Fujoshi Ala Indonesia dalam Penciptaan Komik

Yueni Andri Ani

Abstract


Permasalahan Fujoshi bukan hal baru lagi, beberapa jurnal pendidikan banyak yang
mengangkatnya sebagai pembahasan. Namun dari semua itu, belum ada hasil yang
terlihat karena sebagian besar hanya berupa riset tanpa adanya upaya nyata. Dalam
penciptaan desain komunikasi visual, dimana perlu dilakukan adanya riset, analisis,
dan pemecahan masalah dalam bentuk nyata maka akan memungkinkan adanya
hasil yang berbeda. Upaya dalam penciptaan ini akan menggunakan komik sebagai
salah satu media yang paling dekat dengan target, untuk digunakan sebagai cara
menyampaikan pesan tentang bagaimana perkembangan fujoshi di Indonesia,
bagaimana media bermuatan yaoi ini berpengaruh pada para fujoshi, serta beberapa
pemicu kenapa fenomena ini mudah sekali berkembang, juga akan dibahas dalam
artikel ini.


Fujoshi's problem is not new anymore, some educational journals many of which
raised it as a discussion. But all of that, there is no visible result because most of it
is just research without any real effort. In the visual comunication of designs, where
need presence of research, analysis and problem solving in the real form it may be
will allow for different results. Efforts in this creation will use comics as one of the
media closest to the target, will used to convey the message of how the development
of fujoshi in Indonesia, how the media charged yaoi affect the fujoshi, as well as
some triggers why this phenomenon is easy to develop, also will discussed in this
anticle.

Keywords


desain, media, fujoshi, komik

Full Text:

PDF

References


Dewi, Putri Andam. 2012 “Komunitas Fujoshi di Kalangan Perempuan Indonesia”.

Jurnal LINGUA CULTURA, Vol.6 No.2: 173-182

Tanaka, Hiromi dan Saori Ishida. 2015. “Enjoying Manga as Fujoshi: Exploring it’s

Innovation”. International Journal of Behavioural Science, Vol 10, Issue 1: 7785

Beauvoir, Simone de. 2016. Second Sex: Kehidupan perempuan.Yogyakarta: PT. Buku

Seru.

Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tinarbuko, Sumbo. 2008. Semiotika Komunikasi Visual. Jalasutra.

M.A, Dr. Sumanto. 2014. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. Buku Seru.

McCould, Schoot. 2006. Making comic story telling secret of comic, manga and graphic

novel. United States of America: Harper Collins Publishers.

Dewi, Karlina Tamara. 2014. Gambaran Perilaku Seksual Fujoshi Usia Remaja”.

[Skripsi] Psikologi: Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana.

Aoi, Astia. (2015) Pengertian Yaoi, Seme/ Uke, dan Doujinshi. Didapat dari

http://fujodanshiworld.blogspot.co.id/

Annisalcha576.( 2017) Dunia Yaoi. Didapat dari: http://my.w.tt/UiNb/4yhcJjn4EG

Christina Andika Setyati (2017) Studi: Sosial Media yang Paling Buruk untuk

Kesehatan Mental

Didapat dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170530100419-255218160/studi-sosial-media-yang-paling-buruk-untuk-kesehatan-mental/

Fletcher, James (2015)Komik seks anak di Jepang, dicintai dan dibenci.

Didapat dari:

http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/01/150107_majalahlain_manga_jep

ang

Guhmanaff. (2015) [Kisah] Fujoshi dan Fudashi Bandung. Didapat dari

http://www.suarakita.org/2015/03/kisah-fujoshi-dan-fudanshi-bandung/

Komunitas Otaku Indonesia, (2015) “Apa itu Fujoshi?” Didapat dari: http://forumanimeindo.com/koi/index.php?threads/apa-itu-fujoshi-istilah-di-anime-manga.22/

MUSICL0V3R.(2014).Curhatan para Fujoshi & Fudashi. Dalam pembicaraan fujoshi

dan Fudashi. Didapat dari:

https://www.kaskus.co.id/thread/52e4bc171bcb1709688b46cb/curhatan-parafujoshi-amp-fudanshi/

Signum. (2014). 20Fujoshi Ditangkapdi ChinaKarenaTelahMembuat FanFictionHomoerotis.

Dalamlaranganchinaterhadapfujoshi.

Didapat dari http://jurnalotaku.com/2014/04/27/20-fujoshi-ditangkap-di-dhina-karena-telahmembuat-fan-fiction-homoerotis/

Winduwati, Septia. (2015)Fujoshi remaja dan kenikmatan bermedia yaoi (Studi kasus

pada remaja putri penggemar fiksi romantis homoerotis Jepang)[penelitian]: ilmu

komunikasi, universitas taruma negara. Dalam lingkungan yang mempengaruhi

fujoshi. Didapat dari: http://repository.untar.ac.id

Wikipedia. (2016). Efek Media. Didapat dari https://id.wikipedia.org/wiki/Efek_media

Wikipedia. (2017) “Fujoshi” Didapat dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Fujoshi

Wikipedia. (2017). 9 teori dampak media. Didapat dari

https://id.wikipedia.org/wiki/9_Teori_Dampak_Media#Teori_Dampak_Media_d

an_I nteraksi_Manusia_dengan_Komputer

Women Movement Institute. (2015 ) Teori- teori feminisme. Didapat dari:

https://web.facebook.com/WomenMovement.Institute/posts/1690981821119745?

_rdc=1&_rdr




DOI: https://doi.org/10.24821/invensi.v3i1.2104

Article Metrics

Abstract view : 2452 times
PDF - 2578 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yueni Andri Ani



Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791

email : jurnal.invensi@isi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View my stat Visitors