Kreativitas Wahyu Santosa Prabowo dalam Penggarapan Dramatari Sunan Kalijaga
Abstract
RINGKASAN
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas Wahyu Santosa Prabowo dalam menggarap dramatari Sunan Kalijaga. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas Wahyu dalam penggarapan dramatari Sunan Kalijaga tampak pada kemampuannya dalam memecahkan masalah ketika diminta menggarap sebuah karya tari yakni dengan cara memilih perjalanan spiritual Sunan Kalijaga sebagai ide garap tari. Ide kreatif muncul karena adanya beberapa aspek yang turut menunjang kreativitas. Di antaranya adalah keterlibatannya ketika dipercaya untuk menggarap karya tari di Universitas Michigan, kepekaan Wahyu dalam memahami situasi seperti memahami kemampuan penari dan pengrawit yang semua merupakan mahasiswa asing, dan perhatiannya untuk menampilkan seni Jawa yang digarap dengan memadukan nuansa Islam di negeri Paman Sam. Kreativitas juga tampak pada serangkaian proses kreatif penciptaan tari yang ia lakukan, yang terdiri dari proses eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Dari adanya ide kreatif yang muncul dan serangkaian proses kreatif yang telah dilakukan tersebut tersebut terwujudlah bentuk sajian dramatari Sunan Kalijaga yang kental dengan nuansa Jawa dan Islam dengan penari dan pengrawit yang terlibat kebanyakan merupakan mahasiswa asing.
ABSTRACT
Wahyu Santosa Prabowo’s Creativity in The Creation of Sunan Kalijaga Dance Drama. This article aims to describe the creativity of Wahyu Santosa Prabowo in the creation of Sunan Kalijaga dance drama. This research uses a qualitative approach with a descriptive qualitative method. The data are collected through observation, interview, and documentation techniques. The finding of this research shows that Wahyu’s creativity in creating Sunan Kalijaga dance drama is showcased in his problem-solving ability upon being asked to create a dance drama by choosing the spiritual journey of Sunan Kalijaga as the core idea for the dance. Such creative idea appears due to a number of aspects which support creativity. Among those aspects are his involvement when trusted to work on a dance in The University of Michigan, his sensitivity in grasping the situation such as knowing well about the skills and ability of the dancers and narrators even though the majority were foreign students, as well as his attention to show Javanese art which was created with Islamic nuance in The United States of America. His creativity is also visible in a set of creative processes while creating the dance, which includes exploration, improvisation, and formation. Thus, this resulted in the emergence of creative idea which led to the creation of dance drama of Sunan Kalijaga with its thick nuance of Javanese and Islamic culture, and with dancers as well as narrators who were mostly foreign students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR SUMBER ACUAN
Hadi, Y. S. (2003). Aspek-Aspek Dasar Koreografi Kelompok. ElKaphi.
Hawkins, A. M. (2003). Bergerak Menurut Kata Hati: Metode Baru dalam Menciptakan Tari, terj. I Wayan Dibia. Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.
Langer, S. K. (2006). Problematika Seni terjemahan FX. Widaryanto. Sunan Ambu Press.
Mulyani, A., & Rosilawati, R. (2020). Kreativitas Rd. Tjetje Somantri dalam Tari Puja. Panggung, 30(1), 70–86.
https://doi.org/10.26742/panggung.v30i1.1144
Murgiyanto, S. (1983). Koreografi Pengetahuan Dasar Komposisi Tari. Departemen Pendidikan dan kebudayaan.
Murgiyanto, S. (2004). Tradisi & Inovasi Beberapa Masalah Tari di Indonesia. Wedatama Widya Sastra.
Murgiyanto, S. (2017). Kritik Pertunjukan dan Pengalaman Keindahan Edisi Baru. Program Studi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan Komunitas Senrepita.
Resi, L. A. (2014). Estetika Tari Kukilo Gaya Surakarta Gubahan S.Maridi. Greget, 13(1), 30–48.
Soedarsono. (1978). Diktat Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Akademi Seni Tari Indonesia
DOI: https://doi.org/10.24821/joged.v23i1.12762
Article Metrics
Abstract view : 102 timesPDF - 34 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats