Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for TONIL: Jurnal Kajian Sastra, Teater dan Sinema?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

JUDUL TONIL DALAM HURUF KAPITAL

16 PT TIMES NEW ROMAN &TIDAK LEBIH DARI 15 KATA

 

Nama Penulis Pertama, Nama Penulis Kedua dan Nama Penulis Ketiga

InstitutXYZ/Universitas XYZ, Negara

email_penulis@xy.mu.edu

 

Abstrak: Sebuah abstrak ditulis dalam satu paragraph tanpa lekukan/tidakmenjorok, berisi ringkasan dari poin-poin utama jurnal Anda. Abstrak tidak lebih dari 150-250 kata dengan font TIMES NEW ROMAN 11pt single spacing. Tujuan dari abstrak adalah memberikan gambaran ringkas tentang isi paper. Abstrak juga harus memberikan pendahuluan kepada pembaca mengenai tujuan penelitian, mengapa Anda memilih topic tertentu, danmetode yang digunakan dalam penelitian/penciptaan. Berikan juga ringkasan singkat mengenai hasil diskusi Anda sebagai akhir dari abstrak Anda. Abstrak dalam Bahasa Indonesia harus disertai dengan Abstrak dalam BahasaInggris, dengan urutan pertama BAHASA INDONESIA dan kedua dalam BAHASA INGGRIS.

 Kata kunci: Metode, tujuan penelitian, hasil penelitian, ringkasan. (3-5 kata kunci)

Pendahuluan(font: 14pt)

Silakan copy paste penelitian Anda ke dalam format yang telah disediakan dalam file ini. Body TEXT:Times New Roman 12pt. Termasuk di dalamnya: format, tabulasi, spasi, font, dsb. Tim Editorial menganjurkan agar Anda menggunakan dokumen template ini sebagai pedoman penulisan untuk memenuhi format jurnal untuk menyeragamkan semua artikel yang dikirimkan kepada TONIL. Paragraf diberikan lekuk/menjorok.

Pendahuluan sebaiknya berisi alasan penulisan jurnal Anda. Pertama, Anda menuliskan alasan memilih topic dalam riset ini.Kedua, tuliskan rumusan masalah Anda.Ketiga, paparkan bagaimana tujuan penulisan Anda dan jawaban dari rumusan masalah yang Anda rumuskan. Keempat, jelaskan bagaimana cara Anda menciptakan/melakukan kajian terhadap karya. Jika ada kutipan yang perlu dicantumkan, dimohon untuk mencantumkannya sesuai APA style, dengan kutipan langsung di dalam teks diakhiri dengan (Nama belakang penulis, Tahun penerbitan).

 

PenelitianSebelumnya

Tinjauan pada penelitian-penelitian sebelumnya sangat diperlukan untuk menunjukkan perbedaan kajian/ciptaan Anda dengan yang sudah adasebelumnya.

Karya-karya terdahulu dengan topic ataupun objek kajian yang sama memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai isu yang pernah dibahas dan bagaimana karya Anda menawarkan temuan/hasil yang berbeda dari kajian-kajian sebelumnya.

 

LandasanTeori

Berikut ini merupakan contoh kutipan yang mengikuti format APA:

 

Kutipan Langsung

Ini bagian dari paragraf, dan Smith (2016) menyatakan “kutipan buku”, sesuai dengan hasil analisis...

Bagian dari paragraph ini sesuai dengan pernyataan bahwa “sesungguhnya siapakah tokoh tersebut sangat menarik untuk ditelusuri dan dicermati” (Kuardhani, 2000).

Sumber Kutipan dari  Penulis  yang  sama di  tahun  yang  sama

Berikan a, b, c, etc. Setelah tahun terbit. Urutan huruf tersebut sesuai dengan urutan di Daftar Pustaka, di mana urutan tersebut berdasarkan urutan abjad:

(Chen, 2011a, 2011b).

Tabel 1.KutipanAPA Style (12pt)

 

Tabel hanya menggunakan garis dalam tabel&tidak menggunakan border tepi atas, bawah, kanan, dan kiri.

Kutipan yang terintegrasi dalam paragraph berisikan detail nama belakang penulis dan tahun terbitan darikutipan yang dipakai. Sebagai contoh:

Berdasarkan hasi lpenelitian (Smith, 2016) dalam penggunaan …

Jika nama pengarang dimasukkan dalam paragraph diskusi, cukup keterangan tahun terbit yang diletakkan di dalam kurung. Sebagai contoh:

Smith (2016) menemukan sebuah pemikiran …

Dalam Politik, Ideologi, dan Sastra Hibrida, Damono (1999) menyatakan bahwa teks sebelumnya mengacu pada apa yang tertulis, namun kini juga mengacu pada apa yang didengarkan melalui radio ataupun dari televisi.

Jika tahun terbitan dan nama pengarang terintegrasi dalam paragraph diskusi, tidak perlu ada keterangan detail yang diberi tanda kurung. Sebagaic ontoh:

Pada tahun 2016, Smith melaporkan adanya penggunaan … Seperti inilah bentuk kutipannya.

