Integrasi Balloon Blowing dalam Pembelajaran Teknik Pernapasan untuk Meningkatkan Kapasitas Paru Mahasiswa Vokal

Fitdatul Jannah, Rumiwiharsih Rumiwiharsih, Drijastuti Jogjaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh treatment balloon blowing terhadap kapasitas paru mahasiswa Praktik Instrumen Mayor (PIM) Vokal, FBSB, Universitas Negeri Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah Quasi experimental Design dengan desain dua kelompok kelas yang memiliki kondisi yang sama. Sampel terdiri dari dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan spirometer untuk mengukur kapasitas paru sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif, uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas) serta uji hipotesis menggunakan paired sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa balloon blowing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kapasitas paru pada kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan melalui nilai signifikansi hasil uji paired sample test sebesar 0,001 < 0,05. Sementara itu, pada kelas kontrol memperoleh nilai signifikansi 0,506 > 0,05 yang menunjukkan tidak terdapat perbedaan kapasitas paru yang signifikan. Hasil tersebut diperkuat melalui analisis deskriptif yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen, terlihat pada nilai rata-rata kapasitas paru posttest lebih tinggi dari pretest yaitu 2285.71ml > 1892.86ml. Adapun pada kelas kontrol juga terjadi peningkatan nilai rata-rata antara nilai posttest dan pretest kapasitas paru yaitu 1.950ml > 1.891.67ml, akan tetapi peningkatan yang terjadi pada kelas kontrol tidak signifikan secara statistik. Artinya, meskipun terjadi peningkatan nilai pada kelas kontrol, perubahannya tidak cukup besar untuk menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Penelitian ini memiliki implikasi positif bagi pendidikan vokal, khususnya dalam proses pembelajaran teknik pernapasan. Metode Balloon blowing, yang selama ini diketahui bermanfaat dalam konteks medis, juga terbukti memiliki manfaat yang signifikan dalam bidang pendidikan vokal. Dalam penelitian ini, balloon blowing dimodifikasi sehingga tidak hanya dapat digunakan sebagai media latihan alternatif yang sederhana, murah, dan efektif, tetapi juga berpengaruh meningkatkan kapasitas paru sekaligus melatih pernapasan diafragma, yang merupakan fondasi penting dalam bernyanyi. Balloon blowing dapat diintegrasikan ke dalam kegiatan vokal sebagai media yang efektif untuk melatih dan mengembangkan teknik pernapasan secara terkontrol dan efisien. Latihan ini berperan dalam memperkuat otot pernapasan, meningkatkan kapasitas paru dan melatih pernapasan diafragma. Berdasarkan temuan penelitian, balloon blowing dapat dijadikan sebagai program rutin dalam pelatihan vokal yang secara khusus bertujuan meningkatkan kualitas pernapasan.

Integrating Balloon Blowing into Breathing Technique Instruction to Improve Lung Capacity in Vocal Students

Abstract

This study aims to determine the effect of balloon blowing treatment on the lung capacity of Vocal Instrument Major Practice (PIM) V students at the Faculty of Fine Arts and Design (FBSB), Yogyakarta State University. The research employs a quasi-experimental design with two classes that share similar conditions: experimental and control classes. Lung capacity data were collected using a spirometer before and after the treatment. Data analysis involved descriptive analysis, prerequisite tests (normality and homogeneity tests), and hypothesis testing using the paired sample test. The results indicate that balloon blowing significantly increases lung capacity in the experimental class, evidenced by a significance value of the paired sample test results at 0.001, which is less than the 0.05 threshold. In contrast, the control class showed a significance value of 0.506, greater than 0.05, indicating no significant difference in lung capacity. Descriptive analysis further supports these findings, showing a substantial increase in the experimental group. The posttest mean lung capacity was higher than the pretest value (2285.71 ml > 1892.86 ml). The control group also experienced an increase in mean lung capacity from pretest to posttest (1950 ml > 1891.67 ml), but this increase was not statistically significant. Although there was a positive change in the control group, it was not substantial enough to indicate a meaningful improvement. These results have important implications for vocal education, particularly regarding learning breathing techniques. The balloon blowing method, which has long been recognized for its benefits, has been adapted in this quasi-experimental design to demonstrate significant advantages in vocal training. Modifying the balloon blowing technique is a simple, inexpensive, and effective exercise medium that increases lung capacity and trains diaphragmatic breathing—a crucial foundation for singing. Incorporating balloon blowing into vocal training can enhance controlled and efficient breathing techniques. This exercise strengthens respiratory muscles, increases lung capacity, and develops diaphragmatic breathing. Based on the research findings, balloon blowing can be incorporated as a routine element in vocal training to improve overall breathing quality.

