Analisis Teknik Permainan Biola pada Voorspell Keroncong Senyuman Candra
Abstract
Voorspell pada musik keroncong memiliki karakteristik tersendiri. Artikel ini bertujuan menelaah voorspell keroncong asli yaitu bagian pembuka suatu lagu berupa improvisasi biola khas musik keroncong. Kajian ini berfokus pada lagu Senyuman Candra karya W.S Nardi yang digubah Budiman BJ. Voorspell yang terdapat pada lagu ini menggunakan skala pentatonis pelog. Ini tidaklah lazim karena teknik voorspell umumnya mengacu pada progresi akor I - IV - V - I. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Tahapan penelitian meliputi kajian pustaka yakni kajian literatur musik keroncong serta analisis bentuk dan gaya musik. Penelitian lapangan dilakukan melalui wawancara beberapa pelaku musik keroncong, meliputi pelaku yang mempunyai latar belakang akademisi serta pelaku yang memang seorang praktisi musik keroncong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa voorspell pada lagu Senyuman Candra menghadirkan karakter dan ciri khas Budiman BJ.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Budiman, B. J. (1979). Mengenal Keroncong dari dekat. Jakarta: Perpustakaan Akademi Musik LPKJ.
Ganap, V. (2011). Krontjong Toegoe. BP iSi yogyakarta.
Harmunah. (1987). Musik keroncong: sejarah, gaya, dan perkembangan. Pusat Musik Liturgi.
Kusbini. (1976). Sejarah Kehidupan Perkembangan dan Asal Usul Musik Kerontjong Indonesia. Sanggar Olah Seni Indonesia.
Soeharto, A. H., & Soenardi, A. (1995). Serba-serbi keroncong. Penerbit Muzika.
Syaodih Sukmadinata, N. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. In Bandung: Remaja Rosda Karya. PT Remaja Rosdakarya.
Watanabe, R. T. (1967). Introduction To Music Research. Prentice-Hall, Inc.
Widjajadi, R. A. (2007). Mendayung di Antara Tradisi dan Modernitas (Sebuah Penjelajahan Ekspresi Budaya Terhadap Musik Keroncong). Hanggar Kreator.
DOI: https://doi.org/10.24821/sl.v15i2.5872
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.