Konten dalampara frase:

Sesuai dengan ide bahwa industry kimia bekerjasama dengan dunia psikiatri, penelitian Smith (2008) menunjukkan…

Jika kutipan lebihdari 5 kalimat, maka kutipan sebaiknya dibua tmenjorok, seperticontoh:

(Times New Roman 11pt) Gapura Prambanan merupakan batas kota antara Yogyakarta dan Jawa Tengah, lokasi ini dipilih sebagai simbol awal perjalanan, sedangkan Wringin Lawang yang bentuknya menyerupai dengan gapura Prambanan pada adegan terakhir dalam film dipilih sebagai simbol kembali memasuki perjalanan baru” (Wibowo, 2018).

 

Metode dan Data

Di bagian metode, Anda harus menyatakan jenis penelitian atau metodologi penciptaan seni apa yang Anda gunakan. Jika ada data penelitian yang telah Anda kumpulkan sebagai subjek penelitian, harap uraikan secara ringkas secara sistematis (mis. dalam tabel atau lainnya).

3.1. Sub-judul

Anda harus meletakkan judul dalam format bernomor sebagai contoh: dari 3.1. ke 3.1.1., beralih ke 3.2. jika Anda memulai heading lain.

3.2. Bagian ini menjawab pertanyaan “Bagaimana Anda tahu apa yang Anda tuliskan/rumuskan/ciptakan?” Itu dapat dibagi lagi menjadi tiga bagian:

3.2.1. Pada jenis informasi atau materi apa yang mendasari temuan Anda (mis., wawancara, data statistik, dokumen, observasi)?

3.2.2. Bagaimana Anda menemukan informasi itu, atau dari mana asalnya (mis. Studi lapangan, kerja lapangan)?

3.2.3. Bagaimana Anda menganalisis informasi itu? Yaitu, strategi perangkat lunak atau analitik apa yang Anda gunakan untuk menghasilkan temuan Anda?

 

4. Hasil dan Pembahasan

Anda harus menjabarkan hasil diskusi Anda tentangtopik yang disajikan di sub-judul ini. Anda dapat menggunakan paragraph teks untuk mengelaborasi temuan Anda.tabel, grafik, atau bagan yang cocok untuk menyajikan temuan atau data Anda.

Silakan menggunakan diagram alir, atau table jika hasil/proses riset Anda memang membutuhkan jabaran sistematis. Silakan gunakan hanya ketika Anda benar-benar membutuhkan medium grafis tersebut.

 

5. Simpulan

Tuliskan simpulan dari penelitian Anda di bagian ini. Tim Editorial TONIL berharap Anda menemukan informasi dalam template ini berguna dalam persiapan pengiriman Anda.

 

UcapanTerimaKasih

Jika ada, lampirkan ucapan terimakasih ini setelah Simpulan dan sebelum Daftar Pustaka tanpa format penomoran.

 

Daftar Pustaka

Damono, SapardiDjoko. (1999). Politik Ideologi dan Sastra Hibrida. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Kendari, Arham. (2015, June 26). Listiana, Harry Potter and Asterix. Retrieved September 7, 2018 from https://www.kompasiana.com/arhamkendari/listiana-harry-potter-dan-asterix_558d63b90323bd2406925cf4

Kuardhani, Hirwan. (2000). Teater Rakyat Janger Banyuwangi Ungkapan Keberadaan Masyarakat Pendukungnya. (Unpublished thesis). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia.

Nickerson, Raymond S., Butler, Susan F., &Barch, Daniel H. (2019).Validity and Persuasiveness of Conditional Arguments. The American Journal of Psychology, 132(2), 131-147. DOI: 10.5406/amerjpsyc.132.2.0131

Staevance, Sophie and Serge Lacasse.(2018). Research-Creation in Music and the Arts. New York: Routledge.Penzler, Otto. (2017, Dec 6). Noir Fiction Is About Losers, Not Private Eyes. Huffington Post. Retrieved November 7, 2017 from https://m.huffpost.com/us/entry/676200

Smith, T. (2008, May 18). Psychiatry link with drug industry. Retrieved November 2, 2013, from The New York Times: http//www.nytimes.com

Wibowo, Phillipus. Kisah Panji Pada Relief Candi Sebagai Inspirasi Penciptaan Film. Tonil, 15(1).

 

Lampiran

Jikaada, Lampiran disertakan tepatsetelah Daftar Pustaka, dan tanpa penomoran. Lampiran TIDAK dimunculkan dalam halaman baru.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the <a href="/index.php/TNL/about/submissions#authorGuidelines" target="_
 

Copyright Notice

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Authors are required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process to contribute to review costs.

Fast-Track Review: 0.00 (IDR)
With the payment of this fee, the review, editorial decision, and author notification on this manuscript is guaranteed to take place within 4 weeks.

Article Publication: 250000.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.