Proses Olah Vokal Dalang Perempuan (The Process Of Female Puppeteers’ Vocalism)

Anisyah Padmanila Sari

Abstract


Abstrack

This paper aims to describe the vocal processing of six female puppeteers who are the object of research. This description is intended to give an idea of how they practice and what methods are used in vocal processing by each puppeteer. Based on the results of interviews, observations, and directly following their activities as a female puppeteer, it was concluded that the votes obtained now are the result of regular, continuous training over a long period of time. The process of vocal processing by ninthing gendèr and spiritual behavior is passed by all female puppeteers. There are two interesting things to note are (1) a female puppeteer who wants her voice to approach a male voice trains her voice in order to reach the notes in the lower octaves and become gérong; (2) a female puppeteer who remain with their female voices put more emphasis on ninthing gendèr and breathing exercises.

 

Abstrak

Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan proses olah suara enam dalang perempuan yang menjadi obyek penelitian. Deskripsi ini dimaksudkan untuk memberi gambaran tentang bagaimana mereka berlatih dan metode apa yang digunakan dalam berolah suara oleh masing-masing dalang. Berdasarkan hasil wawancara, pengamatan, dan mengikuti secara langsung kegiatan mereka sebagai dalang perempuan, diperoleh kesimpulan bahwa suara yang didapat sekarang merupakan hasil latihan secara rutin, terus-menerus dalam waktu yang cukup panjang. Proses olah suara dengan ninthing gendèr dan laku spiritual dilalui oleh semua dalang perempuan. Ada dua hal yang menarik untuk diperhatikan ialah (1) dalang perempuan yang ingin suaranya mendekati suara laki-laki melatih suaranya agar dapat mencapai nada-nada pada oktaf rendah dan menjadi gérong; (2) dalang perempuan yang tetap dengan suara perempuannya lebih menekankan pada latihan ninthing gendèr dan latihan pernafasan.


Keywords


dalang perempuan; olah suara; metode

Full Text:

PDF

References


Kepustakaan

Asmorowati, Kenik. tt. Bratasena Krama. (Cassette Disk). Koleksi Kenik Asmorowati.

Asmorowati, N. K. (n.d.). Produksi Suara Nyi Kenik. (A. P. Sari, Interviewer) Sragen, Jawa Tengah, Indonesia.

Banoe, P. (2013). Kamus Musik. Kanisius.

Giyah, N. (2018, Maret 8). Produksi suara Nyi Giyah. (A. P. Sari, Interviewer) Klaten, Jawa Tengah, Indonesia

Groenendael, V. M. C. van. (1987). Dalang di Balik

Wayang. Pustaka Utama Grafiti.

Haryanto, S. (1988). Pratiwimba Adhiluhung Sejarah dan Perkembangan Wayang. Djambatan.

Margiono. (2018, April 24). Pedalangan Ngayogyakarta. (A. P. Sari, Interviewer) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Panjangmas, N. W. (n.d.). Produksi Suara Nyi Wulan. (A.P. Sari, Interviewer) Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia

Nugroho, A. (2014, Agustus 20). N yi Suharni. (A.P. Sari, Interviewer) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Panjangmas, Wulan Sri. 2017. Srikandhi Gugat. (Mp3). Paguyuban Sukrakasih.

Prasetya, H. B. (2012). Fisika Bunyi Gamelan.

Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Robertson, A. (2016). Out of The Shadow.

University of Melbourne.

Rukmawati, N. P. (n.d.). Produksi Suara Nyi Paksi Rukmawati. (Anisyah, Interviewer) Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

Rukmawati, Paksi. tt. Srikandhi Kembang Kurusetra. (Video). Koleksi Kenik Asmorowati.

Sabdowati, Suharni. tt. Pandhawa Gembleng. (Video). Koleksi Agung Nugroho.

Suwondo. (2011). Suharni Sabdowati Penganut Gaya Nartasabda. CV Cendrawasih.

Supanggah, Giyah. 2018. Kunthi Muksa. (Video). RaraCom Studio.

Suparto, P. (2019, April 2). Vokal Dalang. (A. P. Sari, Interviewer) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Tanaya, R. (1971). Riwajat Pangeran Pandjangmas.

Wijayanti, Retno. 2017. Banjaran Parikesit. (Mp3). Paguyuban Sukrakasih.

Wijayanti, N. R. (n.d.). Produksi Suara Nyi Retno Wijayanti. (Anisyah, Interviewer). Kulonprogo, Jawa Tengah, Indonesia.

Wijayanto, I. (2013). Jenis Tipe Jangkauan Suara Pada Pria dan Wanita Menggunakan Metoda Mel-Frequency Cepstral Coefficient dan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation. https://www. researchgate.net/publication/258279430_ Jenis_Tipe_Jangkauan_Suara_Pada_Pria_ dan_Wanita_Menggunakan_Metoda_Mel- Frequency_Cepstral_Coefficient_dan_ Jaringan_Syaraf_Tiruan_Backpropagation

Informan

Nyi Giyah Supanggah (52 tahun). Seniman tinggal di Klaten, Jawa Tengah.

Nyi Kenik Asmorowati (39 tahun). Dalang wayang kulit dan Dosen Institut Seni Indonesia Surakarta tinggal di Sragen, Jawa Tengah.

Nyi Paksi Rukmawati (36 tahun). Dalang wayang kulit dan Dosen STIAB Smaratungga tinggal di Surakarta, Jawa Tengah.

Nyi Retno Wijayanti (33 tahun). Dalang wayang kulit tinggal di Kulonprogo, Yogyakarta.

Nyi Wulan Panjangmas (40 tahun). Dalang wayang kulit tinggal di Wonogiri, Jawa Tengah.




DOI: https://doi.org/10.24821/wayang.v4i1.3905

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseISSN 2356-4776 (print) | ISSN 2356-4784(online).

 

 

View My Stats

Flag Counter