FOTOGRAFI DIAM DALAM FILM SKINAMARINK: ANALISIS VISUAL DALAM SINEMA EKSPERIMENTAL

Naldo Yanuar Heryanto, Parlindungan Ravelino

Abstract


Penelitian ini menganalisis bagaimana film Skinamarink (2022) menggunakan strategi visual fotografi diam (still photography) sebagai struktur utama naratif dan atmosferik dalam membangun horor eksistensial. Dengan pendekatan kualitatif visual, studi ini memanfaatkan teori-teori dari Batchen (2002), Doane (2003), Geller (2004), dan Mulvey (2006) untuk mengeksplorasi bagaimana kekosongan, cahaya terisolasi, dan absensi subjek menciptakan ketegangan psikologis. Hasil analisis menunjukkan bahwa Skinamarink memindahkan narasi dari peristiwa ke ruang, dari aksi ke durasi, menghasilkan pengalaman sinematik yang lebih menyerupai ingatan traumatik atau mimpi buruk masa kecil. Foto-foto diam yang dianalisis tidak hanya berfungsi sebagai jeda visual, tetapi juga sebagai “citra laten” yang memicu interpretasi afektif. Dengan membekukan waktu dan menyamarkan ruang, film ini menciptakan disorientasi visual yang memperkuat ketakutan akan kehilangan dan keterasingan. Studi ini menunjukkan bahwa dalam konteks sinema eksperimental, fotografi diam dapat menjadi bahasa utama narasi emosional dan eksistensial, melampaui fungsi ilustratif menuju pengalaman reflektif yang intens.

Keywords


Fotografi Diam; Skinamarink; Fotografi Naratif; Penceritaan Visual; Film dan Fotografi

References


Ball, K. (Director). (2022).

Skinamarink [Film]. BayView Entertainment.

Batchen, G. (2002). Each wild idea:

Writing, photography, history. MIT Press.

Doane, M. A. (2003). The emergence of

cinematic time: Modernity, contingency, the archive. Harvard University Press.

Geller, H. (2004). Photo storytelling:

Creating narratives with images. MediaVision Press.

Kyle Edward Ball's Skinamarink. (2023).

The Brooklyn Rail. https://brooklynrail.org/2023/03/film/Kyle-Edward-Balls-Skinamarink/​cinemaoceania+5Brooklyn Rail+5Them+5

Mulvey, L. (2006). Death 24x a

second: Stillness and the moving image. Reaktion Books.

Roberts, J. (2023). "Why Does

Skinamarink Look Like That? A Guide To The New Horror Movie's Unique Visual Style." Slashfilm.

https://www.slashfilm.com/1167722/why-does-skinamarink-look-like-that-a-guide-to-the-new-horror-movies-unique-visual-style/​

"Skinamarink and The Growth of Analog Horror." (2023).

Cinema Oceania.

https://cinemaoceania.wordpress.com/2023/12/09/skinamarink-and-the-growth-of-analog-horror/

Sontag, S. (1977). On photography.

Farrar, Straus and Giroux.

Tarkovsky, A. (1986). Sculpting in

time: Reflections on the cinema. University of Texas Press.




DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v9i1.15549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.