Proses Pembelajaran Kelas Musik Biola Tingkat Satu Secondary School Di Bina Bangsa School Malang Jawa Timur

Raggil Dimmaz Dewantara 1011459013

Abstract


Bina Bangsa School adalah salah satu sekolah internasional yang ada di Indonesia dan telah membuka beberapa cabang salah satunya di Malang Jawa Timur. Bahasa pengantar utama di sekolah ini adalah bahasa Inggris. Musik pada umumnya menjadi pelajaran ekstrakurikuler di sekolah umum, namun Bina Bangsa School telah menjadikan musik sebagai pelajaran intrakurikuler. Hal ini dimungkinkan karena setiap siswa wajib mengikuti kelas musik dan dalam kelas musik terdiri dari 8 – 10 murid. Salah satu instrumen musik yang diajarkan adalah biola yaitu alat musik chordophone yang sumber bunyinya adalah dawai atau senar yang ditegangkan. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini akan mengupas pendekatan konsep pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran kelas musik di Bina Bangsa School Malang Jawa Timur dan proses pembelajaran kelas musik biola di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kelas musik di Bina Bangsa School Malang mengkombinasikan beberapa unsur dari pendekatan konsep pembelajaran musik dari Dalcroze, Kodály, Orff dan Suzuki. Sementara itu aktifitas belajar dalam satu jam pelajaran pada kelas biola menggunakan beberapa metode untuk penyampaiannya, yaitu metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, drilling (pengulangan secara intensif), mencatat dan menggunakan iringan. Langkah – langkah proses pembelajaran biolanya dimulai dari penyeteman (tuning), latihan memegang biola dan Bow (hanya diawal pertemuan), pemanasan, dan membaca materi lagu dari buku Essential Elements For String karya John Higgins. Hasil akhir dari pembelajaran musik ini adalah berupa pementasan dalam bentuk orkestra yang diadakan 2 sampai 3 kali dalam satu tahun dan setiap tahun diadakan konser gabungan antar cabang Bina Bangsa School seluruh Indonesia.

 

Kata kunci : Bina Bangsa School, Proses Pembelajaran


References


http://digilib.isi.ac.id/




DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.1183

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id