Assessment Ergonomi Desain Furniture Sektor Publik Pada Masa Pandemi Covid 19

Bambang Pramono

Abstract


Fenomena desain interior dan elemen pengisi ruang pelayanan publik merupakan hal yang menarik untuk dikaji lebih jauh, sektor pelayanan publik bertujuan mensejahterakan kehidupan masyarakat dalam pemenuhan kepentingan sehari-hari. Aspek ergonomi serta antropometri menjadi hal penting dalam mengkaji penerapan desain furniture pelayanan publik di masa pandemi Covid-19 agar aktifitas pelayanan publik tersebut dapat tetap beroperasi dengan efektif, nyaman, aman dan efisien selama masa pandemi ini. Data serta kajian mengenai dimensi, ukuran dan bahan furniture yang dipakai pada fasilitas publik merupakan muara dalam membedah kasus desain interior pelayanan publik di Yogyakarta. Untuk memberi ulasan mengenai antropometri terutama dalam memperoleh data mengenai posture kerja baik bagi pemberi jasa maupun penerima jasa publik. Pelayanan publik di kota Yogyakarta sebagai salah satu tempat yang memfasilitasi pelayanan publik beraktifitas bagi masyarakat, perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius mengingat kondisi pandemic yang sampai saat ini masih berlangsung namun proses pemenuhan kebutuhan publik harus tetap berjalan. Fasilitas publik yang merupakan elemen interior berupa tempat duduk, meja layanan dan lainnya memiliki peranan penting dalam kegiatan pelayanan publik, penelitian ini akan menginvestigasi furniture pelayanan publik yang hasilnya akan dijadikan pedoman untuk memeberikan usulan desain furniture pelayanan publik di masa pandemic

Full Text:

PDF

References


Laksmi Kusuma Wardani. (2003). EVALUASI ERGONOMI DALAM PERANCANGAN. Jurnal Dimensi Interior, Vol 1 No. 1, 61-73.

McAtamney, L.,and Corlett E. N.,. (2004). RULA: A Survey Based Method for The Investigation of Work Related Upper Limb Disorders. Applied Ergonomic, 24 (2), 91- 92.

Sanders, Ms. and Mc. Cormick, Ernest J.,,. (1992). Human Factors in Engineering. New York: Mc. Graw-Hill Book Co.

Septiani, Maya. (t.thn.). Urgensitas Penelenggaraan Pelayanan Publik yang Dinamis dalam Menghadapi Wabah Covid-19. Diambil kembali dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--urgensitas-penyelenggaraan-pelayanan-publik-yang-dinamis--dalam-menghadapi-wabah-covid-19

Sutalaksana. (2006). Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung: Penerbit ITB.

Wignjosoebroto. (2008). Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu. Jakarta: Guna Widya.

SK. Menteri Kesehatan, HK.02.01/MENKES/335/2020

keputusan MENPAN No.63/KEP/M.PAN/7/2003




DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v9i2.6722

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1978-0702 (media cetak)   |  ISSN 2580-6521 (media online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional. dana4d