Penciptaan Karya Konserto Grosso Untuk Menunjang Pembelajaran Mata Kuliah Ansambel Gesek

Pipin Garibaldi, Danny Ceri, Farel Jonggi Lundito

Abstract


Artikel ini ditulis untuk menjelaskan proses penciptaan Konserto Grosso yang disusun penulis sebagai materi pembelajaran ansambel gesek di Jurusan Musik ISI Yogyakarta. Karya konserto ini memuat pembelajaran teknik permainan instrumen gesek, meliputi biola, viola, cello, dan contrabass. Teknik seperti tangga nada mayor, minor, arpeggio, double stop, detache, legato, staccato, dan spiccato disertakan dalam komposisi ini demi membangun fondasi teknik bagi tangan kanan dan tangan kiri seorang instrumentalis. Komposisi ini memiliki satu gerakan  yang terdiri dari bagian cepat dan lambat sebagaimana konserto pada umumnya. Penulis menyoroti bahwa sejumlah besar mahasiswa yang diterima di Jurusan Musik, ISI Yogyakarta belum memiliki kemampuan bermain instrumen gesek yang memadai. Penciptaan karya Konserto Grosso dilakukan guna menjembatani proses pembelajaran ansambel gesek baik dalam dimensi edukatif maupun performatif. Kreasi Konserto Grosso dengan teknik tangan kiri dan kanan ini menjadi alternatif yang menumbuhkan minat belajar dan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memainkan karya-karya standar instrumen gesek, baik itu konserto, divertimento, sonata, serenade, dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Ada pun tahapan penelitian meliputi; pengumpulan dokumen, observasi, wawancara, penciptaan karya, penerapan karya, dan diseminasi. Demonstrasi atau penerapan uji karya dilakukan di dalam kelas ansambel gesek. Hasil penelitian menunjukan bahwa penciptaan Konserto Grosso menjadi terbatasi karena penulis selaku pencipta hanya mengolah teknik tangga nada dan arpeggio saja sehingga tidak banyak wilayah musikalitas yang dapat dieksplorasi. Di sisi lain, pemakaian teknik tangan kiri dan kanan yang terbatas ini membuat mahasiswa mampu memainkan sebuah karya ansambel dengan nyaman dan kualitas yang cukup baik, meskipun masih belum mampu memainkan sepenuhnya tempo yang dikehendaki.

Kata kunci: ansambel gesek; Konserto Grosso; pengembangan teknik

 

This article outlines the compositional process of a concerto grosso created by the author as a pedagogical tool for string ensembles at the Music Department of ISI Yogyakarta. The concerto serves as a comprehensive learning resource, incorporating essential techniques for playing string instruments, including the violin, viola, cello, and contrabass. These techniques encompass major and minor scales, arpeggio, double stops, détaché, legato, staccato, and spiccato, providing a solid foundation for both right and left-hand technique. The composition features a single movement with contrasting fast and slow sections, akin to traditional concerto structures. The author highlights a prevalent challenge among students admitted to the Music Department: a lack of adequate string instrument playing skills. The concerto grosso was composed with the aim of bridging this gap, fostering both educational and performance-based learning experiences within the string ensemble context. By incorporating a variety of left and right-hand techniques, the concerto seeks to stimulate interest in learning and enhance students' ability to perform standard works for string instruments, such as concertos, divertimentos, sonatas, serenades, and more. This study employs a qualitative research methodology, adopting a case study approach. The research process involved document collection, observation, interviews, composition, application, and dissemination. The concerto's effectiveness was evaluated through demonstrations and applications in string ensemble classes. The findings of the study reveal certain limitations in the concerto's scope, as the author primarily focused on scale and arpeggio techniques, restricting the exploration of other musical elements. However, the use of limited left and right-hand techniques enabled students to perform the ensemble work with relative ease and a reasonable level of proficiency. Despite these achievements, the students ultimately faced challenges in maintaining the desired tempo.

