Restricted Narration pada Penciptaan Iklan Layanan Masyarakat “Remaja Anti Narkoba”
Abstract
dibuat berdasarkan pengamatan sosial yang sedang terjadi di Indonesia, dengan
judul karya “Restricted Narration (Penceritaan terbatas)Pada Penciptaan Iklan
Layanan Masyarakat “Remaja Anti Narkoba”. Karya iklan ini menggunakan metode
restricted narration (Penceritaan terbatas) dalam penyampaian ceritanya, sehingga
selalu ada informasi penting yang dirahasiakan dari penonton dan akan ditampilkan
pada saat yang tepat. Penerapan restricted narration pada iklan ini adalah melalui
penceritaan tokoh utama yang selalu menggambarkan sebuah kehidupan seorang
pelajar yang terlihat baik-baik saja dengan keluarga yang harmonis, namun pada
kenyataannya, pelajar tersebut adalah seorang pengguna narkoba yang dihantui
hukum dan akan menjemput kematian.
This public service advertisement is a final assignment work of visual audio art
which is based on the social observations that are taking place in Indonesia, with
the title of the work “Penggunaan Restricted Narration (Penceritaan terbatas) pada
Penciptaan Iklan Layanan Masyarakat Remaja Anti Narkoba”. This advertisement
work used restricted narration method (penceritaan terbatas) to display its story, so
that there was always important information that kept hidden from viewer and
would be revealed at the right moment. The application of restricted narration in
this advertisement is through main character’s story that was described as a student
with a good life and harmonious family, but in reality that student is a drug user that
would always haunted by laws and will die.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ausubel. 1965. Theories and Problems of Adolescent Development. New York.
David Bordwell, K. T. 2008. David Bordwell. Style (DeKalb, IL)(8th ed., Vol. 8).
Deddy Mulyana. 2007. Ilmu Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.
Eleanora, F. N. 2011. Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Serta Usaha Pencegahan dan
Penanggulangannya. Journal Hukum, XXV (1), 439–452.
Hadiyanto, D. S. R. 2007. Psikologi Perkembangan, Pengantar dalam Berbagai
Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Hakim, B. 2006. Lanturan Tapi Relevan. Yogyakarta: Galang Press.
Kementerian Kesehatan RI. 2011. Infodatin Narkoba 2011.
Kholik AF, A. M. 2011. Makalah Penegakan Hukum Narkoba. Yogyakarta: Fakultas
Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Mayasari, Novi. 2007. Irama Visual dari Toekang Reklame Sampai Komunikator Visual.
Yogyakarta: Jalan Sutra.
Kleper, Otto. 1999. Pengantar Periklanan. Jakarta: Penerbit Nusa Indah Jakarta.
Pemerintah Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35
Tahun 2009 Tentang Narkotika. Undang-Undang Republik Indonesia, 1–92.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sholihah, Q. 2015. Efektivitas Program P4Gn Terhadap Pencegahan Penyalahgunaan
Napza. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 153.
https://doi.org/10.15294/kemas.v10i2.3376
Suprapto, T. 2006. Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta: Media Pressindo.
Sutedjo, & Hadiwasito. 2002. Penyusunan Pesan. Makalah Pendidikan Creative dan
Account. PPPI: Jawa Tengah.
Suyanto, M. 2005. Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia.
Yogyakarta: Penerbit Andi.
bnn.go.id. (2011). www. Retrieved from www.bnn.go.id/dampak/narkoba/dan jenis-
jenisnya
www.internasional.kompas.com/read/2011/11/01/2004414/Kalangan.Pelajar.Empat.Besar
. Pemakai.Narkoba
Hasil karya Seni
ILM Remaja “anti narkoba”
Iklan Versi 1 : https://www.youtube.com/watch?v=hCzvGHC9-gg
Iklan Versi 2 : https://www.youtube.com/watch?v=iAs41cXch3M
DOI: https://doi.org/10.24821/invensi.v3i1.2108
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 I Wayan Nain Febri
Editorial Address:
Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta
Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia
Telp./Fax: 0274 419791
email : jurnal.invensi@isi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View my stat Visitors