Analisis Match Cut dalam Membangun Penceritaan dalam Film Everything Everywhere All at Once

William Sanjaya

Abstract


Film “Everything Everywhere All At Once” (2022) merupakan film tentang seorang Ibu Rumah Tangga, Evelyn, yang dibawa ke semesta lain ketika ia dihadapkan dengan berbagai masalah pekerjaan dan keluarganya. Film “Everything Everywhere All At Once” (2022) merupakan film yang bertemakan keluarga, yang dikemas dengan kompleksitas perpidahan lokasi atau semesta. Film “Everything Everywhere All At Once” (2022) memiliki transisi match cut yang menarik untuk diangkat. Film “Everything Everywhere All At Once” (2022) juga berhasil mendapatkan 7 dari 11 nominasi penghargaan, salah satunya adalah Best Film Editing dari Academy Awards. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan match cut dalam membangun tahap peneritaan dalam film “Everythung Everywhere All At Once” (2022). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teori match cut oleh Gael Chandler dan teori struktur 5 babak oleh John Yorke. Dari analisis yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa match cut memiliki peran dalam membangun cerita. Match cut mengarahkan perhatian penonton sehingga penonton mampu memahami tindakan karakter utama yang berpindah – pindah semesta.


Keywords


everything, everywhere, match cut, cerita, struktur

Full Text:

PDF

References


Akbar, B. (2017). Struktur Film. Jurnal Avant Garde, 5(2), 111.

Anggraini, N., & Triadi, S. (2020). Penerapan Teknik Editing Smash Cut Pada Penciptaan Film Jabang. Jurnal FSD, 1(1), 1–12.

Bordwell, D., Thompson, K., & Smith, J. (2021). ISE Film Art: An Introduction. In McGraw-Hill Interamericana de España S.L. (12th ed.). McGraw-Hill Interamericana de España S.L.

Carr, B. (2013). Universe or multiverse? Universe or Multiverse?, 49(2), i–iv. https://doi.org/10.1017/CBO9781107050990

Chandler, G. (2009). In Film Editing: Great Cuts Every Filmmaker and Movie Lover Must Know (pp. 2–8, 15–20).

Chen, B., Ziai, A., Tucker, R. S., & Xie, Y. (2023). Match Cutting: Finding Cuts with Smooth Visual Transitions. Proceedings - 2023 IEEE Winter Conference on Applications of Computer Vision, WACV 2023, 2114–2124. https://doi.org/10.1109/WACV56688.2023.00215

Christy Dena, & Ooi, Y. (2022). A Journey to the Narrative Design in Everything Everywhere All At Once. Vector-Bsfa.Com. https://vector-bsfa.com/2022/10/21/a-journey-to-the-narrative-design-in-everything-everywhere-all-at-once/?fbclid=IwAR2pS4XOmM2Tdeu-_L8

Dancyger, K. (2019). The Technique of Film and Video Editing: History, Theory, and Practice. In The Technique of Film and Video Editing: History, Theory, and Practice, Fourth Edition (5th ed.). Routledge; 5th edition.

Darma, S. (2022). Struktur Cerita Pada Film Pendek “Lenyap Dalam Sunyi.” PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 7(2), 187. https://doi.org/10.22303/proporsi.7.2.2022.187-197

David, Y., Panjaitan, R., Hasanah, N., & Kom, S. (2022). Analisa Teknik Sinematografi Pada Film Parasite. Journal of Information System and Technology, 03(01), 10–36.

Fansuri, F., & Saadah, S. (2022). Membaca Konsep Multiverse dengan Paradigma Wahyu (Al-Qur’an).

Fauzan, A., Haryanto, D., & Zamroni, M. (2019). Analisis Penerapan Continuity Cutting Berdasarkan Adegan Dalam Mendukung Unsur Naratif Pada Film CHEF. Rolling: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Film, Televisi Dan Media Kontemporer, 2(1).

Gribbin, J. (2009). In Search of the Multiverse. John Wiley & Sons, Inc.

Halwani, M. (2015). MULTISEMESTA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR`AN (STUDI KOMPARATIF AL-QUR`AN TERHADAP M-THEORY STEPHEN HAWKING). Syariati, 1(2).

Hawking, S. (1998). A Brief History of Time. Bantam; 10th Anniversary edition.