Keywords: string ensemble, concerto grosso, technique development


Keywords


string ensemble; concerto grosso; technique development

Full Text:

PDF

References


Andika Putra, I. M. D. (2021). Eksplorasi Gamelan Angklung dan Selonding Sebagai Media Ungkap Dalam Penciptaan Karya Musik Kapatengan. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.31091/sw.v9i1.1425

Applebaum. (1986). The Art and Science of String Performance. Alfred Publishing Company.

Applebaum, S., & Lindsay, T. (2005). The art and science of string performance. Alfred Music.

Brindle, R. S. (1986). Musical Composition. Oxford University Press.

de Fretes, D., Simamora, R. M., Rajabasa, B., & Violina, R. N. (2022). Menelaah Pola Detache dalam Violin Sonata No 3 in F Major. Promusika, 10(2), 87–96.

Ferdian, R., Sinaga, F. S. S., & Putra, A. D. (2021). Formulasi Musik Deret dalam Penciptaan Komposisi Programa Berjudul Kupu-Kupu Terakhir. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 4(1), 67–81.

Flesch, C. (1924). The art of violin playing (Vol. 1). C. Fischer, Incorporated.

Galamian, I. (1970). Principles of Violin Playing and Teaching. Faber and Faber.

Garibaldi, P., & Farant, B. (2021). Penciptaan Konserto Etude Tangganada Pentatonik untuk Pembelajaran Violin dan Orkestra. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 22(3), 187–197.

Hidayamastifa, R. A., & Lumbantoruan, J. (2020). Pembelajaran Etude Fifty Little Flute Studies OP25 Pada Mahasiswa Instrumen Flute Prodi Pendidikan Musik FBS UNP. Jurnal Sendratasik, 9(3), 22–29.

Hofmann, R. (1989). Double Stops Studies for the Violin. The Boston Music Co, USA.

Hutchings, A. (2000). Concerto. In The New Grove Dictionary of Music and Musicians. Macmillan Publishers.

Jayantoro, S., & Sularso, S. (2023). Komposisi Ekstensya for String Orchestra: Studi Eksperimental Penciptaan Musik sebagai Strategi Pendidikan Apresiasi Musik Klasik di Indonesia. Jurnal Sitakara, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.31851/sitakara.v8i1.11162

Kaestri, V. Y. (2020). Perancangan Aransemen Lagu Suwe Ora Jamu dan Cublak Cublak Suweng Ditinjau Dari Perspektif Ilmu Harmoni Dasar.

Kustap, Sitorus, E. R., Danajaya, I. M. I., & Indrawan, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata kuliah Ensambel Gitar pada Program Studi Sarjana Musik Melalui Aransemen Lagu Suwe Ora Jamu. PROMUSIKA, 9(1), 19–26.

Makarim, N. A. (2020). Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Pada Perguruan Tinggi Negeri. Permendikbud No. 6, Jakarta.

McNeill, R. J. (2000). Sejarah Musik I. Gunung Mulia, Jakarta.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Remaja Rosda Karya.

Palmer, K. (1952). Teach Yourself to Compose Music. English University Press.

Prasetiyo, A., & Nugraha, F. A. (2022). Membangun Nasionalisme dan Patriotisme Melalui Penciptaan Lagu Anak. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 23(2), 96–106.

Rostal, M. (1986). Carl Flesch Scale System, Scale Exercises in All Major and Minora Keys for Daily Sudy. Carl Fischer, New York.

Stein, L. (1979). Structure & Style: The Study and Analysis of Musical Forms. Summy-Birchard Music.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta Bandung.

Swara, L. P. (2023). Interpretasi Konserto Cello No. 4 Karya Georg Goltermann pada Praktik Pembelajaran Cello. EKSPRESI: Indonesian Art Journal, 12(1).

Taryadi, T., & Latif, B. (2022). Interpretasi Musik Barok Pada Lagu The Trumpet Shall Shound Karya Handel. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 23(1), 62–73.

Wilson, C. (1985). Collins Encyclopedia of Music. Chncellor Press, London.

Wirayudha, A. H. (2022). Peran Emosi dalam Interpretasi Musikal Musisi untuk Meningkatkan Kinerja Estetis: Studi Kasus Pada Pemain Cello dan Gitar. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 23(2), 117–127.




DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v25i2.13675

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.