Keywords: Balloon blowing; Lung Capacity; Vocals

Keywords


Balloon blowing; Kapasitas Paru; Vokal

Full Text:

PDF

References


Alvarez, J. C., Raymundo, C., Zapata, G., Ronceros, J., Flores, M., & Ruiz, F. (2020). Patented portable spirometer based on fluid mechanics and low energy consumption to monitor the rehabilitation of COVID-19 patients. Energy Reports, 6, 179–188. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2020.08.042

Arini, N. R. D., & Mudjilah, H. S. (2019). The effectiveness of vocal learning using the drill learning method. 21st Century Innovation in Music Education, 211–219. https://doi.org/10.1201/9780429024931-29

Bargahi, M., Bargahi, M., Rastgoo, N., Aryanejad, F., Esmaielzade, S., Nemati, R., Ghaebi, M., Bajelan, A., & Soltani, S. (2022). Effect of Balloon-Blowing on Dyspnea and Oxygenation in Hospitalized COVID-19 Patients: A Pilot Study. In Acta Med Iran (Vol. 60, Issue 6).

Chapman, Janice, L., & Morris, R. (2021). Singing and teaching singing: A holistic approach to classical voice (Vol. 1). Plural Publishing.

Daru Indrajaya, H. (2017). Metode Pembelajaran Vokal Di Smk Negeri 2 Kasihan Bantul. Universitas Negeri Semarang.

Davids, J., & LaTour, S. (2020). Vocal technique: A guide to classical and contemporary styles for conductors, teachers, and singers. Waveland Press.

Decker, W. (1988). Can Your Choristers Sing? BREATHING. The Choral Journal, 17(5), 16–18.

Dihita, M., Fakultas, S., Keguruan, P., Pendidikan, I., Tanjungpura, U., & Nawawi, J. P. H. (2024). Pelatihan Teknik Vokal dengan Menggunakan Pernapasan Diafragma pada UKM Sangserta. Jurnal Peduli Masyarakat, 6(1), 55–64. https://doi.org/10.37287/JPM.V6I1.2554

Doscher, B. M. (2016). Breathing: The Motor of the Singing Voice. The Choral Journal, 27(8), 17–22.

Ferreira, M. S., Marson, F. A. L., Wolf, V. L. W., Ribeiro, J. D., & Mendes, R. T. (2020). Lung function in obese children and adolescents without respiratory disease: a systematic review. BMC Pulmonary Medicine, 20(1). https://doi.org/10.1186/s12890-020-01306-4

Gemilangsari, A. B. (2017). Penerapan Teknik Vokal Penyanyi Vokal Jurusan Pendidikan Seni Musik FBS UNY Dalam Menyanyikan Lagu Populer (Pop) di Pertunjukan Live Music. Pendidikan Seni Musik, 6(4).

Hartati, S., & Sari, D. W. I. (2023). Analysis Of The Application Of Blowing Balloon Therapy To Improve Breath Patterns In Children With Pneumonia At Hospital X, Bekasi. The 3rd International Allied Health Students Conference (IAHSC) 2023 "Innovation and Future Prospect in Health for Well-Being," 1–5.

Hendrawan, A. F. (2022). Penerapan Teknik Pernapasan Diafragma untuk Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi pada Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Bernyanyi Siswa di SMA. E Prints Universitas Negeri Makassar

Irzaldy, A., Wiyasihati, S. I., & Purwanto, B. (2016). Lung Vital Capacity of Choir Singers and Nonsingers: A Comparative Study. Journal of Voice, 30(6), 717–720. https://doi.org/10.1016/j.jvoice.2015.08.008

Juli Kristine Giawa, P., Juliet Panggabean, A., & Helena Samosir, A. (2022). Penyajian Teknik Bernyanyi pada Lagu Le violette Karya Alessandro Scarlatti. Jurnal Sendratasik, 11(4), 584. https://doi.org/10.24036/js.v11i4.120073

Kim, S. J., Yeo, M. S., & Kim, S. Y. (2023). Singing Interventions in Pulmonary Rehabilitation: A Scoping Review. International Journal of Environmental Research and Public Health.

Kurniawan, E., & Sifaq, A. (2018). Pengaruh Latihan Menggunakan Alat Bantu Hand Paddle Terhadap Kecepatan Berenang 50 Meter Gaya Bebas Atlet Putra Sidoarjo Aquatic Club. 1–6.

Lopez, E., Lee, S.-H., Bahr, R., L. S., Carey, Mott, B., Fults, A., Lazinski, M., & Kim, E. S. (2020). Breathing Techniques in Collegiate Vocalists: The Effects of the Mind-Body Integrated Exercise Program on Singers' Posture, Tension, Efficacy, and Respiratory Function. Perspectives in Performing Arts Medicine Practice, 111–125.

Lyle, H. (2011). A Historical Look at Breathing Methods for Singing. A World of Voice & Speech Review, 7(1), 310–317.

Monir, R., Kostrzewa, D., & Mrozek, D. (2022). Singing Voice Detection: A Survey. In Entropy (Vol. 24, Issue 1). MDPI. https://doi.org/10.3390/e24010114

MOȘUC, E. H. (2024). The Vocal Technique as an Instrument of Expression on Stage. Education, Research, Creation, 149–170.

