Perancangan Motion Graphic sebagai Media Kampanye Tentang Bahaya Sampah Plastik

Candra Krida Mustika

Abstract


Sampah plastik menjadi ancaman serius bagi bumi di masa mendatang. Di sisi lain, penggunaan plastik sebagai bahan material produk ataupun kemasan tetap dibutuhkan masyarakat karena berbagai fleksibilitas dan efisiensi yang ditawarkan. Sampah plastik terbukti menjadi bahan yang mencemari lingkungan. Hal ini disebabkan karena plastik memiliki rantai karbon yang panjang, dan zat pada plastik tidak terurai dengan baik karena alam tidak menyediakan penguraian secara cepat. Plastik yang telah menjadi sampah membutuhkan 10-1.000 tahun lamanya untuk hancur dan terurai. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis menawarkan solusi dalam bentuk perancangan motion graphic berjudul “Planet Plastik” sebagai media komunikasi visual untuk mengkampanyekan tentang bahaya sampah plastik bagi kelangsungan hidup di masyarakat. Target audiens dari kampanye ini berusia sekitar 18–24 dan 25–34 tahun yang merupakan generasi Y dan Z. Proses perancangan motion graphic menggunakan metode double diamond. Perancangan motion graphic ini diawali dengan mengumpulkan data-data melalui teknik wawancara dengan pendiri Ecohalal, observasi langsung di Pasar Taman Griya, dan studi pustaka yang relevan. Karya berdurasi 120 detik ini mengangkat konsep “Dangerous & Hopeful” yang divisualisasikan menggunakan penggabungan gaya visual  flat design  dan impresionisme, sedangkan tipografinya menggunakan gaya huruf script cursive. Keunikan motion graphic ini adalah berupaya untuk mengkampanyekan sebuah pesan visual yang sarkastik dengan meniru bentuk visual dari sampah dengan produk-produk yang banyak menyumbangkan sampah plastik. Pesan visual sarkastik ini difungsikan sebagai kritik secara implisit kepada audiens dan juga produk-produk industri yang banyak menyumbang sampah plastik. Selain itu, perancangan ini juga berupaya mengomunikasikan pesan yang persuasif dengan mengajak audiens untuk berkontribusi mengurangi penggunaan sampah plastik.

 

 

Designing Motion Graphics as a Campaign Medium on the Dangers of Plastic Waste

ABSTRACT

Plastic waste poses a serious threat to the Earth in the future. On the other hand, plastic remains an essential material for products and packaging due to its flexibility and efficiency. However, plastic waste has been proven to be a major pollutant, as plastics contain long carbon chains and their components do not decompose easily because nature does not provide a rapid breakdown process. Plastic waste takes approximately 10 to 1,000 years to degrade and decompose. Based on this issue, the author proposes a solution in the form of a motion graphic design titled "Planet Plastic" as a visual communication medium to campaign about the dangers of plastic waste for the sustainability of life in society. The target audience for this campaign is individuals aged 18–24 and 25–34, representing Generation Y and Z. The motion graphic design process follows the Double Diamond method. The design process begins with data collection through interviews with the founder of Ecohalal, direct observations at Pasar Taman Griya, and relevant literature studies. The 120-second-long motion graphic adopts the concept of "Dangerous & Hopeful," which is visualized through a combination of flat design and impressionism, while the typography uses a script cursive style.The uniqueness of this motion graphic lies in its approach to delivering a satirical visual message by mimicking the appearance of waste with products that significantly contribute to plastic waste. This satirical visual message serves as an implicit critique directed at the audience and industrial products that generate large amounts of plastic waste. Additionally, this design aims to communicate a persuasive message, encouraging the audience to take part in reducing plastic waste.

 


Keywords


motion graphic, sampah plastik, edukasi | motion graphic, plastic waste, education

Full Text:

PDF

References


Abensur, S. I., Carlstron, R., Hoehne, J. L., Bachiega, H. L., & Schor, P. (2023). Double diamond approach helping multidisciplinary health research team to mitigate infrastructure limitations. Engineering Research Express, 5(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1088/2631-8695/acff3b

Amos, J. (2017). Bumi berubah menjadi “Planet Plastik.” BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/majalah-40665194

Angelina, M., & Jatisidi, A. (2021). Perancangan motion graphics sebagai media kampanye pencegahan anemia pada remaja putri. PANTAREI, 5(3), 1–8. https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/795

Anindita, M., & Riyanti, M. T. (2016). Tren flat design dalam desain komunikasi visual. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, 1(1), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25105/jdd.v1i1.1816

