Eksplorasi Bunyi Komposisi Harmonic in Ryoanji: Inovasi dalam Proses Kreatif

Agustinus Welly Hendratmoko, Johanes Kristianto Agung Nugroho

Abstract


Artikel ini membahas tentang eksplorasi bunyi dalam proses penciptaan karya komposisi musik “Harmonic in Ryoanji”. Proses penggarapan didasarkan pada pengalaman ekstramusikal yang meliputi suasana keindahan dan ketenangan kuil Ryoanji. Eksplorasi bunyi menjadi upaya inovasi dalam proses kreatif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Proses penciptaan karya terdiri dari tiga tahap, yakni eksplorasi, improvisasi, dan komposisi, yang diterapkan secara dinamis dan fleksibel. Hasil eksplorasi bunyi yang telah dilalui menawarkan empat jenis eksplorasi baru, yaitu (1) eksplorasi suasana, (2) eksplorasi teknik dan timbre, (3) eksplorasi instrumen, dan (4) eksplorasi tangga nada. Tawaran tersebut dieksplorasi dengan memadukan alat musik tradisional Indonesia, Jepang, dan alat musik Barat. Proses kreatif dalam hal pencarian elemen musik memberikan kebebasan bagi musisi untuk mengekspresikan gagasan secara autentik, sementara penggabungan skala pentatonis dan diatonis menambah dimensi interaktif dan inovasi. Karya musik “Harmonic in Ryoanji” tidak hanya berfungsi sebagai sarana pertunjukkan, tetapi berkontribusi terhadap perkembangan komposisi musik eksperimental. Selain itu, karya ini juga memperkaya ranah penciptaan musik antarbudaya dan menciptakan ruang ekspresi yang lebih inovatif.

Exploration of Harmonic Composition Sounds in Ryoanji: Innovations in the Creative Process

Abstract

This article discusses the exploration of sound in creating the music composition work “Harmonic in Ryoanji". The composing process is based on extra-musical experiences that include the atmosphere of beauty and tranquility of Ryoanji temple. Sound exploration becomes an innovation effort in the creative process. The method used in this research is a qualitative approach with a case study method. Creating the work consists of three stages, exploration, improvisation, and composition, which are applied dynamically and flexibly. The results of the sound exploration that has been conducted offer four new types of exploration, namely (1) exploration of atmosphere, (2) exploration of technique and timbre, (3) exploration of instruments, and (4) exploration of scales. These were explored by combining traditional Indonesian, Japanese, and Western instruments. The creative process of finding musical elements gives musicians the freedom to express ideas authentically, while incorporating pentatonic and diatonic scales adds an interactive and innovative dimension. The musical work "Harmonic in Ryoanji" not only functions as a performance tool but also contributes to the development of experimental music composition. It also enriches the field of intercultural music creation and creates a more innovative space for expression.

Keywords: sound exploration; intercultural music; creative process; experimental composition

Keywords


eksplorasi bunyi; musik antarbudaya; proses kreatif; komposisi eksperimental

Full Text:

PDF

References


Damayanti, S. D., Studi, P., Jepang, S., Budaya, F. I., & Nuswantoro, U. D. (2015). Konsep Taman Jepang yang Berhubungan dengan Buddha Zen. Jurnal Studi Sastra Jepang, 7 (3), 1–8.

Delalande, F., & Cornara, S. (2010). Sound explorations from the ages of 10 to 37 months: The ontogenesis of musical conducts. In Music Education Research (Vol. 12, Issue 3). https://doi.org/10.1080/14613808.2010.504812

Ferdian, R., Armez Hidayat, H., Epria Darma Putra, I., & Yogha Pratama, O. (2023). Menjelajahi Komposisi Musik Instrumental Kontemporer: Teknik dan Tren di Era Modern. Jurnal Sendratasik, 12(2). https://doi.org/10.24036/js.v12i2.122679

Ganap, V., Indrawan, A., Susantina, S., Sunarto, S., Senen, I. W., Artanto, M., Koapaha, R. B., Simanjuntak, H. L., Bramantyo, T., Manalu, K., Suryati, S., Nursyirwan, N., Yuliantari, A. P., Tindaon, R., Standiford, H., Desyandri, D., Harsawibawa, A., Surtihadi, R., Yermiandhoko, Y., … Mintargo, W. (2018). Berbagi Musik Persembahan untuk Sang Maha Guru (A. Indrawan, A. G. Bintarto, U. Rokhani, P. D. Hapsari, S. Suryati, T. W. Widodo, & F. Tyasrinestu (eds.); 1st ed.). BP ISI Yogyakarta.

Gostimirović, L., & Gostimirović, S. (2022). Innovativeness and Modern Trends in Higher-educational Institutions and Libraries as Units of Their Structure. TEME, 46(4), 1089. https://doi.org/10.22190/TEME221109057G

Hasibuan, H., Djau, N. S., & Muniir, A. (2019). Melodious: Karya musik absolut. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(10).

