VISUALISASI KESEPIAN MELALUI OLD PHOTOGRAPHIC PROCESS: CETAKAN GUMOIL
Abstract
Penciptaan karya fotografi seni ini, membawa konteks kesepian seorang anak akibat perceraian orang tua dengan menggunakan fotografi sebagai medium penyampaian pesan dalam karya. Proyek ini bertujuan untuk menciptakan fotografi seni yang membahas dampak dan kenangan akan kesepian. Cara yang paling umum untuk membuat pesan dalam sebuah karya dimulai dari membangun pemikiran, memperhatikan realitas, dan menguraikannya ke dalam sebuah karya visual. Teknik cetak tua digunakan sebagai bahan eksperimentasi yang diperkirakan bahwa konsep visual karya dan cetakannya saling berkaitan. Jenis cetak tua yang digunakan adalah cetakan gumoil, gumoil menghasilkan karya visual yang menunjukkan sisi monokromatik yang berbintik-bintik dan kasar, efek tersebut muncul karena adanya campuran cat minyak dengan jenis kertas sebagai struktur yang bereaksi pada cetakan gumoil. Visual karya ini mendorong pemirsa untuk berpartisipasi dalam wisata kesepian itu sendiri, yang dapat berdampak pada mereka dengan memberikan perspektif latar belakang tentang perasaan terisolasi yang disebabkan oleh perceraian orang tua dan berbagai pengalaman. Singkatnya, pesan yang ingin disampaikan melalui karya visual ini adalah terkait dengan perasaan kesepian yang dapat dialami oleh anak-anak akibat dampak dari perceraian orang tua mereka, yang dapat terekam dalam memori pikiran dan perasaan.
Visualization of loneliness through old photographic process : gumoil mold The creation of this photographic artwork brings the context of a child's loneliness due to parental divorce by using photography to convey the message in the work. This project aims to create fine-art photography that addresses the impact and memories of loneliness. The most common way to create a message in a work starts by building a thought, paying attention to reality, and elaborating it into a visual work. The old print technique is used as a material for experimentation where it is thought that the visual concept of the work and the print are interrelated. The type of old print used is the gumoil print; gumoil produces visual works that show a mottled and rough monochromatic side; the effect arises from the mixture of oil paint with a type of paper as a structure that reacts to the gumoil print. The visuals of this work encourage viewers to participate in the loneliness tour itself, which can affect them by providing a background perspective on the feelings of isolation caused by parental divorce and various experiences. In short, the message conveyed through this visual work is related to the feelings of loneliness that children can experience due to the impact of their parent's divorce, which can be recorded in the memory of thoughts and feelings.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bari, A., & Abdullah, A. (2015). Dietary Gum Arabic Supplementation Alter Plasma and Tissue Antioxidant and Free Radical Scavenging Activities in Sprague Dawley Male Rats. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.2135.9520
Dafnaz, H. K., & Effendy, E. Hubungan Kesepian Dengan Masalah Psikologis Dan Gejala Gangguan Somatis Pada Remaja. SCRIPTA SCORE: Scientific Medical Journal, vol. 2, no.1, 2020, pp. 6-13.
Den Bleyker, S. (1970). Family nursing. In Frontier Nursing Service quarterly bulletin (Vol. 46, Issue 1). https://doi.org/10.1097/00000446-198787020-00037
Hannavy, John. Encyclopedia of Nineteenth-Century Photography. Routledge, 2013.
Hidayati, D. S. (2016). SELF COMPASSION DAN LONELINESS. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(1 SE-Editorial Information), 154 – 164. https://doi.org/10.22219/jipt.v3i1.2136
Hirsch, Robert. Photographic Possibilities: the expressive use of equipment ideas, materials, and processes - 3rd ed. Focal Press, 2009.
Irelzanov, Alan Ridho. “Memorabilia: Aplikasi Old photographic processes Pada Benda Fungsional”, Specta, vol 3, no. 1, 2019, pp. 11-19.
Irwandi, I. (2018). REAKTUALISASI TEKNOLOGI FOTOGRAFI ABAD KE-19 DAN 20 Studi Kasus pada Kelompok Kegiatan Mahasiswa KOPPI ISI Yogyakarta. REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Dan Animasi, 14, 55. https://doi.org/10.24821/rekam.v14i1.2137
Irwandi dan Rusli, Edial. Old Print: Karya Fotografi Menuju Ekonomi Kreatif. Gama Media, 2010.
Koenig, Karl P. Gumoil Photographic Printing. First published, 1999. Focal Press New York: Routledge, 2017.
Rusli, Edial. 2018. Citra dan Tanda Malioboro dalam Konstruksi Fotografi. Jurnal Rekam, vol. 14, no. 1, 2018, pp. 1-15.
Sambodo, P. Y. D., Kusrini, K., & Harthoko, T. (2019). Self Portrait Tentang Kehilangan Dalam Fotografi Ekspresi. Spectā: Journal of Photography, Arts, and Media, 2(2), 159–167. https://doi.org/10.24821/specta.v2i2.2556
Soedjono, S. (2006). Pot-pourri fotografi. Penerbit Universitas Trisakti. https://books.google.co.id/books?id=q3wNMwAACAAJ
Susanto, Mikke. Diksi Rupa Kumpulan istilah dan Gerakan Seni Rupa. DictiArt Lab, Yogyakarta & Jagad Art Space, 2011.
Torres, L. Á. P. D. (2021). Comparison of the effectiveness of an abbreviated program versus a standard program in mindfulness, self-compassion and self-perceived empathy in tutors and resident intern specialists of family and community medicine and nursing in spain. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(8). https://doi.org/10.3390/ijerph18084340
DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v8i2.9051
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.