KOMODIFIKASI AGAMA PADA VISUALISASI DESAIN KEMASAN “HILO SOLEHA”

Monica Revias Purwa Kusuma

Abstract


Desain kemasan pada saat ini tidak hanya mempunyai fungsi melindungi produk tetapi juga mengkomunikasikan isi produk secara visual. Fenomena unik yang belakangan ini hadir di Indonesia yaitu menggunakan simbol-simbol agama pada desain kemasan produknya. Simbolsimbol agama yang digunakan dalam desain kemasan tersebut digunakan sebagai alat untuk mengubah nilai guna sebagai nilai jual. Hal tersebut biasa disebut sebagai komodifikasi agama. Salah satu contoh desain kemasan yang menggunakan simbol-simbol agama yaitu produk HiLo Soleha. Produk tersebut menggunakan simbol agama Islam pada desain kemasannya. Penelitian ini dapat memberikan pemahaman tentang pemaknaan tanda-tanda komodifikasi agama yang muncul melalui simbol-simbol agama yang dimasukkan ke dalam visualisasi desain kemasan. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa tanda-tanda komodifikasi agama yang terlihat pada sampel tersebut menggunakan model wanita berhijab, kata-kata, ornamen-ornamen, bentuk tulisan, serta warna yang merujuk pada agama Islam. Pada pemaknaan konotasi, tanda-tanda yang terdapat pada desain kemasan tersebut berguna untuk menunjukkan segmentasi pasar dan menjelaskan informasi produk secara lengkap. Selain itu, tanda-tanda komodifikasi agama Islam juga digunakan untuk membentuk mitos-mitos baru yang muncul. Mitos baru yang muncul juga didasari oleh mitosmitos lama yang telah ada sebelumnya dan diyakini oleh masyarakat Indonesia.

 

Nowadays, Packaging design not only to protect the product in it, but also have another function like communicate the content visually. Unique phenomenon happen lately in Indonesia, many product using packaging design that have a religion symbol on it. The use of religion symbol on packaging design is a medium to change the original trade value of the product into sales value. The use of religion symbol on packaging design is called religion commodification. Example of this thing can be seen on HiLo Soleha product. The product use Islamic symbol on their packaging. This research can provide an understanding of purport signs religion commodification rose through symbols religion put in visualization design packaging. The result of this research is an evidence and critical description of the use of religion symbol that mark the commodification of the sample. The commodification reveal from the hijab woman illustration, words, patterns, shape and color that refer to Islam religion symbol. In the connotative meaning, the signs on the packaging design is use to show the target market and to give information of the product completely. Beside of that, the sign of commodification islam religion is also use to construct a new myth. New myth is emerging constituted by old myth which have pre-existed and believed by Indonesia’s society.


Keywords


desain kemasan, semiotika, komodifikasi agama, desain komunikasi visual, mitos; packaging design, semiotic, religion commodification, visual communication design, myth

Full Text:

PDF

References


Barthes, Roland. (1981). Elemen of Semiology, Hill and Wang, New York.

_____________.(1983). Mythologies, Granada, London

Berger, Arthur Asa. (1984), Signs in Contemporary Culture : An Introduction to

Semiotics atau Pengantar Semiotika Tanda-tanda Kebudayaan Kontemporer,

terjemahan M. Dwi Marianto. (2010), Tiara Wacana, Yogyakarta

Craig, James. (2006), Designing with Type : The Essential Guide of Typography, WatsonGuptil,

New

York

Klimchuk, Marianne Rosner & Sandra A. Krasovec. (2006), Packaging Design Succesfull

Product Branding from Concept to Shelf atau Desain Kemasan Perencanaan Merek

Produk yang Berhasil Mulai Dari Konsep Sampai Penjualan, terjemahan Bob

Sabran. (2007), Erlangga, Jakarta

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja

Rosdakarya

Mosco, Vincent. (2010), The Political Economy of Communication 2 Edition, Sage

Publication, London.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. (2010), Nirmana Elemen-elemen Seni dan Desain, Jalasutra,

Yogyakarta

Sobur, Alex. (2013). Semiotika Komunikasi, Penerbit Rosda, Bandung

Sumarwan, Ujang. (2014), Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam

Pemasaran, Ghalia Indonesia, Bogor.

Tinarbuko, Sumbo. (2009), Semiotika Komunikasi Visual, Jalasutra, Yogyakarta.

____________________ (2015), Dekave : Desain Komunikasi Visual, CAPS,

Yogyakarta.

Walker, John A. (2010) , Desain, Sejarah, Budaya Sebuah Pengantar Komprehensif,

Jalasutra, Yogyakarta.

Marx, Karl, 1977, Selected Writing, ed. David Mclellan, Oxford University Press, Oxford.

Meyer, Ralph. (1975), A Dictionary of Art Term and Techniques, Thomas Y. Crowell

Company, New York

Yuswohady. (2015), Marketing To The Middle Class Muslim, PT. Gramedia Pustaka

Utama, Jakarta.

www.nutrifood.co.id diakses pada tanggal 27 Desember 2015 Jam 19.56

www.hilo.co.id diakses pada tanggal 28 Desember 2015 Jam 21.39

http://www.siperubahan.com/read/277/Komodifikasi-Agama-dalam-Budaya-Populer-

Indonesia diakses pada tanggal 29 Desember 2015 Jam 22.46

http://indahsangpemimpi.blogspot.com/2013/03/media-massa-sebagai-sebuah-

industri_4.html diakses pada tanggal 6 Januari 2016 Jam 23.20

http://www.duniaislam.org/ , Perbedaan Jilbab, Hijab, Khimar dan Kerudung, diakses

pada tanggal 12 Maret 2016

www.dgi-Indonesia.com diakses pada tanggal 11 Maret 2016




DOI: https://doi.org/10.24821/invensi.v1i1.1610

Article Metrics

Abstract view : 351 times
PDF - 688 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi/Tata Usaha

Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Jl. Suryodiningratan No. 8 Yogyakarta 55143

Tlp/Fax : (0274) 419791

e-mail : jurnal.invensi@isi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View my stat Visitors