ANALISIS STRUKTURAL STIKER DIGITAL LINE POCONG PINKY

Happy Yugo Prasetiya

Abstract


Stiker digital menjadi sarana baru dalam berkomunikasi melalui aplikasi penyampaian pesan. Stiker digital Pocong Pinky menjadi objek material utama karena memiliki konsep visual yang khas tentang kepercayaan mistis di Indonesia. Melalui analisis struktural sebagai pisau bedah, bisa membantu evaluasi terhadap objek material stiker digital. Sehingga stiker digital bisa menjadi sarana komunikasi bersifat visual yang mengandung nilai tertentu di dalamnya. LINE sebagai lembaga penyedia jasa sekaligus produk berperan penting pada perkembangan stiker digital, menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam pembahasan. Penelitian ini melalui pengamatan terlibat dalam penggunaan aplikasi LINE dan stiker digital Pocong Pinky. Dari data-data dari objek penelitian, didapat hasil bahwa kreator stiker digital yang memiliki subjektifitas karya terikat aturan-aturan dalam berkarya yang diajukan oleh lembaga penyedia layanan yaitu LINE. Namun yang terpenting gagasan karya kreator pada penelitian ini memberikan perspektif dan nilai baru dalam mengangkat karakter makhluk mistis yang pada awalnya menakutkan bagi masyarakat dikemas dengan lucu, menyenangkan, dan menghibur.

Keywords


stiker digital line, surface structure, deep structure, pocong pinky

Full Text:

PDF

References


Ahimsa-Putra, Heddy Shri. 2013. “Strukturalisme Lévi-Strauss, Mitos dan

Karya Sastra”. Yogyakarta: Kepel Press

Koentjaraningrat. 2009. “Pengantar Ilmu Antropologi (Edisi Revisi 2009)”.

Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Langer, Suzanne K. 2006. “Problematika Seni”. Terjemahan FX.

Widaryanto, Bandung: Sunan Ambu Press

Lévi-Strauss. 1963.” Structural Antrophology”. New York: Basic Books

Lim, Sun Sun. 2015. “On Stickers and Communicative Fluidity in Social

Media”. Social Media + Society Vol 1.SAGE journals.

Mahawerawat, Nattaporn., and Khamwon, Anon. 2016. “Characteristics

of Sticker LINE, Electronic Word Of Mouth, And Intention To Buy”. Conference of the Internasional Journal of Arts & Science.09(01), 275-

Peng, Cai-wei. 2015. “Is a Sticker Worth a Thousand Words? The

Intimacy Effect of Stickers in Mobile Messaging Application LINE”.

[Thesis]. Taiwan: Departement of Communications Management,

National Sun Yat-sen University.

Stark, Luke. 2015. “The Conservatism of Emoji: Work, Affect, and

Communication”. Social Media + Society Vol 1.SAGE journals.

Su, Yu-Ting. 2015. “A Study on In-App Purchase Intention of Emotion

Stickers for Messaging Software- The Case of LINE”. [Thesis].

Taiwan: Departement of Information Management, National Sun

Yat-sen University.

Sugiharto, Bambang. 1996. “Postmodernisme: Tantangan bagi Filsafat”.

Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius




DOI: https://doi.org/10.24821/invensi.v1i2.1613

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Happy Yugo Prasetiya



Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791

email : jurnal.invensi@isi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View my stat Visitors