PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PENGENALAN TOKOH WAYANG KULIT PUNAKAWAN YOGYAKARTA MELALUI CIRI FISIKNYA

Novida Nur M. Arif

Abstract


Wayang kulit memiliki pesan moral yang masih relevan sampai zaman ini. Hal ini juga terdapat pada tokoh Punakawan. Para tokoh asli nusantara ini menyimpan ajaran kehidupan yang merupakan hasil pemikiran atau falsafah Jawa. Secara ikonografi, setiap tokoh memiliki atribut khas pada anggota tubuhnya dan mengandung ajaran pembentukan karakter. Akan tetapi minat pada wayang kulit khususnya Punakawan sudah menurun terutama pada generasi muda. Genarasi muda yang mewarisi budaya tradisi perlu dikenalkan supaya menumbuhkan rasa apresiasi, yang nantinya diharapkan turut serta menjaga dan melestarikannya.

Keywords


Punakawan, atribut, ikonografis, ajaran, generasi muda

Full Text:

PDF

References


AK, Soetarno. 1989. Ensiklopedi Wayang. Solo: Dahara Proze.

Balai Bahasa. 1991. Ensiklopedi Wayan. Jakarta: Balai Bahasa.

Berger, Arthur Asa. 2000. Tanda-Tanda dalam Kebudayaan Kontemporer. Yogyakarta:

Tiara Wacana Yogya

Danesi, Marchel. 2010. Pesan, Tanda, dan Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Kasilo, Djito. 2008. Komunikasi Cinta. Jakarta: PT Gramedia.

Koentjaraningrat. 1980. Sejarah Antropologi I. Jakarta: Universitas Indonesia.

Kresna, Ardian. 2002. Punakawan Simbol Kerendahan Hati Orang Jawa. Yogyakarta:

Narasi.

Lippincot, J.K. April 2011. Net Generation adn Libraries di Education the Net

Generation. Diana G. Obliner & James L. Oblinger (Eds). S.I: Educause.

Mulyono, Sri. 1979. Simbolisme dan Mistikisme dalam Wayang. Jakarta: CV Haji

Masagung.

_______. 1975. Wayang: Asal-usul, Filsafat dan Masa Depannya. Jakarta: CV Haji

Masagung.

Panofsky, Erwin. 1955. Meaning in the Visal Arts. Garden City, N.Y.: Doubleday &

Company, Inc.

Piaget, Jean. 1995. Struktiralisme. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Poespoprodjo, W. 2004. Hermeneutika. Bandung: Pustaka Setia.

Pranoto, Tjaroko HP Teguh. 2007. Semar: Ajaran Hidup, Tuntuan Luhur, Piwulang

Agung. Solo: Kuntul Press.

Ricouer, Paul. 2006. Hermeneutika Ilmu Sosial. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Singh, Anjali. 2014. “Challenges and Issues of Generation Z”. IOSR Journal of Business

and Management (IOSR-JBM), Volume 16, Issue 7. Ver. I. July 2014.

Sumukti, Tuti. Semar: Dunia Batin Orang Jawa. Yogyakarta: Galang Press.

Sunarto. 2012. Punakawan Nusantara. Yogyakarta: Lembaga Penelitian ISI Yogykarta.

______. 2012. Punakawan Yogyakarta. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogykarta.

______. 2008. Seni Tatah Sungging Kulit. Yogyakarta: Prastista.

______. 2014. Seni Tatah Sungging Kulit. Yogyakarta: Cipta Media.

______.2009. Wayang Kulit Purwa. Yogyakarta: Arindo Offset.

Tinarbuka, Sumbo. 2008. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Tanudjajan, Bing Bedjo. 2013. Estetika Visual dan Makna Punakawan wayang Kulit

Purwa: Semar, Gareng, Petrukm dan Bagong. Yogyakarta: PPS ISI Yogyakarta.

Yurisaldi, Arman. 2015. Rahasia Kebudayaan Jawa. Yogyakarta.

Gibson, Kristin. 2013 Generation Z, The next generation of college students. NIRSA

School of Collegiate Recreation. Online:

https://www.jmu.edu/recreation/_files/presentations/gen-z-social-media.pdf

Half, Robert. Get Ready for Generation Z. Online:

https://www.roberthalf.com/sites/default/files/Media_Root/images/rhpdfs/rh_0715_wp_genz_nam_eng_sec.pdf

Razdan, Rohit. November 2013. Indonesia Consumer Report 2014.

McKinsey&Company. Online:

http://www.mckinsey.com/~/media/McKinsey%20Offices/Singapore/Indonesia%20

Consumer%20Report%202014.ashx




DOI: https://doi.org/10.24821/invensi.v2i1.1809

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Novida Nur M. Arif



Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791

email : jurnal.invensi@isi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View my stat Visitors