Hawkins, A. (1988). Creating through Dance (Revised, Vol. 14, Issue 4). Princeton Book Co.U.S.

Hawkins, A. M. (2003). Bergerak Menurut Kata Hati Metoda Baru Dalam Menciptakan Tari (Terjemahan I Wayan Dibia). Ford Foundation Dan MSPI. Jakarta, 27.

Hidayatullah, R. (2022). Desain penelitian musik di era digital (sebuah tinjauan studi literatur). Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 5(1), 28–40.

Ilhami, M. W., Vera Nurfajriani, W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, W. (2024). Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 462–469.

Johnson, H. (2021). Western Musical Elements in Japanese Koto Music: Affective Media in Sonic, Visual and Behavioural Context. In Pop Music, Culture, and Identity: Vol. Part F1530. https://doi.org/10.1007/978-3-030-73827-3_3

Made Sukerta, P. (2011). Metode Penyusunan Karya Musik. In ISI Press Solo.

Maryana, T., & Prasetyo, B. (2019). Total Perkusi Jilid 1. Diakses Dari Https://Www. Totalperkusi. Com/. Yogyakarta.[20 Juni 2019].

Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: remaja rosdakarya.

Muliani, M. (2020). Analisis Komposisi Soundtrack Epic “You See Big Girl” Karya Hiroyuki Sawano dalam Serial Animasi Attack on Titan. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 3(2), 73. https://doi.org/10.26740/vt.v3n2.p73-83

Pramuditya, P., & Fretes, D. De. (2021). KHALIBANA : Karya Musik Absolut Sebagai Wujud Pesan Musik. Selonding, 17(2), 51–64. https://doi.org/10.24821/sl.v17i2.5877

Pudjasworo, B., Prasetya, H. B., Wayan Senen, I., HB Raditya, M., Rokhani, U., & Yudiaryani, Y. (2017). Karya Cipta Seni Pertunjukan. Jb Publisher.

Ramli, H., Shuhaizam, T., Hazman, Mohamad Nur Hanif Mohd Nor, M., Jamaldin, S. S., Amos, F. V., Fadly, M., & Anuar, R. (2021). Creative and innovative thinking in the holistic development of students’ potentials through “sekolah bitara” visual art program. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 406–417.

Scherer, K. R. (2013). The nature and dynamics of relevance and valence appraisals: Theoretical advances and recent evidence. Emotion Review, 5(2), 150–162.

Sergeant, D. C., & Himonides, E. (2014). Gender and the performance of music. Frontiers in Psychology, 5(APR). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2014.00276

Setiawan, E. (2015). Serba-serbi intuisi musikal dan yang alamiah dari peristiwa musik. Art Music Today.

Subowo, Y., & Wahyudi, A. (2023). “Jroning Salah”, Realitas Sosial Politik: Sebuah Proses Kreatif Karawitan yang berpijak pada Salah Gumun. Resital:Jurnal Seni Pertunjukan, 24(1). https://doi.org/10.24821/resital.v24i1.8330

Sugita, I. K. G., & Kartawan, I. M. (2013). Fenomena Beating pada Gamelan Bali sebagai Local Genius Akustik Musik Tradisional Bali. Prosiding Konferensi Nasional Engineering Hotel IV, Universitas Udayana, 1999, 529–534.

Sumarsono, A. (2024). Musik Etnik di Era Modern : Inovasi dan Tradisi dalam Karya Kreatif. 12, 77–89.

Sunarto, B. (2013). Epistemologi penciptaan seni. Yogyakarta: IDEA Press Yogyakarta.

Suneko, A. (2017). Pyang Pyung: Sebuah Komposisi Karawitan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan. https://doi.org/10.24821/resital.v17i1.1690

Supanggah, R. (2002). Bothekan karawitan (Vol. 1). Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Sutaryo, H. N., Widodo, T. W., & Simbolon, M. K. (2022). Penerapan Tangga Nada Pentatonis dalam Penciptaan Musik Gavotte untuk Kuartet Gitar. Promusika: Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 10(2), 97–103.

Weiss, M. W., & Peretz, I. (2022). Improvisation is a novel tool to study musicality. Scientific Reports. https://doi.org/10.1038/s41598-022-15312-5

Welly, A., & Dermawan, W. (2025). Eksperimentasi Penciptaan Musik Tari The Body And Society. Jurnal Dance and Art, 2(01), 7–16. https://www.jurnal.uts.ac.id/index.php/j-dart/article/view/5363

Wijaya, Y., Wayan Dibia, I., & Ardini, N. W. (2021). Bangkong: Eksplorasi Ritme dan Timbre Suara Katak secara Akustik pada Rancangan Instrumen Drumkusi. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 4(2). https://doi.org/10.31091/jomsti.v4i2.1794

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (JSC), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764




DOI: https://doi.org/10.24821/promusika.v13i1.14988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 PROMUSIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN: 2338-039X (print) | E-ISSN: 2477-538X (online)