Gondang Mangaliat Dalam Acara Adat Pesta Gotilon Di HKBP Kirab Remaja Cileungsi Kabupaten Bogor Jawa Barat

Nova Oktaviana Tinambunan, Amir Razak, Eli Irawati

Abstract


Pesta Gotilon merupakan upacara panen masyarakat Batak Toba yang dilakukan setiap satu tahun sekali. Pesta Gotilon adalah sebagai ungkapkan rasa syukur atas berkat Tuhan yang telah diberikan kepada manusia. Pesta tersebut dilaksanakan di gereja HKBP Kirab Remaja Cileungsi. Dalam acara adat Pesta Gotilon terdapat tahapan prosesi adat, pada salah satu prosesi adat tersebut membawakan repertoar Gondang Mangaliat, dimana pada saat Gondang Mangaliat disajikan masyarakat gereja terlihat sangat bahagia dan bersukacita menikmati musik yang disajikan. Prosesi Gondang Mangaliat yang membawa semua warga jemaat ikut berdiri, menari dan bersukacita, ini menjadi fokus yang akan diteliti, menunjukan bahwa Gondang Mangaliat memiliki pengaruh yang besar bagi seseorang ketika mendengar repertoar Gondang Mangaliat sebagai suatu peristiwa nostalgia bagi masyarakat suku Batak. Bentuk musik yang terdapat dalam repertoar Gondang Mangaliat memiliki bentuk musik tiga bagian dan coda

Keywords


gondang, gotilon

References


Anggraini, Anggi. 2011. “Memahami Eksistensi dan Adaptasi Masyarakat Bersuku Batak Di Kota Semarang”, Jurnal The Messenger, Vol. II No. 2.

Bahagia, Irsan. 2019. “Proses Adaptasi Masyarakat Batak Toba Di Perantauan (Studi di Kecamatan Gedong Tataan)”, Skripsi untuk mencapai gelar Sarjana Sosiologi pada Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

Bawole Susan. 2020. “Tanggung Jawab Guru Sekolah Minggu Dalam Kehidupan Spiritual Anak” Jurnal Tumou Tou Vol. VII No. 2: 147.

Bourdieu, Pierre. 2010. “Arena Produksi Kultural Sebuah Kajian Sosiologi Budaya” (Kasihan, Bantul: Kreasi Wacana)

Butarbutar, Rut Debora. Raharja. Dina. 2020. “Dalihan Na Tolu sebagai Sistem Kekerabatan Batak Toba dan Rekonstruksinya Berdasarkan Teologi Persahabatan Kekristenan”, Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, Vol. 20 No. 2.

Leonardo, Pardomuan, Tinjauan Dogmatis Terhadap Pemahaman Jemaat HKI Baringin Tentang Pesta Gotilon Dalam Memberikan Persembahan” Jurnal Sabda Akademika, Vol. 1, No. 2, Desember 2021.

Nettl, Bruno. 2012. “Teori dan Metode dalam Etnomusikologi Terj. Nathalian H.P.D Putra” (Jayapura: Center of Musik Jayapura, Papua).

Ocktarizka, Tria. 2017. “Makna Penyajian Gondang Pada Prosesi Kematian Masyarakat Batak Toba Di Kecamatan Dolok Masihul Provinsi Sumatera Utara”, Jurnal Invensi, Vol. 2 No. 2.

Prier, Karl Edmund SJ. 2015. “Ilmu Bentuk Musik” (Yogyakarta: Pusat musikLiturgi).

Rakhmat, Jalaluddin. 2019. “Psikologi Komunikasi” (Bandung: Simbiosa Rekatama Media).

Resdati. 2022. “Eksistensi Nilai Dalihan Na Tolu Pada Generasi Muda Batak Toba Di Perantauan”, Jurnal Sosial Budaya, Vol. 19 No. 1.

Sasongko, M. Hari. 2019 “Musik Etnik dan Pengembangan Musik Gereja”, Jurnal Tonika, Vol. 2 No. 1.

Siahaan, Bisuk. 2005. “Kehidupan Di Balik Tembok Bambu”, (Jakarta; 2005).

Sihombing Santa Maria, Rosmaini. 2021. “Nilai-nilai Budaya Dalam Folklor Pesta Gotilon Di Siborong-borong” Jurnal Sastra Indonesia, Vol. 10 No. 1.

Silitonga, Nurpita sari. 2020 “Fungsi Lagu Somba Ma Jahowa Pada Ibadah Pesta Gotilon Di Gereja HKBP Suprapto Jakarta”. Skripsi untuk mencapai derajat S-1 Prodi Seni Musik Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Simanjuntak, Humindo Douglas. 2018. “Solidaritas Kekerabatan Masyarakat Batak Toba di Perantauan”, Skripsi untuk mencapai derajat Sarjana S-1 pada Program Studi Antropologi Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Medan, 6.

Soedarsono R.M. 1999. “Metodologi Penelitian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa” (Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.)

Tinambunan, Edison R. L. “Gondang Batak Toba: Makna Religi dan Implikasinya pada Keagamaan dan Adat” Jurnal SMaRT Volume 08 Nomor 02 Desember 2022.

Weni Puspa, Dina, Ali. 2022. “Dampak Pelayanan Sekolah Minggu bagi Kehidupan Rohani Anak-Anak di Gereja Lokal”, Jurnal Teologi dan Pendidikan Jasmani, Vol. 3 No. 2: 81.

Wicaksono, Refi Yunanda, Udi. 2017. “Daya Tarik Lagu Bagi Anak Usia Dini: Studi Kasus Di Tk Pertiwi I Singodutan, Wonogiri”. Jurnal Seni Musik, Vol. 6 No. 2: 95.




DOI: https://doi.org/10.24821/sl.v20i2.12103

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View My Stats