Narselina, P. M. (2019). Analisis Bentuk Musikal dan Struktur Lagu Tanah Airku Karya Ibu Soed Aransemen Joko Suprayitno untuk Duet Vokal dan Orkestra. Promusika: Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 6(1), 31–40. https://doi.org/10.24821/promusika.v6i1.1825

Ningsih, A. D. (2023). Literature Review: Benefits of Balloon Blowing Breathing Exercises on Lung Function in Asthma Patients. Journal of Scientific Research, Education, and Technology, 2(2), 725–734.

Nurhayati, M. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Vokal Berbasis Android Untuk Mahasiswa Pim 2 Vokal Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

PML, T. (1992). Menjadi Dirigen II. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Rany Sekar Pambajeng, N., Suryati, & Musmal. (2019). Teknik Vokal dan Pembawaan Lagu Keroncong Stambul “Tinggal Kengangan” Ciptaan Budiman BJ oleh Subarjo HS. Promusika, 7(1), 29–37.

Santos, S. S., Montagner, T., Bastilha, G. R., Frigo, L. F., & Cielo, C. A. (2019). Singing Style, Vocal Habits, and General Health of Professional Singers. International Archives of Otorhinolaryngology, 23(04), 445–450.

Sihombing, L. B., Napitupulu, E., & Hamid, A. (2020). The Effectiveness of PSPEA Learning Models in West Vocal Techniques in Music Education. Proceedings of the 5th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2020).

Singh, P., Ahuja, N. B., Krishna, S. V. S., Singh, S., Chopra, M., Vasan, A. S., & Rana, S. (2024). Role of oscillometry to diagnose obstructive airway diseases in patients who are unable to perform spirometry correctly. Medical Journal Armed Forces India, 6–11.

Sitinjak, L., Hutagalung, S. P. D., & Widodo, T. W. (2022). Proses Pembelajaran Teknik Melismatis dalam Repertoar Messiah Karya G.F. Handel pada Mata Kuliah Ensambel Vokal. Promusika: Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 9(2), 101–108. https://doi.org/10.24821/promusika.v9i2.5168

Sokolova, Ye. V. (2023). Breathing Problem in Music Performance. Modern Art Education: Theoretical-Practical Discourse, 227–250. https://doi.org/10.30525/978-9934-26-301-9-11

Suharno, M. D., Ketut Sudiana, I., Dian, N. K., Bakar, A., Amin, M., Sukartini, T., & Winoto, A. (2020). The Effectiveness of Ballon Blowing Exercise on Increasing Expiratory Forced Volume Value in 1 Second (FEV1) and Oxygen Saturation among COPD patients. International Journal of Nursing and Health Services (IJNHS), 3(4). https://doi.org/10.35654/ijnhs.v3i3.229

Suryati, Simatupang, G. R. L. L., & Ganap, V. (2017). Teknik Vokalisasi Seni Baca A l-Qur’an dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an Victor Ganap. Promusik, 5(1), 47–52.

Suwaryo, P. A. W., Yunita, S., Waladani, B., & Safaroni, A. (2021). Studi Kasus: Terapi Blowing Ballon Untuk Mengurangi Sesak Nafas Pada Pasien Asma. Nursing Science Journal (NSJ), 2(2), 41–49. https://doi.org/10.53510/nsj.v2i2.86

Tobing, O., Silitonga, P. HD., & Fiska Gulo, N. L. (2020). The Utilization of Candle Media to Improve Breathing Engineering on Solfeggio Choir Universitas Negeri Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(4), 2048–2055. https://doi.org/10.33258/birle.v3i4.1464

Tunik, Niningsih, R., & Yuswantoro, E. (2020). Pengaruh Breathing Relaxation Dengan Teknik Balloon Blowing Terhadap Saturasi Oksigen Pasien Ppok. In Oktober (Vol. 9, Issue 2).

Tunik, T. (2017). Pengaruh Breathing Relaxation Dengan Teknik Balloon Blowing Terhadap Saturasi Oksigen Dan Perubahan Fisiologis Kecemasan Pasien Dengan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (Ppok) Di Rsud Dr. Soedomo Trenggalek. 3.

Widodo, T. W., & Tjaroko, W. S. (2019). Vocalista Harmonic Choir: Konsep dan Peran Show Choir Paduan Suara. Promusika: Jurnal Pengkajian, Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 7(2), 121–128. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/promusika.v7i2.3368

Yamamoto, Y., Nam, J., & Terasawa, H. (2022). Analysis and Detection of Singing Techniques in Repertoires of J-POP Solo Singers. http://arxiv.org/abs/2210.17367




DOI: https://doi.org/10.24821/promusika.v13i2.16700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 PROMUSIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN: 2338-039X (print) | E-ISSN: 2477-538X (online)