ANALISIS ISI PESAN PENDIDIKAN PARENTING DISIPLIN POSITIF PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK @RENSIA_SANVIRA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis pesan edukasi pola asuh disiplin positif yang disampaikan Rensia Sanvira di akun media sosial TikTok miliknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang menggunakan model analisis isi untuk analisis konten. Akun TikTok @rensia_sanvira secara efektif membagikan pesan-pesan edukasi pola asuh disiplin positif melalui banyak konten edukasi. Simpulan bentuk pesan edukasi pola asuh disiplin positif difokuskan pada empat konsep utama disiplin positif: menentukan tujuan jangka panjang, memberikan kehangatan dan struktur, memahami cara anak berpikir dan merasa, dan menyelesaikan masalah. Akun ini juga dikenal sebagai akun imbalan imbalan imbalan imbalan imbalan imbalan imbalan imbalan. Konten yang diunggah tidak hanya memberikan pemahaman teoritis tentang disiplin yang bermanfaat, tetapi juga memberikan contoh praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Angelina, CD, & Dzulfaroh, AN (2024). Menjadi Pengguna Terbanyak di Dunia pada 2024, Mengapa TikTok Begitu Populer di Indonesia? Kompas.Com.
Anggraini, A., Syarifudin, A., & Assoburu, S. (2025). Pola Asuh dalam Membangun Komunikasi yang Baik antara Orang Tua dan Anak (Studi Analisis Isi . 2 , 1–13.
Dewanta, A. (2020). Pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa , 9 (2), 79–85.
Djamarah, SB, & Ag, M. (2019). Pola asuh dan komunikasi dalam keluarga merupakan upaya membangun image yang membentuk kepribadian anak .
Hapsari, SA, Pratiwi, MR, & Indrayani, H. (2020). Konten Edukasi tentang Pola Asuh Anak melalui Media Daring Komunitas Parenting Keluargakita.Com. International Conference Communication and Social Sciences (ICCOMSOS).
Heriyanto. (2018). Analisis Tematik sebagai Metode Analisis Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva , 2, 317. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324
Lubis, ZH, & Nurwati, RN (2021). Pengaruh Pernikahan Dini terhadap Pola Asuh Anak. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Masyarakat , 7 (3), 459. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i3.282 00
Makarim, dr. FR (2024). Pentingnya Memahami Ilmu Parenting Sebelum Membangun Keluarga . Halodoc.Com.
Rofingah, N., & Mahpur, M. (2018). Efektivitas Komunikasi Berkualitas untuk Meningkatkan Kehangatan dalam Pola Asuh pada Orang Tua yang Sibuk Bekerja di KB-TK IT Al-Hikmah. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam , 15 (2), 12. https://doi.org/10.18860/psi.v15i2.6739
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Alfabeta.
Sulvinajayanti, S., Saleh, AA, & Hamang, MN (2021). Pola Asuh Disiplin Positif Islam sebagai Upaya Mengurangi Kekerasan terhadap Anak di Kabupaten Sidrap. Dalam Jurnal Penelitian (Vol. 15, Edisi 1). https://doi.org/10.21043/jp.v15i1.10241
Susanto, J. (2024). Data Kementerian PPPA: Kekerasan terhadap Anak Capai 28.831 Kasus pada Tahun 2024. NU Online.
Syifa, IN (2022). Attachment Style Diterapkan pada Konten TikTok @Rensiasanvira dalam Informasi dan Edukasi Pengasuhan Anak: Disertasi Doktor, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
Wahyuning Astuti, S. (2024). Pengaruh Konten Media Sosial Instagram @Rensia_Sanviraterpada Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak. E-Prosiding Manajemen , 11 (2), 2139–2147.
DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v9i2.17826

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



