OOptimalisasi Penciptaan “Lagu Model” Anak Usia Dini

itot bian raharjo

Abstract


Lagu model merupakan lagu yang digunakan sebagai media dalam mencapai pembelajaran berdasarkan tema. Yang menjadi kendala dalam proses penciptaan lagu adalah perbedaan kemampuan musikal mahasiswa antara latar belakang pendidikan musik dan mahasiswa di Prodi PG-PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi proses pembelajaran cipta lagu untuk pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat II di kelas A, B, C, dan D yang berjumlah 59 orang mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2015/2016, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa cara untuk mengoptimalkan penciptaan “Lagu Model” anak usia dini adalah melalui pembuatan sinopsis, pelaksanaan metode diskusi kolaboratif, apresiasi, serta pendokumentasian lagu dalam bentuk CD dan Buku. Dengan adanya metode yang tepat dalam mengoptimalkan proses pembelajaran, maka dapat meningkatkan kualitas lagu yang diciptakan oleh mahasiswa.

 

The model song is a song that is used as a medium in achieving theme based learning. The problem in the process of creating songs is the difference in students' musical abilities between the background of music education and students in the PG-PAUD Study Program. This study aims to describe the optimization of the learning process of song copyright for early childhood learning. This study uses a qualitative approach. The subjects in this study were level II students in class A, B, C, and D, totaling 59 students. This research was conducted in the even semester of the 2015/2016 academic year, with data collection techniques in the form of interviews, observation, and documentation studies. The results of the study concluded that the way to optimize the creation of "Model Song" for early childhood is through making a synopsis, implementing collaborative discussion methods, appreciation, and documenting songs in the form of CDs and books. With the right method in optimizing the learning process, it can improve the quality of songs created by students.

Keywords: Optimization, Model Song, Early Childhood.


Keywords


Optimalisasi, Lagu Model, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Asri Kusumaning Ratri. 2017. Penerapan Metode Penciptaan Lagu Anak Berbasis Tema untuk Guru TK Negeri Pembina Srengat Blitar. Jurnal PENA SD. Vol.I No.02. 29-30

Dimyati, Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Haris Herdiansyah. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif: Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian: suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Syukron Zahidi. 2014. Model Pembelajaran Kolaboratif. Diunduh dari: http://izzaucon.blogspot.co.id/2014/06/model-pembelajaran-kolaboratif.html pada tanggal 05 Pebruari 2017

Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup




DOI: https://doi.org/10.24821/promusika.v6i1.1742

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PROMUSIKA



P-ISSN: 2338-039X (print) | E-ISSN: 2477-538X (online)