Bisnisukm, R. (2023). Bangun usaha kreatif dengan berdayakan 40 ibu rumah tangga! Bisnisukm.Com. https://bisnisukm.com/bangun-usaha-kreatif-dengan-berdayakan-40-ibu-rumah-tangga.html

Desideria, B., & Nurul, M. (2016). Puasa tak gentarkan semangat pasukan oranye. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/health/read/2529849/puasa-tak-gentarkan-semangat-pasukan-oranye

Dirgantara, S. (2022). Perancangan ikon bangunan bersejarah di Surabaya. Jurnal Bahasa Rupa, 5(2), 246–253.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31598/bahasarupa.v5i2.1063

Halifah, N., Syamsuri, A. S., & Wahid, A. (2024). Representasi bentuk sarkasme pada kolom komentar TikTok. Aufklarung: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 3(3), 21–28. https://etdci.org/journal/AUFKLARUNG/article/view/2052

Iradat, D. (2024). Warga RI juara satu kecanduan Hp di dunia, habiskan 6 jam sehari. CNN Indonesia.

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20240112200540-185-1048875/warga-ri-juara-satu-kecanduan-hp-di-dunia-habiskan-6-jam-sehari

Jambeck, J. R., Geyer, R., Wilcox, C., Siegler, T. R., Perryman, M., Andrady, A., Narayan, R., & Law, K. L. (2015). Plastic waste inputs from land into the ocean. Science, 347(6223), 768–771.

https://doi.org/https://doi.org/10.1126/science.1260352

Pangestu, R. (2019). Penerapan kampanye sosial dalam desain komunikasi visual. Besaung: Jurnal Seni, Desain Dan Budaya, 4(2), 159–165.

https://doi.org/https://doi.org/10.36982/jsdb.v4i4.796

Pratiwinindya, R. A., Alfatah, N., Nugrahani, R., Triyanto, T., Prameswari, N. S., & Widagdo, P. B. (2020). The use of interactive multimedia to build awareness against animal exploitation in environmental conservation education for children. The 5th Annual Applied Science and Engineering Conference (AASEC 2020), 1–9. https://doi.org/doi:10.1088/1757-899X/1098/3/032019

Safriani, M., Febrianti, D., Farizal, T., Rafshanjani, M. A., Salena, I. Y., Yusra, A., & Zakia. (2022). Sosialisasi pengurangan sampah plastik dan dampak sampah plastik pada siswa SMA 2 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. , 6(2), 449-454. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 6(2), 449–454.

https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jkam.v6i2.22975

Sema, D. (2018). Gerakan Impresionisme, Debussy, dan “Clair De Lune”: Sebuah refleksi terhadap perubahan. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 2(1), 61–73.

https://doi.org/https://doi.org/10.37368/ja.v2i1.61

Seruni, L. S. (2023). Pentingnya motion graphic dalam dunia pemasaran digital. Ruangkerja.Id. https://www.ruangkerja.id/blog/motion-graphic

Sirait, N., Maryam, S., & Priliantini, A. (2018). Pengaruh kampanye “Let’s Disconnect to Connect” terhadap sikap anti phubbing (Survei pada followers official account Line Starbucks Indonesia). Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3), 155–164.

https://doi.org/https://doi.org/10.31504/komunika.v7i3.1665

Utami, S. N. (2021). Artificial Intelligence (AI): Pengertian, Perkembangan, Cara Kerja, dan Dampaknya. Kompas.Com.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/07/05/121323869/artificial-intelligence-ai-pengertian-perkembangan-cara-kerja-dan?page=all

Wijayanti, C. L. (2021). Mendidik generasi millenial di era globalisasi. AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 100–111. https://doi.org/https://doi.org/10.37812/atthufuly.v1i2.401

Winarni, R. W., & Wardani, W. G. W. (2015). Produksi film animasi sebagai media kampanye anti kejahatan perdagangan manusia. Jurnal Desain, 3(1), 37–48. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain

Yang, H. (2023). The role of digital technology in the animation curriculum. International Journal of Education and Humanities, 8(2), 61–67. https://doi.org/https://doi.org/10.54097/ijeh.v8i2.7591

Yuniar, R. W. (2020). Larangan plastik di tengah PSBB Jakarta: “butuh terobosan baru” atur penggunaan plastik di belanja online. BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/majalah-53275980

Zainudin, A. (2021). Tipografi. Yayasan Prima Agus Teknik.

https://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/view/312




DOI: https://doi.org/10.24821/invensi.v10i1.14801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Candra Krida Mustika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791

email : jurnal.invensi@isi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View my stat Visitors