FUNGSI MUSIK ONDEL-ONDEL GRUP WIBAWA SAKTI DI DESA KEBON KOPI KABUPATEN BEKASI JAWA BARAT

Agung Wira Sentika Cahya

Abstract


Musik Ondel-ondel adalah sebuah kesenian tradisional masyarakat Betawi yang digunakan untuk mengiringi Ondel-ondel dalam kegiatan berkesenian khususnya di masyarakat Betawi. Seiring dengan perkembangan zaman saat ini keberadaannya tersebar di wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Instrumen yang digunakan biasanya menggunakan mp3 dan Instrumen tradisional seperti Tehyan, Kendang Tepak, Gong, Kempul dan satu buah gerobak kayu yang digunakan untuk menyimpan alat pengeras suara. Tetapi Grup kesenian Ondel-ondel Wibawa Sakti yang bermarkas di jalan Kyai Haji Fudholih, Desa Kebon Kopi, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. tetap mempertahankan instrumen Betawi. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif pendekatan etnomusikologi dan sosiologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa musik Grup Wibawa Sakti masih mempertahankan karakteristik tradisional ditengah masyarakat yang sudah ketergantungan dengan moderenisasi. Melalui Grup Wibawa Sakti kesenian Ondel-ondel menjadi media yang berfungsi sebagai perekonomian dan membuktikan bahwa fungsi
Ondel-ondel sudah tidak lagi sebatas ritual saja tetapi sudah masuk ke wilayah ekonomi. Bentuk penyajian musik Ondel-ondel Grup Wibawa Sakti menggunakan instrumen tradisional tradisi.


Keywords


Ondel-ondel, Grup Wibawa Sakti, Fungsi, Bentuk Penyajian, Bekasi.

References


Chaer, Abdul. 2015.Betawi Tempo Doeloe: Menelusuri Sejarah Kebudayaan Betawi. Jakarta: Masup.

Erwantoro, Heru. 2014. Etnis Betawi: Kajian Histori. Bandung: Balai

Pelestarian Nilai Budaya.

Faizah, Nur. 2018. “Mobilitas Sosial dan Identitas Etnis Betawi”, Journal of Geographical Studies.

Haryanto, 2015. Musik Suku Dayak: Sebuah Catatan Perjalanan di

Pedalaman Kalimantan. Yogyakarta: ISI yogyakarta.

Jones, Pip, 2003. Pengantar Teori-Teori Social: Dari Teori Fungsionalisme Hingga Post Modernisme. (terjemahan) Saifuddin. Jakarta: Pustaka Obor.

Juliet Corbin, Anselm Strauss. 2009. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kaelan, 2012. Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Penerbit Paradigma.

Kusnawan, Endra. 2019. Sejarah Bekasi: Sejak Peradaban Buni Hingga Wayah Gini. Bogor: Herya Media.

Lissandhi, Ayu Nova. 2014. Skripsi: Kesenian Ondel-ondel: Studi

Dinamika dalam kelompok Etnis Betawi di Jakarta.

Merriam, Alan P. 1964. The Anthropology of Music, Terj. Bramantyo Chicago: North-westrn University Press.

Moleong, J.Lexy. 2018. Metode Kualitatif Bandung Penelitian: PT. Remaja Rosdakarya.

M Junus, Melalatoa. 1995. Betawi dalam Ensiklopedi Suku Bangsa Indonesia. Jilid A-K Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Nettl, Bruno. 2010. Nettls Elephant: On the History of Etnomusicology, urban dan Chicago America: University of Illinois Press.

Oktaviela, Jibrilla. 2017. Skripsi : Lagu Ondel-Ondel Dalam Kelompok Kesenian Renggong Manis Di Jakarta.

Paramita, Sinta. 2018. Journal : Pergeseran Makna Budaya Ondel-

Ondel Pada Masyarakat Betawi Modern. Bakti Masyarakat Indonesia.

Prier SJ, Karl Edmund. 1993. Ilmu Bentuk Analisa Musik. Yogyakarta: Pusat Buku.

Rice, Timothy. 2014. Ethnomusicology: A Very Short Introduction. United Kingdom: Oxford University Press.

Rondhi, Mohammad. 2014. Journal: “Fungsi Seni bagi Kehidupan

Manusia”. Vol VII

Saidi, Ridwan. 2002. Ragam Budaya Betawi Vol 15. Jakarta: Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI Jakarta.

Storey, John. Cultural Theory and Popular Culture: Fifth Edition. New York: Roudledge.

Suryabrata, Sumadi. 1991. Metode Penelitian Jakarta: Rajawali Press.

Yanuar Aji, Adi. Makalah: Mengungkap sisi lain kota Bekasi.




DOI: https://doi.org/10.24821/sl.v16i1.5049

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View My Stats