Identitas Musik Dalam Indie Label Studi Kasus Band White Shoes And The Couples Company

Aurelia Marshal 1010374015

Abstract


Identitas merupakan suatu hal yang penting dimiliki seseorang atau kelompok. Melalui identitas seseorang atau kelompok mampu membedakan dirinya dari orang lain dan kelompok lain. Identitas ini ditunjukan melalui tanda-tanda yang mampu menandai seseorang atau kelompok sehingga mampu menunjukan siapa seseorang atau kelompok tersebut. Subyektifitas pun harus dihadirkan dalam proses pembentukan jati diri atau identitas tersebut. Identitas ini juga tentunya diperlukan bagi seorang pelaku pertunjukan, agar masyarakat mampu mengenali pelaku pertunjukan tersebut. Tanda-tanda yang ditawarkan oleh seorang pelaku pertunjukan ini, secara sadar atau tidak akan diikuti oleh masyarakat penikmatnya, dan tanda tersebut akhirnya mampu menjadi identitas fans atau kelompok yang membedakan kelompok tersebut dengan kelompok yang lain. White Shoes and The Couples Company yang memilih jalur indie sebagai proses pendistribusiannya mampu hadir dengan identitas dan subyektifitasnya dalam industri musik. Melalui konsep retro dan musik jazz/ pop/ funk yang mereka mainkan, White Shoes and The Couples Company mampu memberikan warna baru yang berbeda dalam dunia industri musik di tanah air. Melalui fashion retro yang ditawarkan, White Shoes and The Couples Company mampu menjadikan fansnya menjadi penonton aktif dalam performativitas. Musik jazz/ pop/ funk yang mereka mainkan pun mampu dikemas dengan konsep retro yang mereka usung sehingga mampu membedakan kelompok White Shoes and The Couples Company dengan kelompok musik yang lain

Kata kunci : identitas, indie label


References


http://digilib.isi.ac.id




DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.811

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id