STUDI FENOMENOLOGI RAHMAT HADI KUSUMA DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING SEBAGAI FOTOGRAFER KOTA BAUBAU
Abstract
Personal branding merupakan aspek penting bagi fotografer profesional dalam membangun identitas dan meningkatkan daya saing di industri fotografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Rahmat Hadi Kusuma dalam membangun personal branding sebagai fotografer profesional di Kota Baubau, serta faktor faktor yang mempengaruhi proses tersebut. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dan fenomenologi digunakan untuk mengeksplorasi pengalaman subjektif dan strategi yang digunakan Rahmat Hadi Kusuma untuk membentuk citra profesionalnya. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis portofolio fotografi dan media sosial digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding Rahmat Hadi Kusuma terbentuk melalui kombinasi gaya fotografinya yang unik, publikasi karya yang konsisten, penggunaan media sosial yang efektif, dan hubungan aktif dengan klien. Selain itu, keyakinannya sebagai fotografer yang unik di Kota Baubau didukung sebagian besar oleh prinsip prinsip pribadinya, seperti inovatif, profesional, dan unik. Studi ini membantu fotografer lain yang ingin membangun personal branding mereka. Ini juga menyoroti betapa pentingya membangun citra profesional di era digital dengan strategi komunikasi visual dan interaksi sosial.
Keywords
References
Efrida, Sella, and Anisa Diniati. “Pemanfaatan Fitur Media Sosial Instagram Dalam Membangun Personal Branding Miss International 2017” 8, no. 1 (2020): 57–71.
Gogali, Venessa Agusta, and Muhammad Tsabit. “Jurnal Media Penyiaran Personal Branding Konten Kreator Melalui Citra Diri Mahasiswa Di Instagram ( Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @ Jeromepolin )” 01 (2021): 117–23.
Hendra, Rusdi. “Strategi Personal Branding Perupa Melalui Media Sosial.” Jurnal Tata Kelola Seni 6, no. 2 (2020): 67–76. https://doi.org/10.24821/jtks.v6i2.4689.
Jamil, Husnul, Ibnu Hamad, and Yunita Sari. “Personal Branding Puan Maharani Pada Akun Instagram @ Puanmaharaniri Menuju Pemilihan Presiden 2024” 6, no. 2 (2024): 205–17.
Leary, Mark R. “Self-Presentation.” Self-Presentation, 2019, 153–65. https://doi.org/10.4324/9780429497384.
Mujianto, Haryadi, Zikri Fachrul Nurhadi, and Kenny Kharismawati. “Instagram Sebagai Media Pembentuk Personal Branding.” Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media 5, no. 2 (2021): 154–69. https://doi.org/10.33884/commed.v5i2.3138.
Nasution, Faiz Albar, Muhammad Husni Thamrin, Lydia Nurhasanah Nasution, and Imam Fahreza. “Pendidikan Politik Berbasis Digital Bagi Pemuda Karang Taruna Melalui Pelatihan Pembuatan Konten Digital.” Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi 3, no. 1 (2023): 23–28. https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.827.
Pradana, Adam Kurnia, Agus Triyono, Program Studi, Ilmu Komunikasi, and Fakultas Komunikasi. “No Title,” no. 1 (n.d.): 1–21.
Restusari, Firda Nurafifah, and Nuke Farida. “Instagram Sebagai Alat Personal Branding Dalam Membentuk Citra Diri (Studi Pada Akun Bara Pattiradjawane).” Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi 3, no. 2 (2019): 176–86. https://doi.org/10.35760/mkm.2019.v3i2.2340.
Setiawan, Rizki, and Nurul Audie. “Media Sosial Instagram Sebagai Presentasi Diri Mahasiswi Pendidikan Sosiologi Untirta.” Community : Pengawas Dinamika Sosial 6, no. 1 (2020): 10. https://doi.org/10.35308/jcpds.v6i1.1792.
Suri, Mirfa, Sarah Permata Aini, Komunikasi Korporat, Fakultas Falsafah, and Universitas Paramadina. “Personal Branding Gibran Rakabuming Raka Sebagai Walikota Solo Melalui Media Baru Analisis Semiotika Aktivitas Twitter @ Gibran _ Tweet Kelompok , Pemerintah , Lembaga Sosial Politik , Serta Masyarakat . Perkembangan Ini Ditandai Dengan Penggunaan Media B” 3, no. 2 (2023): 447–58.
DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v9i2.17820

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