Juwita, Lira Rahma; Minawati, Rosta; Karyadi, Y. (2021). Penciptaan Skenario Film Fiksi Sibilah Lantai Dengan Menerapkan Struktur Tiga Babak Dalam Meningkatkan Suspense. Film and Television Journal, 1(1), 1–8.

Khairi, A. S., Amri, H., Bancin, H., & Ikhwan, A. (2023). Analisis Penggunaan Teknik Editing Pada Music Video Stray Kids Thunders. Jurnal Jurnal Sains Dan Teknologi (JSIT), 3(1), 1–6.

Khasanah, M., & Suryani, Y. (2022). Deiksis dalam Film Yuni Karya Kamila Andini. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 247–260.

Kurniaty, S., & Wahyuni, S. (2020). Penerapan Teknik Cutting Pada Penciptaan Film “JUARA.” Jurnal Mahasiswa Fakultas …, 1(1), 427–437.

Morales Morante, L. F. (2017). Editing and montage in international film and video: Theory and technique. In Editing and Montage in International Film and Video: Theory and Technique. https://doi.org/10.4324/9781315277141

Mulyati, S.-. (2020). Analisa Karakter Tokoh Andrea Dalam Film the Devil Wears Prada Berdasarkan Pendekatan Humanistik. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 50–57. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7503

Nor, S., & Rahman, T. (2019). Kekerasan Dalam Film Thriller. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 48–62.

Oktaviani, D. D. (2019). “Konsep Fantasi dalam Film.” REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Dan Animasi, 15, No. 2, 125–136.

Pagano, G. (2014). How continuity editing is achieved through match cuts. March.

Pratama, D. A., Satiakemala, S., & Satiakemala, S. (2022). KARAKTERISTIK NOVEL PETUALANGAN DALAM NOVEL LE PETIT PRINCE KARYA ANTOINE DE SAINT-EXUPÉRY. JURNAL ILMU BUDAYA, 10(2), 121–129.

Prayoga, M., & Br.Sembiring, E. (2022). NASKAH FILM ANIMASI “MASA KECILKU DENGAN DUNIA LAINKU.” Journal of Applied Multimedia and Networking (JAMN), 6(1).

Putri, C. W., & Oemiati, S. (2021). Struktur Naratif Film Karera Ga Honki De Amu Toki Wa Karya Naoko Ogigami. Penguatan Literasi Melalui Pengajaran Bahasa Dan Sastra.

Rismawati, E. (2022). Analisis Perbandingan Karakter Tokoh Utama Dalam Film Laskar Pelangi Dan Freedom Writers. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 11(2), 101–108. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v11i2.6762

Rosenberg, J. (2011). The Healthy Edit: Creative Editing Techniques for Perfecting your Movie. In The Healthy Edit.

Sanjaya, W. (2021). Analisis Perubahan Sifat Karakter di Sepanjang Perjalanannya Berdasarkan Pola Kejadian dan Plot Segment dalam Film “Green Book”. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 17(1), 77-86.

Sanjaya, W. (2023). ANALISA 10 UNSUR DAN PETA PERJALANAN PADA KARAKTER–KARAKTER DALAM FILM “LION”. Titik Imaji, 5(2).

Scientist, N. (2017). The Universe Next Door. In Nicholas Brealey Publishing (First).

Situmorang, L. U., & Alfathoni, M. A. M. (2020). Analisis Makna Unsur Naratif Pada Video Klip Bts “on.” PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 6(1), 01–10. https://doi.org/10.22303/proporsi.6.1.2020.01-10

Sugihartono, R. A. (2015). Teknik Editing Pada Film Rectoverso Dalam Mewujudkan Cerita. Capture : Jurnal Seni Media Rekam, 6(2).

Wahyudiputra, A., & Purnomo, A. R. P. (2022). Chinese-American Liminality in Everything, Everywhere All at Once (2022). ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(4), 643–655. https://doi.org/10.34050/elsjish.v5i4.24158

Widhi, D. P. N. (2022). Analisis Struktur Film; Narrative dan Narration Pada Film Lamun Sumelang. Askara, 1(2).

Yorke, J. (2015). Into The Woods. In North American Review (1st ed., Vol. 291, Issue 2).

Zuhendi, F., & Sya’dian, T. (2021). Editing Film Pendek Berjudul “Filosofi Congklak” Dengan Teknik Match Cut. Jurnal Mahasiswa Fakultas …, 2(1), 199–207.




DOI: https://doi.org/10.24821/rekam.v20i1.9617

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Rekam Stats