Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan dan Perancangan Produk)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL

JUDUL

Penulisan artikel menggunakan Microsoft Word dengan ekstension file-nya .doc. Judul artikel ditulis dengan huruf Times New Roman Regular, 17 pt, dengan posisi center alignment, line spacing 1 spasi. Jumlah kata pada rumusan judul maksimal 12 kata. Judul naskah yang terlalu panjang harus dipisah dengan ketentuan baris paling atas menggunakan spacing 24 (before) dan 0 (after), baris ke dua (terakhir) menggunakan spacing 0 (before) dan 12 pt (after). Di bawahnya dicantumkan nama-nama penulis dengan font Times New Roman Regular 13pt, dan afiliasi di bagian bawahnya Times New Roman Italic  8pt,

ABSTRAK

Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris yang diawali dengan abstrak dalam 2 bahasa (Inggris dan Indonesia) jika berbahasa Indonesia, dan 1 bahasa saja (Bahasa Inggris) jika artikel ditulis dalam Bahasa Inggris. Abstrak berisi pokok permasalahan, metode pemecahannya, dan hasil-hasil temuan yang diperoleh serta kesimpulan. Jumlah kata yang diperkenankan adalah 150-250 kata. Abstrak ditulis menggunakan huruf Times New Roman berukuran 10 pt, berjarak 1 spasi, dengan font style Regular untuk Bahasa Indonesia, dan Italic untuk abstrak Bahasa Inggris. Masing-masing  bahasa ditulis dalam satu paragraf saja dengan format satu kolom.

Abstrak dilengkapi dengan kata kunci dengan ketentuan maksimal 6 kata dengan tanda koma di antara kata-kata tersebut.

TUBUH ARTIKEL

Naskah artikel ditulis dalam format 2 kolom, masing-masing kolom lebarnya 8.47 cm dengan margin tengah 0.85 cm, lebar total adalah 17.78 cm dan panjang maksimum 21 cm pada halaman pertama dan 23.5 cm pada halaman kedua dan seterusnya. Jumlah halaman 8 – 15  halaman di luar gambar, tabel, daftar pustaka dan lampiran. Tubuh artikel menggunakan font Times New Roman 11 pt regular dalam 1 spasi dengan 0.42 indentation firstline. Tulisan yang berangkat dari penelitian, paling tidak memuat 4 sub-judul, yaitu

1. Pendahuluan,

Bagian ini memuat masalah dan ruang lingkup, status ilmiah dewasa ini, hipotesis (jika ada), cara pendekatan penyelesaian masalah, dan hasil yang diharapkan (tujuan)

2. Bahan dan metode,

Bagian ini memuat bahan pustaka yang relevan dan penjelasan tentang metodologi penelitian (metode pendekatan, metode pengumpulan data, subjek, lokus, dan metode analisis data)

3. Hasil dan pembahasan,

Pada bagian ini, data-data hasil penelitian disajikan secara komunikatif dilengkapi dengan hasil analisisnya, berikut interpretasinya dan dibulas secara komprehensif di bagian pembahasan.

4. Kesimpulan

Bagian ini memuat kesimpulan yang diambil dari pembahasan secara singkat dengan penjelasan seperlunya. Pada bagian ini juga dimungkinkan untuk memasukkan saran penelitian dan ucapan terima kasih kepada pihak yang mendanainya.

5. Daftar pustaka

Poin 1-4 masing-masing menggunakan angka 1-4, sedangkan subjudul daftar pustaka tidak menggunakan angka di depannya. Masing-masing sub-judul ditulis dengan huruf Times New Roman Bold  11 pt. Alignment pada posisi justify (rata kanan dan kiri).

Sedangkan artikel yang berbentuk resensi buku, biografi, atau feature yang berasal dari pemikiran-pemikiran kritis, dapat disesuaikan dalam hal pengaturan sub-judulnya.

Tabel dan Gambar ilustrasi

Setiap tabel yang dimasukkan dalam naskah harus memiliki judul yang diletakkan pada bagian atas tabel. Judul menggunakan ukuran font 8pt. Lay out tabel konsisten satu dengan yang  lain. Garis horisontal pada tabel diletakkan pada bagian atas dan bawah judul tabel, di atas sub-heading dan pada bagian akhir tabel di atas catatan. Hindari penggunaan garis-garis vertikal.

Jika tabel terlalu panjang untuk dipaskan dalam satu halaman, nomer dan heading pada tabel diulang pada halaman berikutnya dimana tabel tersebut dilanjutkan. Sebagai alternatif, pisahkan tabel tersebut menjadi 2 atau lebih halaman. Harap dicatat bahwa angka dan tabel harus ditambahkan pada akhir file.

Seluruh gambar ilustrasi harus jelas penempatannya dengan jarak paling tidak 1 spasi tunggal di bawah dan di atasnya. Ketika menempatkan sebuah gambar pada bagian atas halaman, bagian atas gambar sejajar dengan tulisan paling atas kolom sebelahnya. Legend atau keterangan gambar berada di tengah dengan ukuran font 8pt.

DAFTAR PUSTAKA

Referensi yang dikutip dalam artikel ditulis dan disatukan pada akhir artikel. Penulisan kutipan mengikuti format (nama belakang, tahun) seperti ini (Creswell, 2014) untuk penulis tunggal, seperti ini (Ashby & Johnson, 2013) untuk 2 penulis, dan seperti ini (Prasetya, Laedpriwan, & Wanichakorn, 2014) untuk penulis lebih dari 2.

Penulis diwajibkan memeriksa apakah setiap referensi dalam teks muncul dalam daftar referensi dan sebaliknya. Silakan ikuti gaya APA 6th Edition dalam contoh di bawah ini untuk referensi jurnal, buku, dan patents. Ukuran font untuk daftar referensi 9pt. Daftar pustaka ditulis dengan sistem nama-tahun dan disusun menurut abjad. Beberapa contoh penulisan sumber acuan sebagai berikut: (untuk memudahkan anda, gunakan software Mendeley)

Contoh:

Ashby, M., & Johnson, K. (2013). Materials & Design: The Art and Science Selection in Product Design. Oxford; New York: Elsevier Ltd.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). California: SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Prasetya, R. D., Laedpriwan, S., & Wanichakorn, A. (2014). Visiting patient activity at patient room in the perspective of Thai people. Journal of ASEAN Research in Arts and Design, 1(2), 26–34.

Download TEMPLATE PRODUCTUM

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi ini mengizinkan penyebarluasan ulang, baik untuk kepentingan komersial maupun nonkomersial, selama bentuk ciptaan tidak diubah dan utuh, dengan pemberian kredit kepada Anda.

 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Authors are required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process to contribute to review costs.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.