Penciptaan Seni Lukis Semi-Realis Digital sebagai Apresiasi Terhadap Pemuda Penggiat Kebudayaaan Tradisional Masa Kini

Firstyan Artista Sakti, Triyono Widodo, Abdul Rahman Prasetyo

Abstract


Pola hidup pemuda penggiat kebudayaan tradisional yang dapat bersinergi dengan masa kini perlu diapresiasi dalam karya. Hal itu disebabkan oleh pemuda penggiat kebudayaan tradisional di masa kini menawarkan pola hidup yang dapat memanfaatkan kecanggihan zaman dan nilai luhur kebudayaan tradisional. Apresiasi dilakukan untuk menghargai pencapaian tersebut serta memberi wawasan tentang keberadaan pemuda penggiat kebudayaan tradisional kepada penikmat karya. Metode yang digunakan adalah empat tahap penciptaan milik Catharina Patrick. Tahapan tersebut antara lain, tahap persiapan, tahap penetasan, tahap inspirasi, dan tahap pengembangan. Seni lukis digital dengan corak semi realis dipilih sebagai bentuk perwujudan karya. Hasil dari keseluruhan proses penciptaan kali ini adalah enam karya lukis digital yang dicetak pada neon box.

 

Digital Semi-Realist Painting Creation as an Appreciation for Youth Activists of Today's Traditional Culture

Abstract

The accomplished lifestyle of young traditional culture activists that could be synergized with the current situation should be appreciated through artwork. It was because the young traditional activists in the current situation offer a lifestyle that could optimize the recent development with the great value of traditional culture. The appreciation is created to value that achievement as well as give some insights about the existence of the young traditional culture activist to the artwork appreciator. The methodology used in this research is based on Catharina Patrick's four stages of creation, which were the preparation stage, idea emergence stage, inspiration stage, and development stage. The digital paintings with semi-realism visualization were selected as a medium for the artwork's embodiment. This creation process results are six digital paintings applied to neon boxes.


Keywords


seni lukis digital, corak semi realis, pemuda penggiat kebudayaan tradisional | digital paintings, semi realism style, young traditional culture’s activists

Full Text:

PDF

References


Agustina, I. A., & Angkawijaya, Y. (2019). Fenomena Swafoto Dan Pengaruhnya Terhadap Budaya Visual Pada Estetika Interior Ruang Komersial. Jurnal Desain Interior, 4(1), 37–48. https://iptek.its.ac.id/index.php/jdi/article/view/5242

al Qardh, J., Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). PERKEMBANGAN SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI INDONESIA. JURNAL AL-QARDH, 4(1), 60–75. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/qardh/article/view/1442

Amajida, F. D. (2016). KREATIVITAS DIGITAL DALAM MASYARAKAT RISIKO PERKOTAAN: STUDI TENTANG OJEK ONLINE “GO-JEK” DI JAKARTA. Informasi, 46(1), 115–128. https://doi.org/10.21831/INFORMASI.V46I1.9657

Bintari, P. N., & Darmawan, C. (2016). PERAN PEMUDA SEBAGAI PENERUS TRADISI SAMBATAN DALAM RANGKA PEMBENTUKAN KARAKTER GOTONG ROYONG. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 25(1), 57–76. https://doi.org/10.17509/JPIS.V25I1.3670

Candra, W., Setiawan, D., & Fajrie, N. (2020). Perkembangan Sikap Sosial Anak melalui Proses Apresiasi terhadap Tradisi Sambatan di Desa Dermolo, Jepara. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 57–64. https://doi.org/10.21831/DIDAKTIKA.V3I1.30932

Gombo, E., Hermawan, M. A., Yustinus, N., & Helyanan, N. (2020). RANCANG BANGUN DISPLAY PAPAN NAMA POLITEKNIK AMAMAPARE MENGGUNAKAN NEON BOX DAN PENERANGAN JALAN KAMPUS BERBASIS TENAGA SURYA. Jurnal Teknik AMATA, 1(1), 15–19. https://ojs.pat.ac.id/index.php/Amata_amamapare/article/view/ento%20gombo

Hadi, S. (2017). Revitalisasi Tari Tradisional - Y. Sumandiyo Hadi - Google Buku. https://books.google.co.id/books?id=vYCFDwAAQBAJ

Kartika, D. S. (2007). ESTETIKA (pertama). Rekayasa Sains Bandung.

McCloud, S. (2008). Memahami komik - Scott McCloud - Google Books. Kepustakaan Populer Gramedia. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=KK5-g72wjMIC&oi=fnd&pg=PT5&dq=ikon+scott+mccloud&ots=X9_IzTmumS&sig=TFEwxZysVfEZyW_TI7xIMF8yRCA&redir_esc=y#v=onepage&q=ikon%20scott%20mccloud&f=false

Ngafifi, M. (2014). KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN POLA HIDUP MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/JPPFA.V2I1.2616

Parongpong, M. U. (2020). KEBUDAYAAN KAMPUNG ADAT BANCEUY DESA SANCA KECAMATAN CIATER KABUPATEN SUBANG. Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 17(1), 43–57. https://doi.org/10.15575/AL-TSAQAFA.V17I1.9004

Program, S. A., Seni, S., Murni, R., Rupa, S., Desain, D., Yuni, D., & Program, K. (2020). EMOSI SEORANG PEREMPUAN SAAT PREMENSTRUAL SYNDROME DALAM SENI LUKIS DIGITAL. TEXTURE :

Art and Culture Journal, 3(2), 100–106. https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/TXT/article/view/3349

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 4(1), 62–72. https://doi.org/10.31289/SIMBOLLIKA.V4I1.1474

Shaath, M. Z., Al-Hanjouri, M., Naser, S. S. A., & ALdahdooh, R. (2017). Photoshop (CS6) Intelligent Tutoring System. International Journal of Academic Research and Development, 2(1), 81–86. https://philpapers.org/rec/SHAPCI-2

Suprihatin, siti. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 3(1). https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/144

Wakik, A. (2019). Gaya Ilustrasi Semi Realis dalam Perancangan Buku Ilustrasi dan Promosi Sejarah Gerbong Maut Bondowoso. http://repository.isi-ska.ac.id/




DOI: https://doi.org/10.24821/invensi.v7i2.6344

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Firstyan Sakti



Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791

email : jurnal.invensi@isi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View my stat Visitors