1), 6–12. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/qualia.21.2

Sidyawati, L. (2017). Penciptaan motif batik khas pantai Malang Selatan melalui metode rantai stilasi kreatif berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Journal of Art, Design, Art Education And Culture Studies, 2(1), 36–46.

Suhayatmi, Y. (2021). Mengenal 5 karakter badak Jawa, satwa raksasa yang dilindungi. Travel.Okezone.Com.

http://travel.okezone.com/read/2021/09/22/25/2475391/mengenal-5-karakter-badak-jawa-satwa-raksasa-yang-dilindungi

Surasa, Sudarman, & Hayati, D. A. (2023). Penerapan teknik digital painting pada produksi film animasi 2 dimensi “Dreams.” KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 3(1), 32–33.

https://doi.org/10.51878/knowledge.v3i1.2195

Thejahanjaya, D., & Yulianto, Y. H. (2022). Penerapan psikologi warna dalam color grading untuk menyampaikan tujuan dibalik foto. Jurnal DKV Adiwarna, 11(1), 1–9.

Wijaya, H. (2010). Titik sebagai dasar penciptaan karya seni. Humaniora, 1(2), 253. https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2867

Wisnu, A. (2023). Deretan bunga yang melambangkan kesedihan mendalam. Floweradvisor.Co.Id. https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/22/163000865/6-bunga-yang-melambangkan-kesedihan?page=all#:~:text=Selain melambangkan kekuatan karakter%2C gladiol,%2C kuning%2C hijau juga orange.

Yunaldi, A. (2016). Ekspresi goresan garis dan warna dalam karya seni lukis. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 1(2), 46–51. https://doi.org/10.36982/jsdb.v1i1.124

Zharandont, P. (2015). Pengaruh warna bagi suatu produk dan psikologis manusia. Jurnal Ergonomi, 1–6.




DOI: https://doi.org/10.24821/invensi.v10i1.14183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 bryan pramana putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791

email : jurnal.invensi@isi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View my stat Visitors